NewsLifestyle

7 Influencer Indonesia yang Punya Hobi Fotografi

Hobring.com – Apa yang Anda bayangkan pertama kali saat mendengar kata influencer? Seseorang yang punya pengaruh penting untuk publik atau bahkan sebuah profesi baru yang menjanjikan?

Ada beragam definisi tentang peran dan tugas dari seorang influencer. Tapi secara harfiah, influencer merupakan seseorang yang memiliki power untuk mempengaruhi keputusan orang lain dalam suatu hal.

Beberapa alasan menjelaskan bahwa seseorang dapat memiliki power untuk mempengaruhi orang lain karena mempunyai suatu otoritas, pengetahuan atau dianggap ahli di bidangnya.

Berbicara soal keahlian, biasanya seorang influencer mempunyai suatu bidang tertentu yang menjadi konsentrasinya. Salah satu bidang keahlian yang menjadi sangat popular belakangan ini adalah fotografi.

Fotografi sendiri adalah seni atau proses untuk menghasilkan suatu gambar berdasarkan pancaran cahaya dengan menggunakan alat yaitu kamera. Sementara seorang yang melakukan fotografi disebut sebagai fotografer.


Baca Juga:


Kini ada banyak sekali influencer khususnya di Indonesia yang memiliki hobi fotografi dengan menjadi fotografer. Tak hanya menghasilkan potret yang mengagumkan, para influencer ini juga menghasilkan karya yang menakjubkan.

Nah, berikut ini Hobring.com rangkum untuk Anda tujuh influencer Indonesia yang menjadikan dunia fotografi bukan hanya sekadar hobi saja tetapi juga berdampak bagi banyak orang.

1. Christina Tan

Siapa yang bercita-cita keliling dunia? Kalau belum ada kesempatan, tidak ada salahnya untuk meluncur langsung ke akun media sosial instagram milik Christina Tan (@sassychris1).

Kenapa? Karena dari bidikan kameranya, Anda akan merasakan bagaimana rasanya berkeliling dunia meskipun hanya melihatnya melalui gawai saja.

Christina mengawali dunia fotografi dari hobi yang ia sukai. Hobi yang ia tekuni dan pelajari secara autodidak kini telah mengantarnya menjadi salah satu fotografer profesional di Indonesia.

Selain memiliki hobi fotografi, Christina juga sangat menyukai traveling. Itulah sebabnya, feed instagram milik Chris bagaikan gallery yang ia ciptakan melalui lensa kamera.

Tak hanya mendapatkan apresiasi dengan dibanjiri likes dan komentar. Akun media sosial milik Chris juga diakui sebagai ’12 Most Successful Women Instagrammers in the World’ oleh majalah Forbes. Kurang keren apa lagi coba?

Prestasi lainnya yang telah ia capai adalah menjadi 20 besar Top Travel Instagram Posts dari tahun 2015 sampai 2018. Dan baru-baru ini, Chris dinobatkan sebagai Duta Nikon Indonesia dan mendapatkan gelar sebagai Travel + Leisure Top 8 Luxury Travel IG dan Forbes Travel Guide Top Travel IG.

Dilansir dari Beau Monde Traveler, Chris mengungkapkan sebuah kutipan favoritnya dari Ray Bradbury yang mengatakan,

Love what you do and do what you love. Donโ€™t listen to anyone else who tells you not to do it. Imagination should be the centre of your life.

Artinya cintai apa yang kamu lakukan dan lakukan apa yang kamu cintai. Jangan dengarkan orang lain yang menyuruhmu untuk tidak melakukannya. Imajinasi harus menjadi pusat hidupmu.

2. Nala Rinaldo

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nala Rinaldo (@nala_rinaldo)

Influencer yang memiliki hobi fotografi berikutnya adalah Nala Rinaldo (@nala_rinaldo). Fotografer profesional yang satu ini pertama kali mengenal dunia fotografi dengan secara autodidak.

Saat ia mengambil gelar master Design Grafis di Institut Teknologi Bandung, Nala merasa perlu untuk mengambil kelas kursus selama tiga semester di bidang fotografi kala itu.

Meski sudah memahami dunia seni memotret, Nala Rinaldo saat itu masih berkecimpung dalam dunia industri pertelevisian dan periklanan. Sampai pada akhirnya, Nala memutuskan untuk menjadi fotografer penuh waktu.

Berkat ketekuanannya dalam dunia fotografi telah membawa Nala untuk mejelajahi bumi Nusantara dan berkeliling dunia. Ia mengabadikan perjalananya ke dalam bidikan kamera.

Menurut wawancara Nala dengan Impataker bahwa kunci utama untuk menjadi sukses adalah melakukan pekerjaan yang sangat Anda sukai dan tetap bersikap dan berpikiran positif terhadap apapun yang terjadi dalam hidup Anda.

Nala memiliki sebuah kutipan favorit dari Albert Schweitzer yang mengatakan,

Success is not the key to happiness. Happiness is the key to success. If you love what you are doing, you will be successful.

Artinya, sukses bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci sukses. Jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan, Anda akan sukses.

3. Unggul Santosa

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh UNGGUL ST (@petrichor218)

Influencer yang juga fotografer profesional selanjutnya adalah Unggul Santosa (@petrichor218)

Pria yang lahir pada tanggal 21 Agustus 1976 ini dikenal sebagai Travel photographer atau fotografer perjalanan.

Fotografer perjalanan adalah seorang yang menangkap gambar berdasarkan esensi dari setiap lokasi yang ia kunjungi dengan komposisi yang diwarnai dan dibuat secara ahli. Terkadang fotografer perjalanan mengambil sudut pandang abstrak.

Unggul adalah lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dan ia pernah menjadi Manajer Kesehatan di sebuah perusahaan perminyakan yang terkenal di Indonesia.

Hobi fotografer membawa Unggul untuk menjelajah dunia. Ia mengabadikannya ke dalam bidikan lensanya. Ia pun menjadikan media sosial instagram sebagai bagian dari galeri dalam setiap perjalanannya.

4. Daris Cahyadi

Bagi kalangan fotografer nama Daris Cahyadi (@dariszcahyadi) bukanlah nama yang asing lagi.

Sebagai seorang fotografer profesional, Daris Cahyadi punya banyak sekali hasil karya yang mengagumkan.

Tak heran, ia layak untuk dijadikan sebagai salah satu influencer paling berpengaruh di Indonesia khususnya di bidang fotografi.

Berkat keahliannya di dalam seni bidikan kamera, Daris Cahyadi sering bekerja sama dengan musisi-musisi profesional seperti Ari Lasso, Andra Ramadhan (Dewa 19), dan lainnya.

Bahkan, jika Anda meluncur ke laman akun instagram miliknya, Anda bisa langsung menyaksikan bagaimana Daris membingkai alam Indonesia ke dalam feed instagramnya dan menyajikannya dengan epik ke khalayak.

Tidak hanya menjelajah Indonesia, Daris juga mengunjungi beberapa negara di dunia seperti Hong Kong dan Korea Selatan lebih tepatnya di Pyeongchang.

5. Felgra Yogatama

Influencer Indonesia berikutnya yang memiliki hobi di bidang fotografi bernama Felgra Yogatama. Anda bisa mengunjunginya di akun instagram @felgra_photograph.

Sebagai travel photographer, bidikan lensa milik Felgra berhasil mengabadikan momen-momen terbaik yang terjadi di alam Indonesia.

Tentu saja, hal itu membuat karya Felgra menjadi lebih epik dan menakjubkan.

Tak hanya di Indonesia, Felgra juga menjejalah ke berbagai negara di dunia seperti Singapore, Thailand, dan Jepang.

6. Mario Ardi

Menjadi seorang fotografer mungkin bisa dilakukan oleh siapa saja. Tapi untuk mengawalinya tentu tidak semudah dibayangkan.

Hal itulah yang dialami oleh Mario Ardi (@mariophotographie), seorang fotografer profesional yang harus melalui perjalanan hidup yang tidak mudah

Kecintaannya pada dunia fotografi sudah ia dapatkan sejak duduk dibangku SMA. Sayangnya, ia sempat kesulitan untuk mendapatkan fasilitas penunjang dalam dunia seni memotret.

Meski demikian, nyatanya hal itu tidak membuat Mario menjadi patah arang. Ia berjuang dengan peluh keringat dan usaha yang ia lakukan selama bertahun-tahun lamanya.

Kini, ia telah diakui sebagai fotografer profesional. Bahkan, nama Mario tidak asing dikalangan selebritis ibu kota.

Tidak hanya mampu memotret, Mario juga menjadi fotografer kondang yang telah membidik artis-artis ternama seperti Yuni Sara, Vina Panduwinata, sampai Rizky Billar, lho.

7. Okka Supardan

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh okka supardan (@okkasupardan)

Bagi fotografer khususnya di Majalengka, nama Okka Supardan bukanlah nama yang asing. Pemilik akun instagram @okkasupardan adalah influencer Indonesia yang terkenal.

Tak hanya dikenal sebagai fotografer profesional, Okka Supardan berhasil membuat bidikan kameranya menjadi lebih hidup dengan istilah, ‘Cerita anak-anak Desa.’

Okka seakan ingin menunjukkan kepada dunia tentang bagaimana kehidupan desa yang sesungguhnya, kebahagiaan yang dilakukan dengan cara-cara yang sederhana serta kearifan lokal yang terus dipertahankan oleh masyarakat desa.

Berkat upayanya dalam menyajikan sebuah gambar, Okka sempat mendapatkan penghargaan dari Bupati Majalengka atas kepiawaiannya mempromosikan Majalengka melalui fotografi.

Unik dan menarik, dua hal itu yang sangat melekat pada tiap-tiap foto yang dibingkai Okka ke dalam laman akun instagram resmi miliknya.

Nah itulah deretan influencer Indonesia yang mempunyai hobi fotografi. Jika Anda memiliki hobi saat ini, jangan pernah ragu untuk mewujudkannya.

Lakukanlah apa yang ingin Anda lakukan selama hal itu adalah tindakan yang tidak merugikan orang lain dan berdampak positif bagi masyarakat.

Siapa tahu, berawal dari hobi yang tidak disengaja ternyata bisa menjadi influencer ternama.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button