NewsOlahraga

6 Seni Bela Diri Terpopuler di Dunia, ada Pencak Silat Lho..

Hobring.com – Seni bela diri adalah salah satu olahraga yang mengajarkan seseorang untuk melindungi diri dari tindak kekerasan. Namun perlu diingat, Olahraga ini tidak bisa dipelajari sendiri, karena membutuhkan teknik-teknik khusus.

Di dunia banyak sekali ilmu bela diri yang bisa kita pelajari. Dari yang memakai kedua tangan dan kaki sebagai kekuatannya, hingga bela diri yang memakai teknik membanting.

Merangkum dari berbagai sumber, Hobring akan memberikan seni bela diri terpopuler yang ada di alam semesta. Simak selengkapnya di bawah ini;

Pencak Silat

Seni bela diri pertama adalah Pencak Silat. Silat merupakan bela diri tradisional asli Indonesia, dan beladiri silat cukup diminati semua kalangan.

Baca Juga:

Bela diri Silat memiliki dua teknik yakni teknik tendangan dan teknik jatuhan. Selain itu, Silat juga memerlukan konsterasi yang tinggi.

Saat ini sudah banyak perguruan silat yang ada di Indonesia. Setiap perguruan silat memiliki ciri khas tersendiri dalam memberikan teknik dan jurus kepada muridnya.

Karate

karate 2
Sumber foto: Istimewa

Karate merupakan seni beladiri dari China yang kemudian berkembang dan populer di Jepang. Karate sendiri dalam bahasa jepang yaitu ‘Tangan Kosong’.

Gaya karate yang utama dan populer di dunia ada empat yakni, Shotokan, Goju-Ryu, Shito-Ryu dan Wado-Ryu. Ada juga aliran Kyokushin, Shorin-Ryu dan Uechi-Ryu, hanya saja ketiga ini tidak terdaftar di World Karate Federation (WKF).

Teknik dalam beladiri Karate terbagi tiga yaitu, Kihon (teknik dasar), Kata (jurus) dan Kumite (pertandingan).

Taekwondo

taekwondo
Sumber foto: Panitia UPI Challenge

Taekwondo adalah seni bela diri yang sangat populer yang berasal dari Korea. Untuk mempelajari beladiri satu ini, kalian membutuhkan stamina dan konsentrasi yang tinggi.

Dalam beladiri Taekwondo, tingkat kemampuan seseorang akan diukur melalui sabuk. Total ada 6 warna sabuk Taekwondo yaitu, sabuk Putih, sabuk Kuning, sabuk Hijau, sabuk Biru, sabuk Merah dan sabuk Hitam.

Sabuk putih melambangkan seseorang yang masih pemula di beladiri Taekwondo, sementara sabuk Hitam melambangkan akhir, kedalaman, alam semesesta dan kematangan dalam menguasai teknik. Selain itu, sabuk Hitam memiliki tahapan dari 1 hingga 9.

Muay Thai

muay thai
Sumber foto: Istimewa

Seni bela diri asal Thailand ini tertuang dalam film Ong-Bak. Bela diri ini terbilang cukup keras karena harus memiliki fisik dan stamina yang kuat.

Teknik yang dipakai dalam beladiri Muay Thai cukup banyak. Kalian bisa menggunakan pukulan, tendangan, siku dan serangan lutut. Berbeda dengan silat yang hanya menggunakan pukulan dan tendangan.

Ju-jitsu

ju jitsu
Sumber foto: Istimewa

Berbeda dengan Muay Thai yang menggunakan kekerasan untuk melumpuhkan lawan, Ju-jitsu merupakan seni bela diri yang mengandalkan pertahanan dengan kuncian dan bantingan sebagai jurus andalan. Bela diri satu ini berasal dari negeri sakura alias Jepang.

Ju-jitsu kini dinilai bukan sekedar seni beladiri, namun teknik-teknik beladiri satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi wanita seperti mengajarkan teknik jatuh tanpa cedera, melatih konsentrasi, melatih kesabaran dan disiplin diri dan mampu mencegah depresi.

Judo

judo
Sumber foto: Istimewa

Satu lagi seni bela diri dari Jepang yaitu Judo. Judo sendiri merupakan seni bela diri turunan dari Ju-jitsu, namun bedanya pada beladiri satu ini seseorang akan menghindari pukulan dan tendangan, dengan teknik bantingan dan bertahan sebagai fokus utamanya.

Pakaian seragam Judo memiliki beberapa warna sabuk, bisa berwarna putih, coklat, dan hitam, berdasarkan “Dan” (級, derajat) dan “Kyu” (段, tingkat) yang merupakan peringkat anggota yang dapat diubah. Selain itu, warna untuk orang yang lebih muda dan orang yang lebih tua pada dasarnya berbeda.

Berikut rangkuman dari Hobring seputar Seni Bela Diri terpopuler yang ada didunia. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian ya. Nah, kira-kira karakter kalian cocoknya belajar bela diri yang mana nih? jawab di kolom komentar ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button