TravelingNews

6 Destinasi Wisata Yang Wajib Didatangi Saat Berlibur di Solo

Saat diri merasa penat dengan aktivitas sehari-hari maka yang dapat dilakukan adalah dengan istirahat atau berlibur dari aktivitas tersebut.

Meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19 kamu dapat mengagendakannya saat pandemi selesai atau berwisata dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dan untuk kamu yang berdomisili di Pulau Jawa salah satu kota yang cocok sebagai destinasi wisata adalah Solo. Daerah yang berada di Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat yang dapat mengusir penat kamu.

Inilah enam tempat yang dapat kamu kunjungi di Solo:

Keraton

Di Keraton Solo ini, kalian dapat menyaksikan pertunjukan seni yang disajikan, seperti gamelan dan pertunjukan tari. Selain itu kamu juga dapat memasuki museum yang berada di Keraton ini, dan kamu dapat menyaksikan berbagai koleksi barang kerjaan, yaitu senjata kuno, patung dan kereta kencana.

Perlu diketahui, meski terbuka untuk umum para pelancong tidak boleh memasuki kediaman Raja Pakubuwono. Batas yang diperbolehkan untuk wisatawan hanya sampai pendopo besar di dalam Sasana Sewaka.

Kampoeng Batik Laweyan

Kampoeng Batik Laweyan adalah salah satu center batik di Kota Solo. Daerah ini pun sering kali menjadi sasaran para pelancong dan dicap menjadi salah satu ikon Solo. Pasalnya Kampung Batik ini sudah ada sejak abad ke-19 lho guys, gokil.

Tidak hanya dapat membeli ‘buah tangan’ berupa batik saja. Di sini kamu juga dapat melihat atau mengikuti pelatihan membatik. Namun tidak ada hanya itu saja, bangunan dengan nuansa klasik bak zaman dahulu sering kali menjadi spot foto untuk kaum milenial.

Pasar Klewer

Tidak hanya ada Kampoeng Batik, di Solo juga terdapat pasar tekstil, yaitu Pasar Klewer. Pasar Klewer sendiri menyandang gelar sebagai pasar tekstil terbesar di daerah Jawa Tengah.

Dikabarkan ada lebih dari 2.000 kios di pasar ini, dan kamu diklaim dapat membeli tekstil dari Pasar Klewer dengan harga murah.

Pasar Triwindu

Masih tentang dunia belanja, kali ini sasaran selanjutnya adalah Pasar Triwindu. Namun tampaknya tidak semua orang menjadikan tempat ini sebagai pelepas penat mereka. Sebab Pasar Triwindu sendiri adalah pasar yang menjual berbagai macam benda antik.

Meski tidak semua orang Indonesia gemar berburu barang lawas, namun nama Pasar Triwindu sudah terdengar hingga mancanegara sebagai pusat belanja barang vintage.

Grojogan Sewu

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung suatu daerah namun tidak menikmati kekayaan alam yang dimilikinya. Maka kali ini adalah Grojogan Sewu atau seribu air terjun. Grojogan Sewu sendiri merupakan destinasi wisata Solo yang berada di Lereng Gunung Lawu.

Di tempat ini selain dapat menikmati view air terjun, kamu juga dapat menikmati flying fox, mini rafting, dan makanan khas Grojogan Sewu, yakni sate kelinci.

Sebagai informasi tambahan, bila kamu ingin datang ke Grojogan Sewu pastikan kamu selalu menjaga barang bawaan kamu. Sebab di tempat ini banyak kera liar.

Candi Cetho

Masih dengan suasana outdoor, the least but not the last, terdapat Candi Cetho. Candi Hindu ini berada di Kabupaten Karanganyar dan berada di ketinggian 1496 MDPL.

Dan untuk sampai ke Candi Cetho kalian harus melewati kebun teh terlebih dahulu, meski demikian pemandangan sepanjang jalan menuju Candi Cetho dapat dikatakan pemandangan top.

Para pelancong yang berkunjung ke Candi Cetho sendiri sering menjadikan candi ini sebagai background agar lebih instagramable untuk diunggah di Instagram.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button