NewsFood

7 Makanan Mudah dan Sehat yang Cocok untuk Sarapan Pagi

Hobring.com – Sarapan adalah salah satu rutinitas yang dibutuhkan dan biasa dilakukan pada pagi hari. Sebelum memulai aktivitas, ada baiknya Anda mempersiapkan makanan apa saja yang akan Anda konsumsi di pagi hari.

Merencanakan makan di waktu sarapan ternyata dapat menjadi kebiasaan yang baik dan sehat seperti yang dikutip dari laman Healthline.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi menu sarapan atau makan pagi Anda yang mudah dibuat dan tentunya sehat serta bergizi.

1. Overnight Oats

Makanan Mudah dan Sehat yang Cocok untuk Sarapan Pagi
Overnight Oats. Sumber: stockking

Pada umumnya, seseorang mengonsumsi oat pada pagi hari dengan cara dimasak langsung. Tapi tak banyak yang tahu bahwa overnight tak kalah nikmat dan sekaligus menyehatkan.

Overnight oats adalah oat yang direndam ke dalam sebuah susu ataupun yoghurt selama semalaman. Pagi harinya, oat yang telah direndam, diberi berbagai macam topping seperti buah, biji chia, sirup rendah gula dan lain sebagainya.

Oat juga merupakan sumber serat beta glukan yang baik dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.


Baca Juga:


2. Avocado Toast

Makanan Mudah dan Sehat yang Cocok untuk Sarapan Pagi
Avocado Toast. Sumber: BalashMirzabey

Mengonsumsi buah alpukat kini menjadi gaya hidup sehat yang banyak ditiru oleh banyak orang. Tak salah kalau saat ini banyak variasi baru dalam mengonsumsi buah yang kaya akan lemak sehat ini salah satunya adalah avocado toast.

Avocado toast bisa menjadi sarapan yang bergizi, karena alpukat merupakan sumber lemak sehat yang baik dan sangat mengenyangkan.

Mulailah dengan mengiris tipis roti gandum, dan pangganglah roti tersebut. Selanjutnya, dalam tempat terpisah siapkan sebuah mangkuk kecil. Hancurkan setengah bagian alpukat dengan jeruk nipis atau lemon. Kemudian taburkan alpukat di atas roti panggang. Untuk meningkatkan protein di pagi hari, Anda bisa menambahkan satu atau dua telur.

Anda juga bisa menggantinya dengan kacang putih yang dihancurkan ke dalam alpukat sebagai pilihannya. Tak lupa untuk taburi keju yang telah diparut, kacang yang telah dipotong, biji-bijian, baby greens, atau tomat ceri.

3. Broccoli and Cheese Egg Bake

Makanan Mudah dan Sehat yang Cocok untuk Sarapan Pagi
Broccoli and Cheese Egg Bake. Sumber: yuliamikhaylova

Telur adalah salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu saja, telur juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.

Sarapan dengan telur brokoli dan keju panggang merupakan alternatif makan pagi Anda bisa baik untuk tubuh.

4. Yogurt and Fruit

Makanan Mudah dan Sehat yang Cocok untuk Sarapan Pagi
Yogurt and Fruit. Sumber: topntp26

Yogurt merupakan susu fermentasi yang memiliki kalsium dan mineral yang penting untuk tulang yang kuat. Dengan mengonsumsi yogurt di pagi hari dapat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan harian.

Selain mengonsumsi yogurt, alangkah baiknya Anda juga menyiapkan buah yang segar, granola, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk santapan sarapan Anda.

Bahan-bahan itu bukan hanya mudah dibuat tetapi juga sangat sehat untuk mengawali hari Anda. Sebelum mengonsumsi dipagi hari, Anda juga bisa menyiapkannya pada malam hari, kemudian disimpan ke dalam lemari es dan disantap ketika Anda sedang sarapan.

5. Chia Pudding

Makanan Mudah dan Sehat yang Cocok untuk Sarapan Pagi
Chia Pudding. Sumber: kroshka_nastya

Puding chia adalah pilihan yang sederhana tapi mengenyangkan untuk sarapan. Terlebih lagi, biji chia memiliki senyawa antioksidan yang membantu melawan molekul reaktif yang disebut dengan radikal bebas dan penyebab penyakit lainnya.

Siapkan puding chia pada malam hari dengan menyimpannya ke dalam lemari es. Pada pagi harinya ketika Anda sudah bangun, puding chia akan lembut dan lezat. Sangat cocok dikonsumsi pada waktu sarapan.

6. Bell Pepper Egg

Makanan Mudah dan Sehat yang Cocok untuk Sarapan Pagi
Bell Pepper Egg. Sumber: sunvic

Makanan yang mudah dan sehat berikutnya adalah membuat bell pepper egg. Tidak membutuhkan banyak bahan, bell pepper egg adalah makanan yang bergizi dan bisa jadi menu sarapan Anda di pagi hari.

Sebelum menyajikannya, Anda perlu memotong beberapa paprika sesuai dengan selera Anda dengan ukuran memanjang dan buanglah batang serta bijinya.

Kemudian masukkan ke dalam sebuah loyang yang sudah diolesi minyak dan masaklah selama 15 menit pada suhu sekitar 175 derajat celcius.

Lalu keluarkan piring dari oven dan pecahkan telur dengan hati-hati ke setiap paprika yang telah tersedia. Masukkan lagi ke dalam oven dan panggang sampai telur matang atau sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah terakhir adalah taburkan bumbu sesuai dengan selera Anda. Untuk satu porsi bell pepper egg, tak hanya mendapatkan protein dari telur, tetapi sumber nutrisi lainnya seperti vitamin A dan C dari paprika.

Perlu Anda ketahui bahwa memasak dapat merusak vitamin C pada makanan. Oleh karena itu, memasaklah dengan waktu yang lebih singkat untuk tetap mempertahankan kandungan vitamin C.

7. Peanut Butter Granola Bars

Makanan Mudah dan Sehat yang Cocok untuk Sarapan Pagi
Peanut Butter Granola Bars. Sumber: sri_sakorn42

Alih-alih membeli peanut butter di toko yang mungkin saja diisi dengan gula tambahan, tak ada salahnya mencoba peanut butter granola bars buatan sendiri. Selain mudah dibuat, makanan yang satu ini juga sehat dan hemat.

Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kacang dapat menghalangi penyerapan kolesterol dari makanan, lho. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi yang memungkinkan meningkatkan risiko pada penyakit jantung.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button