NewsToys

7 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun yang Perlu Orang Tua Ketahui

Hobring.com – Golden age atau periode emas biasanya dimiliki oleh anak- anak berusia kurang lebih satu tahun. Masa-masa tersebut adalah waktu terbaik anak untuk mengasah kemampuan kognitifnya dengan cara melakukan aktivitas bermain dan belajar. Dengan mainan edukasi anak 1 tahun, ternyata dapat menjadi alternatif yang baik bagi anak yang sedang melalui masa keemasannya.

Dampak yang terjadi jika kedua aktivitas tersebut berjalan secara bersama-sama, tak hanya melatih daya kognitif anak tetapi juga bisa bermanfaat bagi suasana hati sang anak.

Itulah mengapa, mainan edukasi anak 1 tahun dianggap penting untuk anak-anak khususnya di masa-masa golden age mereka. Berikut ini adalah rekomendasi mainan edukasi anak 1 tahun yang perlu orang tua ketahui untuk sang buah hati.

1. Busy Buggy

mainan edukasi anak 1 tahun
Busy Buggy. Foto: Target

Busy Buggy adalah mainan edukasi interaktif yang mendorong anak untuk berimajinasi dan membantu mengembangkan keterampilan motorik sang anak.

Mainan ini juga merupakan alat bantu jalan bagi anak yang memungkinkan mereka membangun kepercayaan diri dan keseimbangan saat sedang belajar berjalan.


Baca Juga:


Busy Buggy akan memberikan pembelajaran sekaligus mengubah suasana hati anak agar lebih gembira secara bersamaan.

2. Mega Bloks

mainan edukasi anak 1 tahun
Mega Bloks. Foto: Walmart

Mainan edukasi anak 1 tahun berikutnya adalah Mega Bloks yakni satu set konstruksi yang terbuat dari plastik ramah lingkungan.

Set ini mencakup 70 blok bangunan besar yang terbuat dari polietilena berbahan dasar tebu dan bahan baku terbarukan.

Mega Bloks akan membuat anak-anak senang dengan membangun petualangan di hutan, mencocokkan dan menyusun balok untuk membuat beruang, rubah, kelinci, dan rusa.

Orang tua dapat menyaksikan anak-anak mengembangkan kreativitas saat mereka mencampur dan mencocokkan potongan untuk menciptakan hewan-hewan unik mereka sendiri.

3. Hape Pound & Tap Bench

mainan edukasi anak 1 tahun
Hape Pound & Tap Bench. Foto: Master Mind Toys

Hape Pound and Tap Bench adalah satu set mainan anak yang dapat membantu anak-anak untuk mengenal musik melalui instrumen xilofon serta mengenal ilmu spasial.

Mainan edukasi anak 1 tahun ini dapat dimainkan secara terpisah. Saat anak-anak ingin mengenalkan musik, biarkan buah hati Anda mengeksplorasi instrumen xilofon.

Sementara ketika si kecil ingin menstimulasi kemampuan spasialnya, biarkan ia mencoba memasukkan bola ke bagian papan yang telah diberi lubang. Hal itu dapat bermanfaat untuk menstimulasi motorik halusnya sambil bermain dengan Hape Pound and Tap Bench.

4. Hasbro PlaySkool Chase n Go Ball Popper

mainan edukasi anak 1 tahun
PlaySkool Chase n Go Ball Popper. Foto: Walmart

Mainan edukasi anak 1 tahun yang satu ini hadir untuk mengisi waktu bermain anak Anda dengan kesenangan dan pembelajaran secara bersamaan.

Hasbro PlaySkool Chase n Go Ball Popper membantu menghasilkan berbagai manfaat perkembangan khususnya di masa keemasan atau golden age.

Si kecil dapat mengembangkan keterampilan syaraf motorik kasarnya dengan duduk atau berdiri untuk meletakkan bola di dalam mainan.

Selanjutnya menekan tombol besar untuk memulai 6 lagu dan mereka dapat menjelajahi alasan sebab dan akibat. Mainan ini memainkan musik untuk memotivasi anak-anak agar terus bergerak.

Tentu saja, mainan edukasi akan membantu anak untuk melibatkan pikiran dan tubuh mereka pada saat yang bersamaan.

5. pipSquigz

mainan edukasi anak 1 tahun
pipSquigz. Foto: What on Earth Catalog

Mainan pipSquigz adalah satu set dari tiga Pengisap Kecil yang menyenangkan untuk usia kurang lebih 1 tahun.

Tak hanya disukai oleh balita, para orang tua juga tentunya menyukai pipSquigz karena sangat cocok untuk diletakan di kereta dorong, kursi yang tinggi khusus balita, bak mandi, dan lain-lain.

Cukup dengan dorong pipSquigz ke bawah pada permukaan yang halus dan lihat bagaimana anak Anda berinteraksi dengan mainan penghisap silikon yang berkualitas tinggi ini.

Para ahli mengatakan bahwa sensorik anak yang terintegrasi dengan baik menjadi tonggak penting dalam perkembangan penting bagi sang buah hati.

Oleh karena itu, pipSquigz dianggap sebagai pengalaman belajar sensorik lengkap. Kehadiran mainan edukasi anak 1 tahun ini dapat berdampak positif pada ketenangan pikiran orang tua dan balita yang sedang masa tumbuh gigi.

6. Edushape Small Sensory Balls

mainan edukasi anak 1 tahun
Edushape Small Sensory Balls. Foto: Bed Bath and Beyond

Mainan edukasi anak 1 tahun dari Edushape Small Sensory Balls adalah mainan yang sangat cocok untuk mengembangkan indra peraba dan keterampilan motorik kasar bagi si kecil.

Tekstur bola yang menarik dan memiliki warna yang beragam ini dapat memberikan permainan sensoris dan pengembangan ketangkasan yang luar biasa.

Anak dapat menggerakan tangannya untuk meremas, menggulung, melempar, bahkan menendang bola yang satu ini.

Bola sensorik dapat meningkatkan koordinasi mata tangan dan dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosialisasi saat dinikmati dalam permainan kelompok. Hal ini tentu saja cara belajar bersama yang menyenangkan.

7. Musical Lili Llama

mainan edukasi anak 1 tahun
Musical Lili Llama. Foto: The Manhattan Toy Company

Musical Lili Llama adalah mainan edukasi anak 1 tahun yang dilengkapi oleh 4 pemintal, 2 roda gigi, 1 ekor maraca, gambang 5 batang, 1 set takik atau papan cuci untuk suara ratchet, 1 selimut pelana klak dan 2 palu.

Ideal untuk memperkenalkan mainan ini kepada si kecil pada usia sekitar 1 tahun. Tujuannya adalah untuk mengembangkan indra dan syaraf motorik anak-anak.

Setiap orang tua di dunia ini ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Baik itu asupan gizi yang baik sampai pada permainan yang bisa membantu tumbuh kembang sang buah hati.

Mainan edukasi anak 1 tahun tersebut dinilai tidak hanya dapat membantu perkembangan anak di masa keemasan tapi juga menjadi alternatif cara untuk mengubah suasana hati si kecil agar lebih gembira dan menyenangkan.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button