NewsFood

7 Kebiasaan Cara Mengolah Makanan yang Dianggap Salah

Hobring.com – Kadang kala, kita terlalu fokus pada penyajian makanan yang dianggap menarik oleh pandangan mata. Padahal, cara mengolah makanan tersebut belum tentu benar dan bisa jadi kurang tepat.

Jika hal ini diabaikan secara terus menerus. Sebuah makanan sehat bisa kehilangan nutrisinya dan jutru tidak memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya, kira-kira makanan apa saja yang cara pengolahannya tidak tepat dan bagaimana solusinya. Hobring.com akan menjelaskan beberapa cara mengolah makanan yang tepat seperti yang dilansir dari Bright Side.

1. Tomat

Saat ini mungkin Anda berpikir bahwa mengonsumsi tomat sebaiknya langsung dimakan tanpa perlu direbus.

Ternyata, asumsi itu dianggap kurang tepat karena tomat adalah makanan yang harus dimakan setelah dimasak atau direbus. Sehingga seseorang bisa mendapatkan manfaat dari nutrisi seperti likopen yang melindungi dari tumor dan penyakit jantung.

cara mengolah makanan
Foto: Bright Side

Baca Juga:


Nutrisi dalam tomat akan semakin meningkat jika Anda memanaskan tomat hingga suhu 90 ° C. Jadi, bila Anda masih memakannya tanpa dimasak, sebaiknya saat ini mulai dihentikan ya.

2. Stroberi

Buah stroberi adalah makanan yang kaya serat, antioksidan, dan vitamin C, mirip dengan kebanyakan buah merah.

Biasanya, buah yang satu ini bisa dikonsumsi dengan utuh atau memotongnya menjadi beberapa bagian. Nah karena tubuh membutuhkan nutrisi tersebut, sebaiknya buah-buahan ini jangan sekali-kali disimpan dalam bentuk potongan ya.

cara mengolah makanan
Foto: Bright Side

Sebab, saat stroberi dipotong, mereka menjadi sensitif terhadap cahaya dan oksigen dan sangat mudah kehilangan nutrisinya.

Maka, cara mengolah makanan yang tepat adalah dengan cara mengutuhkannya. Anda tentu tidak ingin kehilangan nutrisi dari buah yang kaya manfaat ini kan?

3. Brokoli

Jika tomat semakin dimasak, maka semakin menghasilkan nutrisi yang baik bagi tubuh. Kali ini brokoli justru sebaliknya.

cara mengolah makanan
Foto: Bright Side

Brokoli adalah salah satu makanan yang harus selalu dimakan secara mentah atau paling banyak dikukus.

Faktanya, dengan merebus atau menggorengnya, brokoli akan kehilangan vitamin C, klorofil, antioksidan, dan senyawa anti kanker yang semuanya penting bagi tubuh.

Kadang kala kita juga dilema saat menemukan banyak ulat kecil di dalam brokoli. Anda bisa mensiasatinya dengan merendam di air garam.

Selanjutnya, cara mengolah makanan brokoli dengan cara dikukus atau dimakan mentah. Jangan sampai Anda kehilangan nutrisi setelah memasaknya.

4. Sushi

Sushi adalah salah satu makanan yang tidak hanya enak tetapi juga bergizi untuk tubuh.

cara mengolah makanan
Foto: Bright Side

Namun sayangnya, kebanyakan orang salah dalam cara mengolah makanan sushi. Kebanyakan karena diadaptasi dari budaya Jepang, sushi menggunakan sumpit. Padahal sebaiknya dimakan menggunakan jari Anda.

Sumpit biasanya digunakan untuk makan sushi klasik. Sementara sushi dalam bentuk roti gulung disarankan menggunakan jari saja.

Dalam memakan sushi diperlukan kecap dalam jumlah minimal dan Anda tidak boleh mencelupkan nasi ke dalam kecap. Sebaiknya, hanya bagian ikannya saja.

Jahe dan wasabi juga tidak boleh dicampur dengan kecap. Jahe untuk membersihkan langit-langit mulut Anda dan harus dimakan dengan sendirinya.

Untuk memakan wasabi pun sebaiknya di makan hanya sedikit dan harus diletakkan langsung pada ikan sebelum dimakan. Gimana, kira-kira selama ini Anda benar memakan sushi atau belum?

5. Yogurt

cara mengolah makanan
Foto: Bright Side

Pernahkan Anda menemukan cairan yang sering ditemukan di atas yogurt wadah dibuka? Jika iya, cairan itu disebut dengan nama whey.

Whey sendiri mengandung protein dan vitamin B12. Oleh karena itu, jangan sekali-kali dibuang di wastafel, ya.

Sebelum mengonsumsi yogurt, ada baiknya Anda mengaduknya sedikit terlebih dahulu. Tujuannya agar nutrisi tercampur dengan merata.

6. Asparagus

Bagi sebagian orang memasak asparagus sebagainya di dalam microwave. Nyatanya, asparagus tidak boleh dimasak di dalam microwave, lho. Meskipun hanya ada sedikit waktu untuk memasak.

cara mengolah makanan
Foto: Bright Side

Hal ini ternyata dapat berdampak pada vitamin yang ada di dalam asparagus. Dengan melakukan hal tersebut artinya kita telah menghabiskan kandungan vitamin C dari sayuran ini.

Nutrisi di dalam asparagus merupakan nutrisi yang mudah larut dalam air. Lalu apakah ada cara mengolah makanan yang tepat? Jawabannya adalah ada.

Cara yang ideal untuk memasak batang asparagus adalah dengan mengukus atau menggorengnya sehingga menjadi empuk dan renyah.

7. Black Tea

Minuman teh campur susu bisa dibilang minuman yang cukup favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi jangan sesekali mencampur teh hitam dengan susu ya?!

cara mengolah makanan
Foto: Bright Side

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa teh hitam adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi.

Tapi Anda harus hati-hati, jangan sampai mencampurnya dengan susu. Nyatanya, produk susu tidak memengaruhi antioksidan yang dikandung oleh teh hitam.

Sebaliknya, susu justru menghalangi manfaat kardiovaskular teh hitam karena protein dalam susu membuat nutrisi teh lebih sulit diserap.

Nah mulai sekarang, Anda harus mengubah kebiasaan buruk Anda tentang cara mengolah makanan yang kurang tepat. Sebelum kehilangan nutrisi baik bagi tubuh, pastikan Anda memahami cara pengolahannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button