NewsOlahraga

6 Olahraga Ekstrem yang Memacu Adrenalin

Hobring.com – Olahraga ekstrem berbeda dengan olahraga yang sering dilakukan banyak orang seperti Badminton, Sepak bola dan Basket. Aktivitas olahraga ekstrem biasanya sangat melekat dengan tingkat bahaya yang tinggi.

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata mulai dari gunung, laut, tebing tinggi dan sungai yang curam yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan olahraga ekstrem. Setiap objek wisata tersebut memiliki tingkat kesulitan tersendiri yang bisa memacu adrenalin dan juga menambah pengalam baru.

Berikut ini Hobring akan berikan rekomendasi olahraga ekstrem yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Simak selengkapnya di bawah ini;

1. Naik Gunung

mendaki gunung
Sumber foto: Istimewa

Mendaki Gunung membutuhkan fisik dan mental yang kuat. Pasalnya, untuk mencapai puncak Gunung kalian harus melewati berbagai macam rintangan dan cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah.

Oleh karenanya, sebelum mendaki Gunung, kalian disarankan melakukan olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda, dan kalau bisa pilihlah medan yang menanjak. Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan stamina tubuh agar dapat melakukan pendakian yang membutuhkan waktu berjam-jam.

Kalian juga harus mempersiapkan makanan dan minuman yang cukup, obat-obatan dan perlengkapan yang akan digunakan seperti pakaian ganti, tenda, kompas, dan plastik sampah.

2. Menyelam

diving
(dok Foto. Be Borneo Tour)

Indonesia terkenal dengan negara yang di kelilingi lautan lepas dengan garis pantai yang panjang. Hal itu membuat Indonesia memiliki keindahan laut yang luar biasa dan pantai yang sangat mempesona.

Nah, untuk menikmati keindahan bawah laut kalian harus melakukan olahraga ekstrem menyelam atau Diving. Namun, untuk bisa melakukan olahraga satu ini, kalian harus memiliki sertifikat menyelam.

Berikut beberapa tempat diving terbaik di Indonesia yang sudah diakui dunia yakni, Pulau Weh (Aceh), Kepulauan Raja Empat (Papua Barat), Pulau Dewata (Bali), Kepulauan Alor (NTT) dan Halmahera Utara (Maluku Utara).

3. Panjat Tebing

panjat tebing 3
Sumber foto: UGM

Panjat tebing termasuk salah satu olahraga yang memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi. Untuk melakukan olahraga satu ini, kalian akan dibantu dengan sebuah tali dan alat bantu panjat tebing lainnya.

Meski terlihat mudah, namun olahraga ini nyatanya membutuhkan fisik yang kuat dan teknik-teknik tertentu agar dapat sampai ke puncak tebing. Kesalahan kecil bisa membuat anda terpeleset dan harus mengulang kembali dari bawah.

Merangkum dari berbagai sumber, Gunung Parang, Tebing Uluwatu Bali, Tebing Sepikul, Tebing Ciampea adalah  obyek wisata Panjat Tebing yang bisa kalian coba.

4. Paralayang

Bagi kalian yang menyukai ketinggian, Paralayang sangat cocok untuk dicoba. Olahraga ekstrem satu ini merupakan olahraga terjun bebas dari lereng bukit dengan menggunakan parasut dan memanfaatkan hembusan angin.

Keberanian kalian akan diuji saat terbang tinggi di atas tanpa bantuan mesin sekalipun. Oleh karenanya kalian membutuhkan fokus yang tinggi untuk menggerakkan parasut agar stabil dan jatuh di tempat yang sudah ditentukan.

5. Arung Jeram

arungjeram
Sumber foto: Istimewa

Bagi kalian yang ini berolahraga di air tapi malas pergi ke laut atau pantai, Arung Jeram bisa menjadi pilihan yang tepat. Olahraga satu ini cukup menantang adrenalin dengan memanfaatkan aliran sungai yang deras.

Orang-orang yang berada di dalam perahu akan mendapatkan sensasi yang luar biasa, bahkan beberapa orang yang tidak mampu menjaga kestabilannya bisa terhempas di sungai.

Berikut beberapa lokasi Arung Jeram terbaik yang ada di Indonesia antara lain;

  • Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
  • Sungai Alas, Aceh
  • Sungai Ayung, Bali
  • Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat
  • Green Canyon, Pangandaran, Jawa Barat

6. Selancar

surfing 2
Sumber foto: Pinterest

Salah satu olahraga ekstrem lainnya yang populer di Indonesia yait Selancar atau Surfing. Olahraga satu ini dilakukan di laut menggunakan sebilah papan dan tambahan tali dengan memanfaatkan ombak tinggi.

Indonesia sendiri mempunyai banyak sekali obyek wisata laut yang memiliki ombak tinggi dan cocok untuk melakukan aktivitas selancar. Maka tak heran jika banyak turis mancenegara berbondong datang ke Indonesia untuk melakukan surfing.

Berikut beberapa pantai di Indonesia yang biasa dijadikan tempat berselancar;

  • Kepulauan Hinako, Sumatera Utara
  • Dylan’s Right, Aceh
  • Kepulauan Nias, Sumetera Utara
  • Ombak Tujuh, Sukabumi, Jawa Barat
  • Sumba, Nusa Tenggara Timur
  • Sungai Kampar, Riau

Kalian yang sudah mulai bosan dengan olahraga yang itu-itu aja, sesekali boleh mencoba olahraga ekstrem diatas untuk memacu adrenalin. Meski terbilang ekstrem, olahraga ini tetap memiliki manfaat untuk kesehatan lho.

Nah, sekian rangkuman dari Hobring seputar olahraga ekstrem yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Gimana, berani coba?

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button