NewsLifestyle

7 Tanaman Hias Paling Popular untuk Meja Kerja Menurut Instagram

Tanaman hias yang sehat dan cocok di meja kerja

Hobring.com – Hobi budidaya tanaman hias semakin lama semakin banyak diminati oleh banyak orang. Tak heran kalau tanaman hias sekarang bisa dijumpai di berbagai tempat termasuk di meja kerja.

Keberadaan tanaman hias di meja kerja bukan hanya sekadar estetika semata. Tapi membantu memperbaiki sirkulasi udara dan menjadikan Anda semakin sehat.

Berdasarkan studi terbaru dari Mainland Aggregates, sebuah perusahaan properti asal Inggris melakukan analisis terhadap tanaman yang paling banyak ditandai di Instagram.

Para peneliti kemudian memasukkan 55 tagar dari berbagai spesies tanaman hias yang berbeda-beda ke dalam instagram dan berhasil mencatat berapa kali tagar tersebut dibagikan oleh user sosial media.

Berikut ini adalah tujuh tanaman hias yang paling popular untuk meja kerja menurut Instagram. Yuk simak ulasannya.

Devil’s Ivy (Pothos)

tanaman hias
Foto: Freepik/Azerbaijan

Devil’s Ivy atau yang dikenal dengan nama sirih gading adalah spesies dari keluarga Araceae. Spesies tanaman hias yang satu ini begitu popular di daerah beriklim sub-tropis dan tropis.


Baca Juga:


Tak heran banyak orang yang menjadikan sirih gading sebagai tanaman hias yang paling banyak diburu terutama di wilayah perkantoran.

Para pengguna sosial media telah menggunakan hastag #pothos sebanyak 479 ribu lebih dan itulah alasan mengapa Devil’s Ivy disebut sebagai tanaman hias yang paling popular untuk meja kerja.

Oleh karena itu, Mainland Aggregates menempatkan Devil’s Ivy diurutan pertama dan berhasil mengalahkan tanaman hias lainnya.

Ficus

tanaman hias
Foto: Freepik/Tynza

Diurutan kedua ada ficus yakni sebuah genus tumbuh-tumbuhan yang secara alamiah tumbuh di wilayah tropis. Secara umum, ficus lebih dikenal dengan sebutan ara, pohon ara atau kayu ara.

Meski pada dasarnya ficus dapat tumbuh dengan besar, tapi bukan berarti ficus tidak bisa dijadikan sebagai tanaman hias untuk meja kerja Anda.

Beberapa rekomendasi ficus yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias contohnya ficus elastica yang dapat menyesuaikan diri dengan pencahayaan yang rendah.

Kemudian Ficus Lyrata yakni spesimen tanaman indoor yang popular karena daunnya berbentuk biola yang sangat besar, memiliki garis urat yang berat dan dapat tumbuh tegak. Tamanan ini dapat hidup di dalam kondisi yang tropis maupun sebaliknya.

Snake Plant

tanaman hias
Foto: Freepik/mike.shot

Tanaman hias berikutnya dibanyak diberi tanda hastag di laman instagram adalah snake plant. Memiliki nama ilmiah Dracaena trifasciata, snake plant dapat tumbuh area yang hangat yakni tropis.

Dikenal dengan nama lidah mertua, snake plant umumnya diletakan di sudut-sudut ruang kerja. Tapi jika Anda bisa membudidayakannya, Anda bisa meletakannya di meja kerja Anda.

Fiddle Leaf Fig

tanaman hias
Foto: Freepik/yaoinlove

Jenis lain dari ficus adalah Fiddle Leaf Fig. Pohon ara berdaun biola ini adalah tanaman hias yang cukup banyak mendominasi di sosial media.

Karena daunnya begitu besar, Anda bisa menggantinya dengan daunn yang lebih kecil. Biasanya Fiddle Leaf Fig ukuran kecil memiliki tinggi sekitar 12 inci.

Hal itu tentu saja sangat cocok untuk meja kerja Anda. Karena tanaman hias ini tidak terlalu membutuhkan banyak cahaya, hal itu semakin memudahkan Anda untuk merawatnya.

Aglaonema

tanaman hias
Foto: Freepik/jcsmilly

Chinese Evergreens atau aglaonema mendapatkan tanda hastag sebanyak 197ribu lebih di laman instagram. Tanaman yang tumbuh di daerah tropis ini memang paling banyak diburu belakanga ini.

Tahukah Anda bahwa aglaonema tumbuh sebagai tanaman hias pembawa keberuntungan di kawasan Asia selama berabad-abad. Tanaman ini diperkenalkan ke Barat pada tahun 1885.

Karena tanaman hias ini tidak membutuhkan banyak cahaya. Hal itu yang membuatnya tampak begitu popular dikalangan pegiat tanaman hias terutama yang ingin mempercantik meja kerjanya.

African Violet

tanaman hias
Foto: Freepik/Rina9s

Tamanan hias selanjutnya yang paling popular di instagram menurut Mainland Aggregates adalah African Violet dengan nama ilmiahnya Streptocarpus sect. Saintpaulia.

Hidup didaerah tropis membuat African Violet dapat tumbuh sebagai tanaman hias indoor dan disimpan sebagai tanaman outdoor pada iklim tertentu saja.

Beberapa spesies dan subspesies dari bagian ini terancam punah karena habitat hutan asli mereka dibuka untuk pertanian.

Bahkan saat ini status konservasi Streptocarpus ionanthus termasuk dalam kategori hampir terancam. Mungkin dengan Anda membudidayakannya, hal itu dapat menyelamatkannya dari kepunahan.

Spider Plant

tanaman hias
Foto: Freepik/ppstock

Chlorophytum comosum atau yang biasa disebut dengan nama spider plant atau spider ivy adalah tanaman hias paling popular berdasarkan hastag di Instagram.

Spider plant adalah tanaman hias yang berasal dari Afrika Selatan dan itu artinya tumbuhan ini memang sangat cocok untuk hidup di wilayah-wilayah sub tropis maupun tropis seperti Indonesia.

Banyak orang yang menjadikan spider plant sebagai tanaman gantung. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadikannya sebagai tanaman hias untuk meja kerja Anda.

Dengan ketinggian 24 inci atau sekitar 60 cm, spider plant dapat menjadikan meja kerja tampak asri dan mempercantik terutama saat tumbuhnya bunga dari spider plant.

Nah itulah daftar rekomendasi tanaman hias paling popular di Instagram untuk meja kerja Anda berdasarkan studi dari Mainland Aggregates. Bagaimana? Apakah Anda tertarik menambah tanaman hias di meja kerja?

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button