NewsLifestyle

7 Hal Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Sudahkah kita peduli dengan kesehatan mental diri sendiri?

Hobring.com – Dalam beberapa tahun terakhir, masalah kesehatan mental menjadi sesuatu hal yang penting dan menarik untuk dibahas dan diteliti lebih dalam.

Menyoal tentang kesehatan mental, kini ada banyak peneliti yang mulai lebih konsen pada solusi dan cara untuk mengatasi hal tersebut.

Membangun kesehatan mental sama pentingnya dengan membangun kecepatan, kekuatan, dan stamina tubuh. Pikiran adalah sumber yang akan memberikan perintah kepada tubuh untuk menemukan dorongan energi ekstra dalam setiap situasi yang sedang terjadi.

Dilansir dari laman Femina, saat ini memiliki kesehatan mental yang baik adalah sesuatu hal yang menjadi lebih penting.

Oleh karena itu, untuk mengetahui tentang apa saja yang harus dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga, berikut ini hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental.

1. Menetapkan tujuan

Hal Sederhana Menjaga Kesehatan Mental
Menetapkan Tujuan. Foto: jcomp

Secara alamiah otak manusia cenderung untuk terbiasa dalam hal mencapai sebuah tujuan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


Baca Juga:


Dengan setiap tujuan yang ingin capai, maka akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan pada kemampuan diri untuk lebih sukses lagi.

Selain itu juga, dengan mencapai sebuah tujuan setidaknya akan belajar mengindentifikasi penyebab mengapa tujuan menjadi tidak realistis dan sulit untuk tercapai.

2. Mempersiapkan diri untuk sukses

Hal Sederhana Menjaga Kesehatan Mental
Mempersiapkan diri untuk sukses. Foto: pressfoto

Dalam kehidupan ada sebuah istilah yang dinamakan mengontrol diri sendiri. Menjadi seseorang kuat secara mental tidak serta merta harus menaklukan keinginan yang berlebihan.

Buatlah hidup menjadi sedikit lebih mudah dengan memanfaatkan situasi dan kondisi di lingkungan.

Misalnya ada sebuah pencapaian ingin berolahraga di pagi hari. Mulai dengan cara meletakan sepatu di samping tempat tidur pada malam hari. Atau bahkan bisa diawali dengan tidur menggunakan pakaian olahraga.

Dengan cara sederhana tersebut artinya Anda sedang mempersiapkan diri untuk lebih mudah mencapai kesuksesan.

3. Memaklumi rasa tetidaknyamanan

Hal Sederhana Menjaga Kesehatan Mental
Memaklumi rasa ketidaknyamanan. Foto: wayhomestudio

Rasa tidak nyaman dapat membuat seorang mencari jalan pintas yang tidak sehat. Alih-alih melupakan sebuah masalah, justru tindakannya seringkali berdampak buruk dan menciptakan masalah dalam jangka panjang.

Cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan cara berlatih menoleransi rasa ketidaknyamanan dengan mengingatkan diri sendiri tentang dampak yang lebih besar di masa depan.

Semakin memaklumi rasa ketidaknyamanan, semakin pula meningkatkan rasa percaya diri sendiri pada kemampuan kita untuk melakukan hal-hal yang lebih sulit lagi.

Bahkan tanpa kita sadari, saat kita berhasil memaklumi rasa tidak nyaman itu artinya kita telah melewati masa-masa yang sulit.

4. Hentikan pikiran negatif

Hal Sederhana Menjaga Kesehatan Mental
Hentikan pikiran negatif. Foto: wayhomestudio

Mulailah untuk meyakinkan diri sendiri secara realistis namun juga tetap optimis.

Kadang kala, kita tidak dapat menghilangkan semua pikiran negatif atau overthinking.

Setiap orang pasti akan memiliki masa yang sulit dan hari yang buruk. Tetapi dengan menghentikan pikiran negatif dan mengubahnya menjadi harapan yang positif dan lebih realistis.

Hal itu bisa membuat kita tetap tenang dalam menghadapinya dan berpikir dengan jernih dan logis.

5. Seimbangkanlah emosional dengan logika

Hal Sederhana Menjaga Kesehatan Mental
Seimbangkan emosional dan logika. Foto: wayhomestudio

Hal yang penting saat sedang membuat keputusan adalah ketika emosi dan logika berjalan dengan selaras.

Selalu pertimbangkan keseimbangan antara emosi dan logika kita.

Cara untuk menyeimbangkan emosi dan logika adalah tulislah daftar pro dan kontra yang membuat kita sulit mengambil keputusan.

Identifikasi kembali apa yang menyebabkan diri kita menjadi sulit mengambil sebuah langkah. Setelah mempertimbangkannya, mulailah dengan memutuskan sebuah keputusan.

6. Lakukan sesuatu yang disukai

Hal Sederhana Menjaga Kesehatan Mental
Lakukan hal yang disukai. Foto: luis molinero

Kita semua memiliki hobi yang akan kita lakukan sebagai bagian dari semangat menjalani rutinitas sehari-hari.

Oleh karena itu, luangkan waktu setidaknya satu jam untuk menyibukkan diri dengan hobi tersebut.

Hal ini dapat meningkatkan value di dalam diri dan membuat perasaan menjadi lebih nyaman dengan diri sendiri.

7. Gunakan aturan 10 Menit

Hal Sederhana Menjaga Kesehatan Mental
Gunakan aturan 10 menit. Foto: rawpixel

Mental yang sehat tidak secara tiba-tiba datang dan membuat bergairah dan semangat sepanjang waktu.

Akan tetapi, kesehatan mental dapat membantu kita menjadi lebih produktif, bahkan ketika tidak ingin melakukan suatu kegiatan sekalipun.

Kadang kala, dorongan untuk menunda sesuatu begitu besar. Padahal lingkungan disekitar kita butuh dibenahi misalnya sampah yang menumpuk atau cucian yang kotor.

Mulailah dengan pergunakan aturan 10 menit. Saat melihat sesuatu yang harus dibenahi, maka katakanlah pada diri sendiri untuk bergerak hanya 10 menit saja.

Jika pikiran kita masih enggan bahkan melawan tubuh Anda untuk melakukannya selama 10 menit. Artinya kita harus izinkan diri sendiri untuk berhenti.

Terkadang, memulai merupakan bagian yang paling sulit. Cobalah untuk mengambil langkah pertama. Setelah terbiasa, maka akan disadari bahwa melakukannya tidak seburuk yang perkirakan.

Saat kita sedang menghadapi sesuatu hal yang tidak pasti, yang berdampak pada rasa cemas akan masa depan, pekerjaan, dan keuangan.

Maka, luangkanlah waktu untuk membangun kesehatan mental. Sebab, hal itu adalah suatu kebutuhan untuk tetap semangat menjalani kehidupan.

Jika dirasa sulit melakukannya sendiri, tidak ada salahnya carilah bantuan seorang yang profesional jika memang diperlukan.

Sudahkah kita peduli dengan kesehatan mental diri sendiri?

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button