NewsFood

6 Rekomendasi Makan Siang Sehat yang Mudah dan Hemat!

Hobring.com – Pada siang hari, terkadang konsentrasi Anda mulai terganggu dan perlahan menjadi berkurang karena ada banyak energi yang telah dioptimalkan sejak pagi hari.

Supaya fokus Anda tetap terjaga sampai sore hingga malam hari, maka Anda membutuhkan asupan makan siang sehat yang mudah dan hemat seperti yang dilansir dari laman Healthline.

Berikut ini adalah rekomendasi makan siang Anda yang tentu saja sehat dan terdiri dari bahan-bahan sederhana yang mudah dibuat.

1. Salad Pasta Italia

Makan Siang Sehat yang Mudah dan Hemat
Italian pasta salad. Sumber: freepik

Salad pasta merupakan makanan yang bergizi seimbang dan kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dalam penyajiannya, salad pasta biasa dibuat dengan pasta yang telah matang, kemudian dicampur dengan sayur-sayuran yang segar.


Baca Juga:


Tidak lupa tambahkan daging, taburan keju serta kacang-kacangan untuk membuat pasta semakin nikmat saat dimakan.

Beberapa orang memilih untuk mendinginkan salad pasta dengan cara menyimpannya di lemari es dan kotak makan siang. Namun jika Anda tidak terlalu menyukai cara tersebut, Anda tidak perlu melakukannya.

2. Sup Kacang Miju-miju Slow Cooker

Makan Siang Sehat yang Mudah dan Hemat
Slow cooker lentil soup. Sumber: user14872161

Pada umumnya, masak slow cooker hanya untuk pembuatan MPASI saja. Tapi alat masak yang satu ini ternyata dapat memasak bahan makanan lainnya salah satunya proses pembuatan sup kacang miju-miju atau lentil.

Makanan dengan cara masak slow cooker seperti ‘Dump and go’ adalah pilihan yang tepat karena sangat mudah dibuat untuk makan siang.

Sup kacang miju-miju kaya akan sumber protein dan serat nabati yang dapat membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama.

3. Selai Kacang Pisang Gulung

Makan Siang Sehat yang Mudah dan Hemat
Peanut butter and banana roll-ups. Sumber: oceanspray

Makan siang sehat yang mudah dan hemat berikutnya adalah selai kacang pisang gulung.

Tidak hanya mudah dibuat, makanan yang satu ini juga memiliki rasa yang enak dan menjadi kombinasi kuliner unggulan karena selai kacang pisang gulung sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak.

Pisang bukan hanya buah yang enak, tapi menjadi salah satu sumber makanan kalium terbaik dengan mineral yang berperan aktif pada tekanan darah dalam tubuh.

4. Burrito Ubi Jalar Kacang Hitam

Makan Siang Sehat yang Mudah dan Hemat
Sweet potato black bean. Sumber: mealsheelsandcocktails.com

Burrito adalah salah satu jenis makanan asal Meksiko. Biasanya, burritto dikonsumsi pada pagi hari sebagai sarapan karena dianggap mengenyangkan.

Anda bisa memulai varian baru dari burrito yang mengisinya dengan ubi jalar kacang hitam yang telah dimasak matang.

Selain mudah dibuat, burrito ubi jalar kacang hitam merupakan makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh Anda.

5. Salad Tuna Cranberry

Makan Siang Sehat yang Mudah dan Hemat
Cranberry Tuna Salad. Sumber: foodlandmarket.theindienet.com

Tuna kalengan adalah salah satu bahan yang paling mudah ditemukan dengan harga yang relatif terjangkau.

Selain tuna, cranberry juga salah satu buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang dapat Anda temukan dengan mudah.

Saat Anda mencampurkan tuna dan cranberry menjadi sebuah salad, Anda tidak hanya mendapatkan rasa yang enak, tapi kandungan protein dan lemak yang sehat. Makanan sehat yang satu ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

6. Sayuran Quesadillas

Makan Siang Sehat yang Mudah dan Hemat
Quesadillas. Sumber: miltsova

Bagi masyarakat di Amerika Utara khususnya negara Meksiko, sayuran Quesadillas adalah salah satu resep yang paling mudah dibuat.

Makanan sehat yang satu ini berisi keju cair yang berada di dalam tortilla jagung ataupun tortilla tepung terigu.

Jika Anda mengonsumsi makanan ini, bisa dipastikan Anda akan kenyang lebih lama dan bisa menjadi lebih konsentrasi serta fokus menghadapi siang hari ini.

Nah itulah rekomendasi makan siang sehat yang mudah dan hemat. Jangan sampai ada alasan lagi fokus Anda terganggu karena asupan makanan Anda kurang tepat, ya.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button