NewsLifestyle

7 Tanda-Tanda Seorang Mengalami Depresi Walaupun Tidak Merasa Sedih

Tidak sedang merasa sedih belum tentu tidak mengalami depresi. Yuk kenali tanda-tandanya!

Hobring.com – Seorang yang sedang mengalami depresi biasanya seseorang yang secara terus menerus terlihat murung, sedih bahkan menangis.

Tapi tahukah Anda bahwa gejala depresi kini sangat bervariasi termasuk saat Anda tidak sedang merasa sedih sekalipun.

Ada beberapa orang yang mengalami depresi dengan memposting foto narsis di sosial media tanpa henti. Meskipun tidak terlihat sedang bersedih, namun hal itu merupakan salah satu gejala depresi dalam kategori berat seperti yang dilansir dari laman Huffpost.

Sementara kondisi gejala depresi lainnya adalah ketika seseorang lebih memilih menarik diri dari aktivitas normal atau terlalu banyak tertidur.

Meskipun tidak terlihat sedih, akan tetapi hal itu bisa menjadi salah satu tanda-tanda seorang sedang mengalami depresi. Untuk mengetahui apakah Anda sedang mengalami depresi atau tidak. Berikut ini adalah tanda-tanda seorang sedang mengalami depresi.


Baca Juga:


1. Nafsu makan berubah drastis

Nafsu makan berubah drastis
Ilustrasi Depresi. Sumber: katemangostar

Ketika seseorang mengubah prilaku pola makannya secara drastis perlu diketahui ada beberapa alasan mengapa seseorang melakukan hal itu. Jika bukan karena program diet, sudah dipastikan ia sedang mengalami depresi.

Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan lebih banyak, Anda mungkin bisa mencari makanan yang Anda sukai. Jangan memaksakan diri untuk makan makanan yang tidak Anda sukai. Tetaplah atur pola makan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

2. Mudah tersinggung dan agresif

 Mudah tersinggung dan agresif
Ilustrasi Depresi. Sumber: Pressfoto

Gejala depresi yang tidak pernah Anda sadari adalah mudah tersinggung dan cenderung agresif. Lingkungan dengan norma sosial dan budaya memiliki peran yang besar terhadap penyebab depresi bisa muncul.

Oleh karena itu, jika Anda mudah tersinggung dan agresif, sebaiknya carilah lingkungan yang lebih mengarahkan Anda kepada hal-hal dengan energi positif. Jika Anda terus menerus bertahan dalam lingkungan yang tidak sehat, hal itu akan berdampak buruk pada diri Anda sendiri.

3. Perubahan pada kebiasaan sosial

Perubahan pada kebiasaan sosial
Ilustrasi Depresi. Sumber: yanalya

Jika Anda tiba-tiba merasa tidak ingin diganggu oleh siapapun bahkan cenderung lebih sensitif dan lebih ingin menyendiri. Bisa jadi Anda sedang mengalami depresi.

Sadari sedini mungkin perubahan pada kebiasaan sosial Anda. Bila Anda merasa, perlahan-lahan Anda ingin menarik diri dari lingkungan sosial Anda. Anda perl mewaspadainya.

4. Terlalu banyak bekerja

Terlalu banyak bekerja
Ilustrasi Depresi. Sumber: wayhomestudio

Sebagian orang menjadi workaholic adalah hal yang wajar. Tapi jika Anda bekerja secara berlebihan agar Anda dapat melupakan masalah yang sedang Anda hadapi. Bisa jadi itu tanda-tanda Anda sedang mengalami depresi.

Seorang yang mengalami depresi biasanya akan membuat jadwal bekerja yang berlebihan. Tujuannya adalah untuk mengisi waktunya, sehingga ia pun berharap tidak ada ruang untuk merasakan atau memikirkan hal-hal yang memiliki muatan sebuah masalah.

5. Malas merawat diri sendiri

Malas merawat diri sendiri
Ilustrasi Depresi. Sumber: jcomp

Jika biasanya Anda memerhatikan diri Anda seperti rutin melakukan perawatan kulit atau lainnya sebagainya. Namun tiba-tiba hasrat untuk melakukan rutinitas itu hilang begitu saja. Bisa jadi hal itu adalah tanda-tanda Anda sedang mengalami depresi.

Terkadang kita tidak mengetahui pemicu dari depresi itu apa. Tapi dengan melihat tanda-tanda bahwa Anda mulai malas merawat diri sendiri, bisa saja Anda mulai berada dalam kondisi depresi. Jika sudah terjadi, segeralah mencari solusinya agar tidak semakin berlarut-larut.

6. Pola tidur berantakan dan selalu merasa lelah

 

Pola tidur berantakan dan selalu merasa lelah
Ilustrasi Depresi. Sumber: jcomp

Pola tidur yang mulai berubah seperti sulit tidur lebih awal dan kesulitan bangun di pagi hari merupakan tanda-tanda bahwa Anda sedang mengalami depresi.

Kelelahan yang berkepanjangan bisa muncul saat Anda sedang mengalami depresi. Hal itu berkaitan dengan pola tidur Anda yang berantakan entah Anda terlalu banyak tidur atau sulit tidur lebih awal.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan resep atau saran yang tepat.

7. Terlalu sensitif terhadap penolakan

Terlalu sensitif terhadap penolakan
Ilustrasi Depresi. Sumber: kues

Pernahkah Anda merasa sangat marah saat sesuatu hal terjadi tidak sesuai dengan keinginan Anda?

Jika Anda hal itu sulit dikontrol oleh diri Anda sendiri dan merasa sensitivitas Anda terlalu ekstrim, bisa jadi bahwa Anda sedang mengalami depresi dengan ciri-ciri antipsikotik atipikal.

Antipsikotik atipikal merupakan bagain dari golongan antipsikotik yang lebih baru. Salah satu ciri-ciri atipikal adalah suasana hati bisa tiba-tiba berubah saat menghadapi kabar baik atau peristiwa yang positif. Sedangkan dalam keseharian, seorang yang mengalami depresi akan lebih mudah tersinggung bahkan bisa lebih parah dari yang Anda bayangkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button