NewsFood

7 Makanan yang Dapat Menambah Energi Tubuhmu

Kira-kira makanan apa yang kamu sukai?

Hobring.com – Pada siang hari, biasanya beberapa orang merasakan lelah dan lesu saat beraktivitas. Oleh karena itu, selama beraktivitas kamu perlu makanan yang dapat menambah energi pada tubuh.

Meskipun makanan yang sehat adalah makanan yang baik untuk tubuhmu, tapi ada beberapa makanan yang mengandung nutrisi baik untuk dapat meningkatkan energi pada tubuh. Dengan mengonsumsi makanan bergizi, tentunya dapat menambah energi dan meningkatkan konsentrasimu sepanjang hari.

Berikut ini adalah 7 makanan yang dapat menambah energimu setiap hari seperti yang dilansir dari Healthline.

1. Pisang

Banana
Banana. Sumber: Life for Stock

Salah satu makanan yang dapat menambah energi tubuhmu adalah pisang.

Buah yang satu ini memiliki sumber karbohidrat kompleks yang baik beserta kalium dan vitamin B6 yang sangat bagus untuk dikonsumsi.

Semua sumber itu nantinya dapat membantu meningkatkan energi di dalam tubuhmu.


Baca Juga:


2. Nasi Merah

Brown Rice
Brown Rice. Sumber; Freepik

Jika kamu sedang menjalani program diet, nasi merah adalah makanan alternatif baik untuk menunjang program dietmu.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa nasi merah adalah makanan yang sangat bergizi.

Nasi merah dengan takaran 50 gram mengandung 2 gram serat yang membantu memberi asupan harianmu. Selain itu, nasi merah juga mengandung mineral yang dapat membantu enzim untuk memecah karbohidrat dan protein untuk menghasilkan energi.

Selain kaya akan serat yang baik untuk tubuh, nasi merah juga bisa menambah energi dalam tubuhmu, lho.

3. Ubi Jalar

Sweet Potatos
Sweet Potatos. Sumber: jcomp

Bagi kamu pecinta ubi jalar, ada kabar baik nih. Selain rasanya yang enak, ubi jalar ternyata bagian dari sumber energi bergizi yang sangat baik untuk tubuhmu.

Ubi jalar dengan berat 100gram ternyata mengandung 25 gram karbohidrat kompleks, 25% mineral yang dibutuhkan tubuh, vitamin A dan 3,1 gram serat.

Manfaat dari serat ubi jalar dan kandungan karbohidrat kompleks dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan energi di dalam tubuh.

4. Kopi

Coffee
Coffee. Sumber: Onlyyouqj

Bagi sebagian orang kopi dapat memicu asam lambung. Akan tetapi, kopi ternyata memiliki manfaat luar biasa lain yakni menambah asupan energi dalam tubuhmu.

Kafein yang ada di dalam kopi dapat berfungsi menghambat adenosine di mana neurotransmitter dapat membuat sistem saraf pusat menjadi lebih tenang.

Meski hanya menyediakan 2 kalori percangkirnya, tapi efek stimulasinya dapat membawa kamu lebih fokus dan konsentrasi di siang hari.

Disarankan agar tidak mengonsumsi kopi lebih dari 400mg kafein atau sekitar 4 cangkir kopi setiap harinya.

5. Goji Berry

Goji Berry
Goji Berry. Sumber; timolina

Buah goji berry adalah salah satu buah yang menjadi alternatif pengobatan di negara Tiongkok yang telah digunakan selama berabad-abad lamanya karena kaya akan manfaat.

Selain dikenal dengan kaya antioksidan, mineral dan vitamin, buah yang satu ini juga memiliki sumber serat yang sangat baik untuk menambah energi pada tubuhmu.

Satu takaran porsi goji berry 28 gram dapat menyediakan 2 gram serat. Serat yang ada di dalam buah goji berry membantu memperlambat sistem pencernaan dan melepaskan energi secara perlahan.

Buah goji berry sangat cocok dinikmati dengan smoothie, yogurt atau bahkan dikonsumsi secara mentah.

6. Quinoa

Quinoa
Quinoa. Sumber: KamranAydinov

Biji quinoa adalah biji yang popular karena kandungan protein dan karbohidrat serta seratnya yang tinggi.

Selain itu juga, quinoa memiliki banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuhmu.

Meskipun tinggi akan karbohidrat, biji quinoa memiliki indeks glikemik yang cenderung rendah.

Hal ini menunjukkan bahwa karbohidrat dari biji quinoa dapat diserap secara perlahan dan dapat juga memberikan energi padamu di siang hari.

7. Popcorn

Popcorn
Popcorn. Sumber: KamranAydinov

Tahukah kamu bahwa popcorn dapat menjadi camilan yang rendah kalori dan menghasilkan energi yang baik untuk tubuhmu?

Bertih jagung atau berondong dengan takaran 8 gram yang kemudian diolah menjadi popcorn dapat menghasilkan serat dan karbohidrat dengan memberikan pelepasan energi yang stabil pada tubuh.

Selain cara pembuatan yang mudah, popcorn bisa menjadi makanan yang sehat jika dimasak dengan bahan-bahan dan metode yang bersih dan sehat.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button