NewsTraveling

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Takengon yang Hits Banget!

Ingin liburan di Kota Takengon? Yuk simak ulasannya.

Hobring.com – Kota Takengon di Kabupaten Aceh Tengah tidak hanya terkenal dengan Kopi Gayo saja. Namun, tempat wisata di Takengon juga wajib untuk dijadikan tujuan destinasi wisata Anda berikutnya.

Berbicara soal kopi, salah satu kuliner khas ketika Anda berkunjung ke Provinsi Aceh tepatnya di Kota Takengon adalah minuman Kopi Gayo. Selain terkenal sebagai kopi terbaik di dunia, Takengon juga memiliki beragam destinasi wisata popular yang banyak dikunjungi baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Oleh karena itu, sebelum berkunjung ke Kota Takengon ada baiknya Anda harus mencari tahu dulu kira-kira tempat wisata apa saja yang ada dikota tersebut. Inilah beberapa destinasi wisata yang Hobring.com rangkum untuk Anda sebelum mengunjungi Kota Takengon.

1. Dermaga Takengon

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Takengon yang Hits Banget!
Dermaga Tekangon. Sumber: Gallery Gayo

Kota Takengon berada dekat tepian Danau Lut Tawar. Oleh karena itu, salah satu destinasi tempat wisata di Takengon yang popular dan wajib Anda kunjungi adalah Dermaga Takengon.

Dermaga yang satu ini terletak ditepian Danau Lut Tawar tepatnya di dusun Teluk Suyen Bamil Nosar Aceh Tengah seperti yang dilansir dari disparpora.acehtengahkab.go.id.


Baca Juga:


Objek wisata yang telah diresmikan sejak tahun 2018 lalu ini semakin viral semenjak banyak pengunjung yang mengunggahnya ke sosial media.

Untuk sampai ke lokasi tersebut dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari ibu kota Takengon. Perjalanan yang melelahkan akan terbayarkan ketika mata Anda dimanjakan dengan hamparan air danau yang biru kehijauan.

Sebelum berkunjung ke Dermaga Takengon, pastikan untuk selalu memerhatikan keamanan dan kesehatan Anda di masa pandemi Covid-19, ya.

2. Bur Gayo Takegon

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Takengon yang Hits Banget!
Bur Gayo Takengon. Sumber: IDN Times

Masih didekat Danau Lut Tawar, ada sebuah destinasi wisata yang tidak kalah menarik. Kali ini letaknya berada di atas bukit danau yang diberi nama Bur Gayo Takegon.

Bur Gayo Takegon adalah tempat wisata yang bisa memanjakan mata Anda untuk melihat Danau Lut Tawar dari atas bukit. Tempat wisata di Takegon yang satu ini bisa menjadi alternatif pilihan Anda saat berada di Kota Takegon.

Untuk sampai ke Bur Gayo Takegon Anda hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 15 menit yang ditempuh dari Dermaga Takegon. Karena tempat ini bagian dari perbuktian, maka Anda perlu memilih waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat tersebut.

Sebaiknya pilihlah waktu selain masa-masa musim penghujan karena hal itu dapat memengaruhi jalur trekking Anda.

3. Puncak Bur Malaya

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Takengon yang Hits Banget!
Kota Takengon. Sumber: 17sekians

Selain menikmati pemandangan alam dari Bur Gayo Takengon, Anda juga bisa menikmati pemandangan dari ketinggian di Puncak Bur Malaya.

Tak banyak orang yang tahu tempat wisata di Takengon yang satu ini karena belum banyak yang mengeksplor. Untuk Anda yang suka berkegiatan alam bebas, Puncak Bur Malaya sangat cocok untuk kegiatan pendakian dan berkemah.

Dari Bur Gayo Takengon menuju Puncak Bur Malaya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer. Hobring.com merekomendasikan Puncak Bur Malaya sebagai spot untuk berswafoto karena pemandangan alam yang sangat eksotis.

Tempat wisata di Takengon yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menyaksikan sunrise dan sunset dari atas bukit. Bagaimana? Tertarik ke Puncak Bur Malaya?

4. Pantan Terong

Pantan Terong
Pantan Terong. Sumber: wartawisata.id

Tidak jauh dari Puncak Bur Malaya terdapat spot foto yang sayang sekali jika Anda lewatkan namanya Pantan Terong.

Terletak di Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesan, Pantan Terong merupakan destinasi wisata yang berada di puncak bukit Dataran Tinggi Gayo Takengon.

Berada pada ketinggian sekitar 1.350 Mdpl (Meter Di atas Permukaan Laut), Pantan Terong adalah tempat wisata di Takengon yang wajib banget dikunjungi saat Anda berkunjung ke Kota Takengon.

Layaknya negeri di atas awan, Pantan Terong kini mulai banyak dicari oleh anak milenial karena memiliki spot-spot foto yang hits dan instagrammable banget.

Sebelum Anda berkunjung ke Pantan Terong, pastikan Anda selalu mematuhi protokol kesehatan, ya.

5. Gua Putri Pukes

Gua Putri Pukes
Gua Putri Pukes. Sumber: merdeka.com

Setelah puas menyaksikan keindahan alam dari atas bukit, tidak ada salahnya untuk menelusuri ke dalam perut bumi. Sebuah tempat wisata terletak di perbatasan antara Kabupaten Takengon dan Kabupaten Gayo Lues yang diberi nama Gua Putri Pukes.

Gua bersejarah ini menyimpan cerita legenda Putri Pukes yang sangat terkenal bagi masyarakat Aceh Tengah. Menurut Kemdikbud.go.id bahwa Puteri Pukes adalah seorang putri raja yang berasal dari Tanah Gayo.

Jika Anda berkunjung ke Gua Putri Pukes, Anda akan melihat sebuah batu yang dipercayai bahwa batu itu adalah Putri Pukes yang melanggar perintah orang tuanya saat sedang berteduh di dalam gua. Mau tahu bagaimana cerita sejarah tentang Putri Pukes yang menjadi batu? Yuk kunjungi Gua Putri Pukes di Aceh Tengah.

6. Batur Teluk Mepar

Batur Teluk Mepar
Batur Teluk Mepar. Sumber: Steemit

Tidak jauh dari Gua Putri Pukes terdapat sebuah tempat wisata alam yang ngehits banget namanya Batur Teluk Mepar. Terletak di Kampung Mendele, Kecamatan Kebayakan, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga.

Menikmati hembusan angin dipinggir Danau Lut Tawar bersama orang tersayang merupakan momen berharga yang tidak akan pernah terbayarkan. Begitu juga ketika Anda menikmatinya di Batur Teluk Mepar.

Tempat yang luas untuk berkumpul, ditumbuhi dengan berbagai tanaman dan pemandangan alam yang menakjubkan tentu akan semakin menambah Anda kesan ketenangan dan kedamaian.

7. Air Terjun Mengaya

Air Terjun Mengaya
Air Terjun Mengaya. Sumber: Tempat Wisata

‘Surga’ tersembunyi di Kota Tekangon yang satu ini disebut dengan nama Air Terjun Mengaya. Berada di Desa Mengaya, Kecamatan Bintang, tempat wisata di Takengon yang satu ini merupakan destinasi wisata yang belum banyak diketahui oleh para pelancong.

Jika Anda ingin ke lokasi tersebut, Anda harus melewati hutan pinus dengan hamparan sawah dan perkebunan kopi yang berada di balik bukit Desa Mengaya.

Akses yang menantang tentu membuat destinasi wisata ini jarang dikunjungi oleh wisatawan di luar wilayah Kota Takengon. Jadi, tidak heran jika destinasi wisata yang satu ini masih sangat terjaga keasrian alamnya.

Hobring.com menyarankan bagi Anda yang ingin menjelajah sampai ke Air Terjun Mengaya agar membawa persediaan makanan atau logistik secara pribadi. Sebab, Anda akan sulit menemukan penjual makanan selama perjalanan menuju air terjun.

Selain itu, tetaplah menjaga kebersihan karena tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu ‘surga’nya Indonesia. Pilihkan waktu yang tepat saat Anda ingin mengunjungi Air Terjun Mengaya. Tidak lupa juga untuk melibatkan warga lokal atau pemandu wisata setempat guna menemani perjalanan Anda bila Anda ragu akan tersesat.

Nah itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Tekangon yang hits banget dan sayang sekali jika Anda lewatkan. Bagaimana? Apakah Anda tertarik mengunjunginya?

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button