NewsLifestyle

6 Teknik Memancing Ikan Bagi Pemula yang Perlu Diketahui

Hobring.com – Memancing ikan adalah sebuah aktivitas untuk menangkap ikan baik di sungai, rawa-rawa maupun di laut.

Bagi sebagian orang mungkin kegiatan ini membosankan. Tapi sebagian lainnya menanggap aktivitas ini menyenangkan.

Memancing ikan bukan hanya sekadar butuh kesabaran tapi juga keahlian lain seperti teknik-teknik tertentu untuk mendapatkan ikan.

Pada dasarnya ada lima metode dasar yang sering digunakan oleh pemancing saat memancing ikan. Metode dasar tersebut di antaranya bait fishing, fly-fishing, bait casting, spinning, dan trolling.

Kelima metode itu umumnya dapat digunakan untuk menangkap ikan di air tawar maupun di air laut. Selain lima metode dasar tersebut ada teknik-teknik lain yang perlu diketahui bagi para pemancing pemula.


Baca Juga: 


Berikut ini adalah teknik memancing ikan bagi para pemula yang jarang diketahui oleh banyak orang. Yuk simak ulasannya.

Casting

teknik memancing
Foto: Freepik/prostooleh

Dalam memancing, casting artinya tindakan melempar umpan dengan cara menjentikkan pancingan dari belakang menuju ke arah air.

Karena praktiknya cukup mudah. Maka teknik ini dapat dilakukan oleh para pemancing termasuk mereka yang baru terjun ke dalam dunia memancing.

Teknik ini kemudian berkembang tidak hanya digunakan untuk memancing ikan saja tapi juga merupakan bagian dari olahraga yang disebut olahraga casting.

Federasi Olahraga Casting Internasional adalah satu-satunya organisasi olahraga terbesar di dunia yang memayungi para atlet casting untuk dapat menyalurkan hobi mereka.

Jigging

teknik memancing
Foto: Freepik

Teknik memancing ikan selanjutnya adalah jigging yakni sebuah praktik memancing ikan dengan jig yakni sejenis umpan pancing.

Jig terdiri dari pemberat timah dengan kail yang dibentuk kedalam dan umumnya ditutuipi oleh penutup yang lembut seperti karet atau silikon agar mudah ditarik oleh ikan.

Kehadiran jig dimaksudkan untuk dapat menciptakan sebuah gerakan vertikal yang tersentak-sentak kemudian berlawanan dengan spinnerbaits yang selanjutnya bergerak melalui air secara horizontal.

Teknik jigging bisa dibilang salah satu teknik yang umumnya digunakan oleh pemula karena teknik ini berbiaya rendah. Tidak memerlukan umpan dan hasil tangkapannya memuaskan.

Namun kekuarangan dari teknik jigging adalah membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Selain harganya relatif mahal bagi orang pada umumnya.

Pemancing pemula tetap membutuhkan pengetahuan yang lebih lagi mengenai teknik yang satu ini. Jadi pastikan Anda paham sebelum mempraktikannya.

Popping

teknik memancing
Foto: Freepik/Alexeyzhilkin

Pop fishing atau popping adalah salah satu teknik memancing yang paling menyenangkan karena dapat pemancing akan dapat melihat ikan yang dekat dengan permukaan air.

Teknik memancing yang satu ini dilakukan dengan cara menyeret umpan yang dikenal sebagai popper untuk melintasi permukaan air dengan melakukan tindakan yang secepat mungkin.

Umpan ini kemudian menyentuh air dan menciptakan suara letupan di permukaan. Tentu saja hal itu bisa mengejutkan ikan didekatnya.

Handling

teknik memancing
Foto: Freepik/Smeilov

Teknik selanjutnya yang umum digunakan oleh para pemula adalah teknik handling. Biasanya teknik ini juga digunakan oleh para nelayan yang bertugas menangkap ikan.

Cara menggunakannya adalah benang pancing yang sudah dipakai pemberat timah dan mata kail yang sudah dipasangkan umpan kemudian diturunkan ke dasar laut secara perlahan-lahan.

Selanjutnya pemancing akan menarik ikan dengan perahu yang melayang-layang di atas permukaan atau yang sering kita kenal dengan nama drifting seperti yang dilansir dari laman Safari Wisata.

Trolling

teknik memancing
Foto: Freepik/LunaMarina

Teknik trolling adalah metode memancing yang umumnya dipakai oleh para pemula di mana umpa ditarik melalui air di belakang perahu yang bergerak.

Biasanya para pemancing mengaplikasikan teknik trolling di lautan lepas dengan harapan agar mendapatkan berbagai macam ikan.

Beberapa teknik yang masing berhubungan trolling adalah shallow trolling, slow trolling, deep trolling, bottom line dan kite trolling.

Fly Fishing

teknik memancing
Foto: Houston Chronicle

Teknik berikutnya yang paling banyak dilakukan oleh para pemancing baik pemula sampai profesional adalah teknik fly-fishing. Teknik ini terbilang cukup sederhana.

Anda hanya butuh melemparkan umpan seperti halnya melakukan teknik casting. Tapi bedanya, Anda menggunakan umpan ringan yang disbeut sebagai lalat buatan.

Karena lalat menyerupai invertebrata alami maka sangat cocok dijadikan umpan ukan atau organisme makan lainnya.Teknik ini dapat dilakukan baik di sungai maupun rawa-rawa.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button