NewsOlahraga

5 Trik Dasar BMX yang Harus di Kuasai Pemula

Hobring.com – Bersepeda BMX berbeda dengan olahraga sepeda pada umumnya seperti Road Bike, Mountain Bike maupun City Bike. Sepeda BMX dikategorikan sebagai olahraga ekstrem karena seseorang harus mengusai trik-trik mudah hingga trik yang sulit.

Bicycle motorcross atau yang biasa di sebut BMX merupakan olahraga sepeda yang memacu adrenalin dengan berbagai macam gaya akrobatiknya. Olahraga satu ini cukup diminati khususnya di kalangan para anak muda.

Dalam bermain BMX, terdapat beberapa trik-trik yang bisa kalian lakukan.  Nah, kali ini Hobring akan merangkum trik-trik dasar BMX yang kalian harus kuasai. Simak selengkapnya di bawah ini;

Baca Juga:

Wheelie

wheelie
Sumber foto: Istimewa

Teknik dasar pertama yang harus kalian pelajari adalah Wheelie. Wheelie merupakan teknik dimana seseorang mengangkat stang BMX sampai roda depannya tidak menyentuh tanah dan sepeda tetap berjalan dengan satu roda.

Caranya mudah kok, kalian cukup letakkan kedua kaki ke pijakan belakang (back peg), kemudian angkat stang sepeda lalu gerakkan sepeda dengan roda belakang.

Manual

manual bmx2
Sumber foto: Istimewa

Hampir sama dengan Wheelie, bedanya Trik Manual mengangkat sedikit ban depan lalu tetap menggerakkannya menggunakan pedal dengan jarak yang lebih jauh.

Cara trik satu ini meletakkan salah satu kaki ke peg belakang, dan satu kaki lainnya berada di pedal, kemudian seimbangkan sepeda dengan pedal sambil mengayuhnya.

Nose Manual

nose manual bmx
Sumber foto: Woozy BMX

Trik satu ini kebalikan dari trik Manual, dimana yang di angkat adalah ban belakang sepeda. Meski terlihat mudah, kalian tetap harus berhati-hati dalam mempraktekan trik satu ini.

Caranya pun sama, satu kaki kalian letakkan di peg bagian depan, sementara satu kaki lainnya letakkan di pedal sepeda, kemudian gerakkan sepeda dengan menggunakan roda bagian depan.

Bunny Hop

bunny hop bmx
Sumber foto: Istimewa

Trik keempat yang harus kalian kuasai adalah trik Bunny Hop. Bunny Hop merupakan trik BMX dimana kalian harus mengangkat sepeda kalian setinggi mungkin kemudian mendarat dengan sempurna.

Ketika ingin melakukan trik satu ini, kedua tangan dan kaki kalian harus selaras untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk melompat. Oleh karenanya trik Bunny Hop membutuhkan sedikit tenaga dan tingkat konsentrasi yang tinggi.

Trik Bunny Hop memang sedikit lebih sulit ketimbang tiga trik sebelumnya. Maka dari itu kalian disarankan untuk terus berlatih agar semakin cepat menguasai trik satu ini.

Endo

endo bmx
Sumber foto: Istimewa

Endo merupakan trik dasar sulit lainnya setelah Bunny Hoop. Kalian disarankan memakai perangkat keamanan seperti helm dan decker sebelum melakukan trik ini.

Untuk melakukan trik Endo, sepeda harus dalam keadaan berjalan kemudian letakkan satu kaki di peg depan dan kaki lainnya berada di pedal sepeda. Lalu tekan rem dan gerakkan tubuh condong ke depan hingga roda belakang terangkat dan posisi sepeda sedikit tegak.

Di ibu kota Jakarta sendiri ada beberapa tempat khusus bermain sepeda BMX. Disana kalian bisa melakukan berbagai macam trik-trik tanpa ada gangguan dari kendaraan lain.

Nah, sekian informasi dari Hobring seputar trik-trik dasar dalam bermain sepeda BMX yang wajib kalian pelajari. Buat kalian yang baru ingin mencoba, tentukan dulu sepeda BMX yang cocok dengan postur tubuh anda. Selamat mencoba, ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button