NewsTraveling

6 Tempat Wisata di Maros Bagaikan Surga Tersembunyi di Dunia

Hobring.com – Maros adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Selain terkenal dengan ASEAN Heritage Park. Ternyata tempat wisata di Maros menyimpan banyak panorama alam yang memukau bagaikan yang surga tersembunyi di dunia.

Kabupaten Maros terletak sekitar 30 kilometer dari ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Kota Makassar. Dikelilingi dengan berbagai batuan karst dan kapur membuat Maros memiliki potensi dibidang pertambangan batu kapur dan pasir.

Sebuah taman nasional di Maros yaitu Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung menjadi salah satu Taman Warisan ASEAN atau ASEAN Heritage Park yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup se Asia Tenggara.

Tak hanya Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, ternyata masih ada banyak destinasi tempat wisata di Maros yang wajib Anda kunjungi. Lalu tempat wisata apa saja yang bisa Anda kunjungi saat berada di Maros? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Leang Leang

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh George Timothy (@georgetimothy)

Jika Anda ingin mengetahui tentang peradaban manusia pubrakala, taman wisata Leang Leang di Maros ini wajib sekali untuk Anda kunjungi.


Baca Juga:


Masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Leang Leang adalah tempat prasejarah dengan pegunungan karst yang usianya sudah ribuan tahun.

Dalam bahasa Makassar, leang berarti gua sedangkan liang artinya lubang. Sehingga, ketika Anda berada di Leang Leang Anda akan menemukan batuan karst dan lubang-lubang berbentuk gua.

2. Karst Maros-Pangkep

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh CCSA (@socatisomya)

Masih dalam kawasan yang sama, karst atau batuan gamping yang terdapat di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan salah satu spot terbaik untuk berpetualang ke dalam perut bumi.

Terdapat ratusan gua yang dibentuk sejak zaman prasejarah, ditandai dengan adanya lukisan-lukisan manusia purba dengan gambar seperti hewan babi rusa, telapak tangan bahkan alat serpih bilah dan juta mata panah.

Itu semua dapat Anda temukan dengan mengunjungi Gua Pettae dan Gua Petta Kere yang dianggap sebagai bagian dari peninggalan sejarah oleh dua orang arkeolog asal Belanda di tahun 1950an.

Anda tidak akan pernah menyesal saat mengunjungi tempat yang satu ini. Tak hanya menambah pengetahan Anda, namun bisa merasakan sensasi petualangan yang menakjubkan.

3. Rammang-Rammang

Masih seputar pegunungan karst, salah satu tempat wisata di Maros yang sayang sekali jika Anda lewatkan adalah tempat wisata Rammang-Rammang.

Diketahui bahwa Rammang-Rammang terbentuk sekitar 30 juta tahun yang lalu. Di mana kawasan ini diperkirakan di huni oleh manusia pada 40 ribu tahun lalu.

Tak hanya kaya akan cerita sejarahnya, Rammang-Rammang bagaikan surga tersembunyi yang hanya wajib sekali dilestarikan dan dijaga keasriannya.

Selain menikmati panorama alamnya yang menakjubkan, gugusan pegunungan yang menjulang tinggi bisa jadi ajang swafoto terbaik selama di Kabupaten Maros.

4. Pantai Kuri Maros

Tempat wisata di Maros
Pantai Kuri Maros. Foto: Indonesia.go.id

Pantai Kuri adalah destinasi wisata pantai pasir putih yang menawarkan gugusan batu cantik yang terbentuk secara alami.

Ketika air laut sedang surut, Anda bisa menyusuri pesisir pantai dengan menginjak bebatuan di pinggirnya. Namun Anda harus sangat berhati-hati dikarenakan kondisi bebatuan yang begitu licin.

Jangan lewatkan waktu-waktu terbaik seperti sunrise dan sunset karena Pantai Kuri Maros akan menyuguhkan panorama alam terbaik dan menakjubkan.

5. Air Terjun Lacolla

Surga tersembunyi berikutnya di Kabupaten Maros adalah Air Terjun Lacolla yang terletak di Dusun Malaka, Cenrana Baru, Maros, Sulawesi Selatan.

Tidak hanya pemandangan yang eksotis, Air Terjun Lacolla akan memberikan Anda sensasi ketenangan dari deburan arus dari air terjun. Namun Anda juga akan merasakan kesegaran dari sejuknya Air Terjun Lacolla.

Tempat wisata di Maros yang satu ini wajib banget dikunjungi bagi Anda pemburu spot foto yang instagrammable.

6. Helena Sky Bridge

Jembatan di langit Maros yang paling epik dan surga tersembunyi selanjutnya adalah Helena Sky Bridge.

Jembatan tertinggi yang didirikan sejak tahun 2017 ini berada di kawasan Bantimurung, Bulusaraung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Selain memiliki pemandangan yang menakjubkan tempat wisata di Maros yang satu ini cukup menantang adrenalin terutama bagi Anda yang takut akan ketinggian.

Tapi tenang saja, meski bisa dikatakan tertinggi di Kerajaan Kupu-Kupu Bantimurung tapi Anda tetap akan aman dan menikmati perjalanan yang menyenangkan.

Bagi yang suka berpetualang, inilah saatnya untuk Anda menguji nyali dan keberaniaan Anda dengan petualangan tak terlupakan ke berbagai tempat wisata di Maros, Sulawesi Selatan.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button