NewsOlahraga

7 Manfaat Olahraga Parkour untuk Kesehatan

Hobring.com – Parkour merupakan olahraga ekstrim yang berasal dari negara Perancis. Olahraga yang menantang keberenian ini cukup digemari oleh masyarakat, khususnya anak muda.

Sejatinya olahraga parkour tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Sebab seseorang yang ingin melakukan olahraga ekstrim ini harus menguasai beberapa teknik-teknik khusus.

Sedikit gambaran, parkour merupakan olahraga melompat, memanjat dan bergelantungan dari satu tempat ke tempat lainnya. Aktivitas ini biasa dilakukan di pagar, rumah bahkan gedung-gedung tinggi dengan gerakan selincah dan secepat mungkin dengan hanya tangan kosong.

Oleh karena itu, seseorang yang ingin melakukan parkour harus memiliki mental dan fisik yang kuat, karena olahraga penuh tantangan ini rawan cedera.


Baca Juga:


Kendati masuk dalam kategori olahraga berbahaya, parkor nyatanya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut ini Hobring akan menjelaskan beberapa manfaat parkour bagi kesehatan.

1. Membentuk otot tubuh

sixpack
Foto: Istimewa

Aktivitas parkour membutuhkan seluruh otot tubuh karena harus melakukan gerakan lari, memanjat hingga melompat. Bayangkan saja, dalam satu hari berlatih Anda melompat dan memanjat tiga sampai empat dinding.

Dengan demikian, seluruh otot di tubuh akan terbentuk dengan sendirinya.

2. Menguatkan jantung

Parkour merupakan olahraga yang sangat aktif karena harus bergerak cepat dari satu tempat ke tempat lainnya. Kondisi ini akan membuat stamina mengalami peningkatkan sehingga memberikan efek positif kepada jantung menjadi lebih kuat.

3. Melatih ketangkasan

Olahraga satu ini sangat identik dengan keberanian seseorang untuk menghadapi segala rintangan. Mulai dari melompat anak tangga, rumah bahkan menaiki/menuruni gedung-gedung tinggi dengan waktu yang singkat.

Dengan begitu, seseorang yang ingin menekuni parkour dituntut untuk memiliki ketangkasan dalam melakukan pergerakan dan berfikir yang cepat. Berlatih secara rutin merupakan kunci dari olahraga ekstrim satu ini.

4. Melatih keterampilan motorik

Olahraga penuh tantangan ini membutuhkan skill yang tidak sedikit, Anda harus memiliki kelincahan, kekuatan, kecepatan serta ketangkasan pada waktu bersamaan. Anda tidak disarankan untuk langsung terjun ke medan yang berat jika belum menguasai empat teknik tersebut.

Oleh karenanya, untuk menguasai semua teknik tersebut dan mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus sering berlatih sendiri maupun dengan seseorang yang lebih profesional.

5. Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga parkour menuntut seseorang untuk melakukan gerakan cepat, lincah dan otak pada waktu yang bersamaan. Seperti yang kita ketahui, parkour merupakan aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga karena melakukan banyak gerak.

Selain menyehatkan untuk tubuh, parkour juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan Anda. Gerakan yang dilakukan pada olahraga ini akan membakar kalori dalam tubuh secara merata.

Baca Juga: 6 Olahraga Ekstrem yang Memacu Adrenalin

6. Dapat meningkatan kepercayaan diri

Parkour bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang dengan gerakan-gerakan yang belum pernah dilakukannya. Seseorang akan terus berlatih hingga bisa menaklukan rintangan yang dipilih seperti melompati tangga, memanjat dinding bahkan rintangan yang paling berat yakni menaiki/menuruni gedung.

Setelah tercapai, Anda akan merasakan kepuasan tersendiri dan menchallenge diri Anda untuk melakukan yang lebih.

7. Bisa dilakukan oleh semua kalangan

parkour 2
Foto: Istimewa

Aktivitas yang cukup dilakukan dengan tangan kosong ini bisa dilakukan oleh semua orang, baik anak kecil hingga orang dewasa. Anda bisa mempraktekkan parkour sendiri di area rumah dengan mencoba rintangan-rintangan yang mudah terlebih dahulu, tapi tetap hati-hati, ya.

Setelah mulai mengalami peningkatan, Anda bisa mencoba rintangan yang lebih berat seperti memanjat dinding.

Namun, untuk kalian yang sudah memasuki usia tua tidak disarankan untuk melakukan olahraga ini, karena tulang yang sudah menipis dan kekuatan otot sudah tidak maksimal bisa membuat Anda rentan mengalami cedera.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button