NewsLifestyle

7 Macam Tema Aquascape, Dekorasi Cantik Akuarium Masa Kini

Hobring.com – Aquascape jadi salah satu hobi yang akhir-akhir ini diminati para pecinta ikan. Namun, untuk menerapkannya harus diawali dengan memilih tema. Berikut ini macam-macam tema aquascape yang perlu kamu ketahui!

Seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya di dalam media kaca (akrilik), atau biasa disebut aquascape tengah digemari, khususnya bagi mereka yang gemar melihat keindahan biota laut dalam sebuah aquarium.

Seni membuat replika keindahan alam bawah air ini, tidak hanya sebatas pemadangan biota bawah laut saja. Kadang kala tema atau inspirasi yang didapatkan bisa dari alam terbuka, seperti padang rumput, pegunungan, sungai, dan sebagainya.

Dengan banyaknya tema aquascape yang disajikan, tidak aneh jika banyak orang jatuh hati dengan tampilannya. Karena tampilannya, hasil dari hobi ini juga sangat cocok dijadikan ladang bisnis baru yang tidak kalah menarik dibandingkan bisnis lainnya.

Kali ini Hobring akan merangkum 7 macam-macam tema aquascpae yang bisa kamu terapkan. Berikut ulasan selengkapnya!

macam-macam tema aquascape

Aquascape tema batu

Bagi pehobi aquascape, aktivitas ini menjadi tantangan sendiri, karena tak semua orang bisa melakukannya. Jika kamu tertarik mencobanya, ada baiknya desain atau tema aquascape itu ditentukan di awal sebelum membeli batu, kayu atau tanaman.

Hal itu disebabkan karena kebutuhan komponen-komponen tersebut akan menyesuaikan tema yang ingin diterapkan. Menghadirkan aquascape dengan tema bebatuan memang banyak kita temukan di alam sekitar.
Batu hias merupakan salah satu komponen utama di dalam membuat aquascape.

Memilih batu aquascape yang tepat akan membuat tampilan aquascape menjadi lebih menarik. Selain karena estetika, menerapkan batu pada aquascape juga berfungsi membantu menjernihkan air lho.

Jenis batu dalam aquascape tentu saja tidak lepas dari yang namanya hardscape yang tersusun dari kayu dan batu krikil. Di pasaran, ada banyak sekali jenis-jenis batu aquascape dengan variasi yang beragam. Batu-batu cantik ini pun memiliki harga jual yang beragam, mulai dari 10.000 – 50.000/kg.

aquascape natural

Aquascape tema natural atau alami

Seperti namanya, konsep aquascape ini menanamkan gaya yang sangat alami. Menurut sejarah, tema ini diperkenalkan oleh penemu aquascape, yakni Takashi Amano pada tahun 1990.

Kecintaannya terhadap komposisi berkebun Jepang membuatnya tertarik untuk mengaplikasikannya ke dalam akuarium. Oleh karenanya, tema ini terinsipirasi dari konsep berkebun ala wabi sab di Jepang.

Agar nampak alami, kamu memerlukan bebatuan, kayu tanaman. Karakteristik dari aquascape ini adalah pengaturan tanaman air yang lebih sedikit dan asimetris serta pemilihan batu dan kayu apung yang lebih selektif. Saat ini tema nature aquascape banyak diminati masyarakat, karena terlihat indah dan unik.

aquascape bertema iwagumi

Tema iwagumi

Gaya Iwagumi merupakan salah satu gaya atau desain paling menantang. Gaya yang dikembangkan sekitar 30 tahun lalu oleh Takashi Amano ini berasal dari bahasa Jepang yang artinya formasi bebatuan, oleh sebab itu aquascape tema Iwagumi memainkan peran batu sebagai hiasan utama dengan tata letaknya.

Jenis aquascape tema Iwagumi tidak hanya sebatas tata letak yang minimalis, akan tetapi juga sebagai cerminan pada budaya Jepang, spiritual serta cinta untuk kesederhanaan dan keindahan.

Hal tersulit dalam membuat aquascape gaya Iwagumi, yaitu pada formasi bebatuan untuk mendapatkan harmonisasi serta kesatuan pada kesederhanaan. Konsep Iwagumi tidak hanya menata bebatuan, melainkan menempatkannya secara alami.

Menyusun batu di Iwagumi style tidak bisa sembarangan. Ada aturan khususnya, yaitu menggunakan jumlah batu ganjil, seperti 3 batu, 5 batu, 7 batu, 9 batu dan sebagainya. Hal ini betujuan untuk menghindari rasa simetris.

Batu-batuan yang paling populer untuk jenis aquascape ini, yaitu seiryu-seki, shou atau maten, akan tetapi tidak ada batasan pasti tentang jenis batu-batu tersebut.

aquascape bertema hutan
Dok/Foto: tamanair.net

Tema hutan

Aquascape tema hutan termasuk kategori natural style. Style aquascape ini sering juga disebut “forest style” atau “jungle style” artinya sama sih, hutan. Namun bagi para aquascaper sendiri ada perbedaan di keduanya.

Penyebutan jungle style biasanya bersifat umum, yang terdapat pohon rimba, sementara forest bersifat spesifik, misalnya rain forest, tropical forest dan lain sebagainya. Sebab rain forest dan tropical forest sendiri memiliki vegetasi tumbuhan yang berbeda.

Untuk proses pembuatan tema hutan sendiri terbilang cukup sulit, karena kerumitannya terletak pada desain hardscape, baik pemilihan jenis batu maupun jenis kayu.

Bagaimanapun kita harus menggunakan kayu yang sesuai dengan bentuk pohon, sehingga tercipta nuansa pohon-pohon yang tinggi dan rimbun di dalam air. Oleh sebab itu, biasanya yang membuat tema ini adalah orang-orang yang sudah lama terjun di dunia aquascape.

Selain itu agar tercipta konsep hutan kita harus mencari jenis tanaman yang sesuai, biasanya yang digunakan adalah tanaman berwarna hijau gelap dan berukuran relatif kecil. Carilah tanaman moss untuk karpet karena daunnya relatif kecil.

Selain itu, ada anubias dan buce untuk mempercantik aquascape. Untuk perawatan tanaman dalam tank juga harus diperhatikan supaya tanaman mudah rimbun dan memenuhi tank.

aquascape bertema sungai
Dok/Foto: Pinterest

Aquascape tema sungai

Tema sungai atau river style merupakan salah satu tema yang juga menjadi favorit scapers Indonesia. Tema ini mereplika bentuk sungai dan alam sekitarnya yang dibuat dalam aquascape.

Di atas sungai biasanya diberi semacam pepohonan sehingga benar-benar nampak alami. Pada bagian ‘sungai’ nya ada berbagai macam variasi, bisa menggunakan pasir silika, atau resin yang nantinya akan bentuknya akan terlihat seperti air.

Untuk membuat tema ini yang kalian butuhkan, yaitu batu, dan kayu. Jangan lupa untuk memperhatikan penempatan batu dan posisi sungai yang ideal.

aquascape bertema tebing
Dok/Foto: duniaaquascape.com

Aquascape tema tebing

Tema gunung atau tebing termasuk kategori nature. Tentu saja, tema aquascape ini memiliki gaya dengan mencontoh kondisi pegunungan, perbukitan, dan tebing. Kamu juga bisa mengkreasikannya dengan menambahkan waterfall di atas tebing agar lebih hidup.

Tema pegunungan ini berfokus dengan menitik beratkan pada tata letak hardscape bebatuan dan sedikit tanaman hijau dan kayu sebagai lembahnya.

aquascape bertema pantai
Dok/Foto: YouTube

Tema pantai

Aquascape tema pantai memang cukup sulit ditemukan. Kamu harus berani bereksperimen dengan kreativitas yang ada. Sebagian besar aquascape bertema pantai tidak menggunakan air laut biru, hanya pasir putih.

Untuk membuat tampilan yang sangat natural, rencanakan komposisi dan peletakan tebing, pohon kelapa dan tanaman hijau, serta pasirnya dengan perhitungan yang matang untuk membuat tampilan pantai yang maksimal. Kamu perlu menyiapkan batu fosil/petrified wood, dan tanaman moss di dalamnya.

Itulah 7 macam-macam tema aquascape yang bisa kamu terapkan. Pemilihan style aquascape juga tergantung dengan selera dan budget masing masing. Dari tema yang sudah dibahas di atas, kamu juga bisa membuat tema free style, sesuai dengan kreasimu sendiri. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button