NewsTraveling

6 Rekomendasi Curug di Jawa Barat

Inilah daftar curug di Jawa Barat yang wajib dikunjungi

Hobring.com – Curug dalam bahasa Sunda artinya air terjun. Biasanya air terjun terbentuk akibat proses pengikisan air terhadap lapisan soft rock di area badan sungai.

Karena setiap wilayah memiliki kontur yang berbeda-beda. Maka tak heran kalau setiap air terjun memiliki tingkat ketinggian yang tidak seragam.

Sebagian curuh memiliki tingkat ketinggian hanya beberapa meter. Namun ada juga yang memiliki tinggi puluhan meter.

Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai aneka ragam curug indah dan menakjubkan.

Tak hanya berhasil memikat wisatawan domestik. Curug di Jawa Barat juga membuat para pelancong dari mancanegara ikutan tertarik.


Baca Juga:


Nah bagi Anda yang suka berpetualang, tak ada salahnya untuk mulai menjelajahi curug-curug tersembunyi di Jawa Barat.

Selain terjamin keasriannya, Anda bisa merasakan sensasi petualangan yang sesungguhnya serta jauh dari ramainya wisatawan.

Berikut ini adalah enam rekomendasi curug tersembunyi di Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi. Penasaran? Yuk simak ulasannya.

Curug Cihanyawar

curug di jawa barat
Foto: Instagram/aic_alaric88

Curug Cihanyawar adalah salah satu surga tersembungi yang berada di Desa Sukamurni, Cilawu, Garut, Jawa Barat.

Berada 17 km dari Kota Garut, Curug Cihanyawar menawarkan keindahan air terjun, hutan pinus yang memesona dan perkebunan yang menakjubkan.

Selain itu, Curug Cihanyawar memiliki ketinggan 16 meter dengan titik awal 1.000 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan informasi dari Visit Garut bahwa Curug Cihanyawar memiliki aliran air yang berasal dari Gunung Cipadaruun yakni sebuah mata air yang berasa dari Cikuray.

Adapun cara untuk menuju lokasi Curug Cihanywar adalah menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kemudian Anda akan sedikit melakukan trekking untuk sampai ke lokasi yang Anda tuju.

Tenang saja, Anda pasti tidak akan bosan selama perjalanan menuju Curug Cihanywar. Selain pemandangan yang asri, Anda akan menikmati udara yang sejuk sepanjang perjalanan.

Curug Cihonje

curug di jawa barat
Foto: Wisata Lengkap

Curug tersembunti berikutnya adalah Curug Cihonje yang berada di pegunungan Margawati, Desa Cimarga, Cisitu, Sumedang, Jawa Barat.

Menurut informasi dari website resmi Kabupaten Sumedang bahwa Curug Cihonje memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan air yang jernih dan pemandangan yang asri.

Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat untuk sampai ke Desa Cimarga. Kemudian Anda harus berjalan sekitar 1,5 km melalui jalan setapak yang telah disediakan.

Curug Cihonje terkenal dengan suasana alamnya yang indah dan permai bagi warga lokal dan masyarakat setempat. Jadi saat Anda berkunjung pastikan Anda menjaga kebersihannya, ya.

Curug Koja

curug di jawa barat
Foto: Instagram/asephusen0673

Curug Koja merupakan salah satu wisata air terjun di Tasikmalaya yang belum banyak dieksplor oleh para pelancong dan masih sangat terjaga keasriannya.

Terletak di Desa Linggalaksana, Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat, curug yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu surga tersembunyinya provinsi Jawa Barat.

Memiliki ketinggian sekitar 40 meter, Curug Koja berdiri sebagai tebing batu kapur dengan airnya yang sangat jernih dan bersih.

Untuk menjangkaunya, Anda perlu melakukan trekking sekitar 900 meter. Selain itu, selama perjalanan Anda akan disuguhi pepohonan di samping kanan dan kiri Anda.

Jangan khawatir, perjalanan tidak terlalu melelahkan. Setibanya di Curug Koja, Anda akan disambut dengan deburan air yang jatuh bersamaan dengan udara yang sejuk dan dingin.

Alternatif lain untuk menikmati Curug Koja adalah dengan cara melakukan climbing. Pastikan Anda sudah profesional di bidang ini ya. Karena selain memacu adrenalin, olahraga ini juga membutuhkan keahlian dan kemahiran.

Curug Siliwangi

curug di jawa barat
Foto: Instagram/gilangrachmanp

Gunung Puntang adalah salah satu gunung yang terkenal bagi warga Kabupaten Bandung dan sekitarnya. Tak jauh dari gunung tersebut terdapat sebuah curug yang dinamakan Curug Siliwangi.

Kabarnya, Curug Siliwangi ini ada hubungan dengan Prabu Siliwangi. Terlepas dari sejarah tersebut, Curug Siliwangi merupakan salah satu surga tersembunyi yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pesona alam Curug Siliwangi bukanlah tebing yang curam namun perbukitan yang hijau dan asri bila dipandang. Tak heran, banyak pegiat alam bebas yang sangat tertarik untuk ke curug yang satu ini.

Curug Siliwangi sendiri berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan dan tingkat ketinggian air dari atas sampai bawah sekitar 150 meter.

Karena Curug Siliwangi berada di area Gunung Puntang maka Anda harus siap menghadapi medan yang menantang misalnya melewati hutan dengan ditemani pemandangan yang menakjubkan.

Curug Sawer

curug di jawa barat
Foto: Instagram/ imanarman24

Sawer dalam bahasa Sunda merupakan meminta uang kepada penonton atau penonton memberikan uang kepada yang meminta. Budaya nyawer biasanya lumrah dilakukan pada acara pernikahan atau lainnya.

Nah kalau sawer itu adalah kebudayaan dari masyarakat Sunda. Kali ini sawernya berkaitan dengan wisata alam yaitu Curug Sawer.

Surga tersembunyi ini berada di Argamukti, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Curug Sawer sendiri bisa dibilang cukup terkenal terutama bagi masyarakat Majalengka dan sekitarnya.

Curug Sawer berada diketinggian sekitar 900-1300 meter di atas permukaan laut. Lelah Anda akan terbayarkan setibanya berada di Curug Sawer karena airnya yang begitu dingin dan udaranya yang sangat sejuk.

Ada lima curug yang bisa Anda temukan di Curug Sawer. Tentunya setiap curug memiliki keindahan alamnya masing-masing dan menakjubkan.

Karena warga setempat sangat menjaga keindahan dan keasrian alam, maka bagi Anda yang hendak mengunjungi Curug Sawer diharapkan melakukan hal yang sama dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak alam.

Curug Gentong

curug di jawa barat
Foto: Instagram/phensopian

Surga tersembunyi selanjutnya dan tak banyak orang yang mengetahuinya adalah Curug Gentong yang berada di Sukabumi, Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya, Curug Gentong sekilas sangat mirip dengan gentong yang memiliki tiga tingkatan undakan yang berbeda-beda.

Curug Gentong sendiri memiliki kolam-kolam yang terbentuk secara alamiah untuk menapung air yang mengalir dari hulu ke hilir.

Kurang lebih ada lima kolam di Curug Genting dengan daya tapung air dan kedalaman yang berbeda-beda mulai dari 2 sampai 8 meter. Jadi sebelum Anda mandi di kolam tersebut, pastikan Anda mengetahui kedalaman kolam ya.

Sementara akses menuju Curug Gentong sudah tidak terlalu sulit. Sehingga, ketika Anda sedang di Kabupaten Sukabumi tidak ada salahnya untuk mampir dan menikmati serunya bermain di Curug Gentong.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button