NewsToys

7 Koleksi Action Figure yang Paling Berharga

Kira-kira Anda ingin koleksi action figure yang seperti apa?

Hobring.com – Selain disukai oleh anak-anak, action figure juga ternyata disukai oleh orang dewasa. Tak hanya menyukai saja, mereka bahkan biasanya menjadikan koleksi action figure sebagai bagian dari hobinya.

Bagi mereka yang memiliki minat dengan mengoleksi action figure, menghabiskan banyak pundi-pundi uang adalah hal yang sangat lumrah.

Bagaimana tidak, berburu action figure seperti sedang mengincar seonggok berlian. Siapapun pasti ingin mendapatkannya meskipun harus merogoh kocek dalam-dalam.

Dianggap sebagai sesuatu yang paling berharga, para pemburu action figure tak pernah kehilangan akal untuk mendapatnya. Bahkan tak jarang yang berpikir bahwa mengoleksi action figure dapat menjadi sesuatu yang bernilai di masa depan.

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk mengoleksi action figure atau bahkan sudah memulainya sebagai hobi. Berikut ini Hobring.com rekomendasikan beberapa koleksi action figure yang paling berharga dan tak pernah lekang oleh waktu seperti yang dilansir dari laman The Richest.

1. The 1980 Ninja Turtles

Pada 1980-an karakter Ninja Turtles dianggap menjadi tokoh aksi yang paling popular bahkan sampai saat ini.

Semakin banyak yang mengidolakannya, para pahlawan remaja ini pun diabadikan melalui serial komik di tahun 1984. Puncak popularitasnya pun semakin melejit pasca dibuatkannya ke dalam bentuk program acara televisi.


Baca Juga:


Beberapa figur mainan asli yang dibuat saat itu memiliki nilai hampir $ 400-900. Bahkan model yang dianggap limited edition dihargai $ 1000.

Jika dirupiahkan dengan kurs Rp 14.400 per Dollar saat ini. Kira-kira harga action figure Ninjas Turtle kala itu sekitar 500 Ribu sampai 14 Juta.

Namun pada tahun 1993, beberapa tokoh aksi Ninja Turtles diproduksi secara terbatas dan harga dipasar mematok angka sekitar $ 1.200 hingga $ 1.600.

Jika dirupiah sekitar harga 17 Juta sampai 23 Juta untuk satu action figure saja. Hal tersebut tentu saja membuat koleksi action figure Ninjas Turtle dianggap sebagai hobi yang cukup mahal bagi beberapa kalangan.

2. Transformers

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh eastlander (@east_lander)


Salah satu karakter transformers paling populer adalah Soundwave. Perusahaan mainan Hasbro pun membuat prototipe asli dari action figure tersebut.

Saat ini figure action Soundwave dari Hasbro dihargai dengan angka $ 4000 atau jika dirupiahkan dengan kurs Rp 14.400 saat ini sekitar 56 Juta. Bagaimana? Harga yang cukup fantastis hanya untuk sebuah action figure, bukan?

3. Boba Fett

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Darren O-G (@darren0g)

Sebuah action figure ‘Vinyl caped Jawa’ yang ditampilkan dalam Star Wars di Episode IV berjudul A New Hope masih dianggap cukup berharga.

Bagaimana tidak, dibuat sebagai salah satu karya asli dari tahun 90-an, salah satu tokoh aksi itu kini bernilai sekitar $ 18000. Atau jika dirupiahkan sekitar 259 Juta. Luar biasa sekali, bukan?

Figur asli Boba Fett tidak diperjualbelikan karena sangat terlalu aman untuk dibawa oleh anak-anak. Pada akhirnya, prototipe asli dari figur aksi ini dilelang di New Toy Fair dengan harga $ 150.000 atau sekitar 2,1 Miliyar.

4. Jurassic Park

Jika kita membayangkan tentang konsep Steven Spielberg yang hidup berdampingan dengan dinosaurus di dunia modern, tak ayal hal itu masih membuat kita tak percaya dan ngeri.

Sebuah gagasan tentang taman hiburan beresonansi dengan sebagian besar dari kita adalah salah satu tayangan film di tahun 90-an yang menghasilkan keuntungan jutaan.

Obsesi dengan figur aksi tyrannosaurus atau T-rex dianggap masih relevan oleh para kolektor action figure. Omega T-rex adalah salah satu action figure 90-an yang asli dan telah terdaftar di eBay dengan harga sekitar $ 2800 atau sekitar Rp 40 Juta dalam kurs Rp 14.400 per Dollar.

5. Indiana Jones

Indiana Jones adalah sosok pahlawan terkenal yang selamanya dikaitkan dengan Raiders of the Lost Ark.

Karakter fiksi ini adalah bagian dari bisnis media Amerika yang laris dan menggambarkan sesosok pahlawan yang merupakan profesor arkeologi dan orang yang melakukan petualangan yang tak terhitung jumlahnya.

Pada tahun 1982, perusahaan Kenner membuat action figure Indiana Jones dari The Raiders of Lost Ark. Sebagai bagian dari koleksi action figure yang paling berharga tersedia dengan harga sekitar $ 1000 atau Rp 14,4 Juta.

6. Batman, Aquaman, dan The Cyborg

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Matt Tabor (@fromthemattcave)

Batman adalah salah satu karakter komik DC yang paling populer dan kreasi ini telah menginspirasi banyak koleksi action figure di banyak tempat.

Mattel telah merilis seri baru mainan Batman pada tahun 2004. Di antaranya action figure Batman Signal yang terjual dengan sangat baik, sedangkan Atack Armor Batan dianggap tidak begitu baik. Adapun biaya untuk sebuah action figure sekitar $ 200-300 atau Rp 2,8 – 4,3 Juta

Sementara Aquaman adalah karakter komik DC yang juga tak kalah populer. Mego memproduksi action figure Aqualad pada tahun 1976 sebagai bagian dari koleksi Teen Titans, yang bernilai sekitar $ 1010 atau sekitar Rp 14,5 Juta.

Selain itu, action figure Cyborg dibuat oleh perusahaan Kenner pada tahun 1986. Sekarang nilainya sekitar $ 1300 atau Rp 18,7 Juta.

7. G.I. Joe’s

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh G.I. JOE (@gijoe)

Koleksi action figure berikutnya yang dianggap paling berharga dan bernilai tinggi adalah GI Joe.

Action figure GI Joe merupakan salah satu prototipe mahal dan terkenal karena memiliki sekitar 21 bagian yang dapat digerakkan.

Penerbit buku komik Amerika memiliki banyak koleksi action figure dari komik, tetapi ketika pembeli yang beruntung memenangkan prototipe ini dalam lelang tahun 2003, hal itu membawanya pada banyak hal ke tingkat yang baru.

Sosok ini memiliki harga yang sangat mahal $ 200.000 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 2,8 Miliyar dalam kurs Rp 14.400 per Dollar.

Koleksi action figure GI Joe lainnya adalah karakter Cobra Commander. Koleksi tersebut dibuat oleh perusahaan Hasbro pada tahun 1983 dan masih tersedia seharga $ 900 atau sekitar Rp 12,9 Juta.

 

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button