Lifestyle

5 Tips Hadapi Work From Home Untuk Anda yang Baru Menjalaninya

Hobring.com – Kehadiran pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak kepada kesehatan saja. Namun juga berpengaruh kepada kebijakan yang diberlakukan oleh beberapa perusahaan misalnya work from home atau bekerja dari rumah.

Menjalani work from home tentu bukan hal yang mudah tetapi bukan berarti sulit untuk menghadapinya. Dengan upaya yang tepat, Anda tetap akan bisa produktif sambil menjalani work from home seperti yang dilansir dari healthline.com. Ini dia tips menghadapi work from home bagi Anda yang baru saja menjalaninya.

1. Menentukan ruang kerja yang nyaman

Bekerja dari rumah tentu sangat berbeda dengan bekerja dari kantor. Anda perlu menyesuaikan diri untuk bisa membuat diri Anda menjadi lebih nyaman.

Carilah ruangan atau tempat yang dapat membuat Anda menjadi lebih fokus. Jauhi ruangan yang membuat Anda menjadi kurang produktif. Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan Anda, istirahatlah sejenak dan nikmati waktu berkualitas bersama keluarga atau teman Anda.

2. Bergeraklah

Terkadang bekerja membuat Anda terlalu fokus dan cenderung membatasi ruang gerak Anda. Sesekali Anda perlu bergerak untuk merenggangkan otot-otot Anda yang tegang dan kaku selama bekerja.

Berpindah tempat atau posisi Anda saat bekerja dari rumah artinya memberikan diri Anda untuk mencari ruang kerja yang nyaman. Anda perlu kenyamanan saat bekerja dari rumah karena itu membantu Anda untuk menjadi lebih produktif lagi.

3. Lakukan ‘Me Time’ sebelum WFH

Kadang kala saat melakukan work from home, banyak orang yang lupa tentang cara melakukan ‘me time’. Nyatanya, meluangkan waktu untuk menjalani rutinitas pagi seperti biasanya dapat membuat suasana hati Anda menjadi membaik.

Tidak hanya itu saja, ‘me time’ juga dinilai dapat membantu Anda mengembalikan mood agar lebih baik. Melakukan ritual ‘me time’ sebelum melakukan work from home membuat Anda siap menyambut hari itu dengan suasana hati yang gembira.

4. Menuliskan agenda

Bekerja dari rumah juga memerlukan agenda yang teratur. Mulailah dengan membuat jadwal harian yang terencana dengan baik agar work from home Anda menjadi lebih menyenangkan.

Anda dapat membuat jadwal ke dalam bentuk digital atau mencatat jadwal agenda Anda dengan menggunakan pena dan kertas. Lalu tempelkan ke tempat yang mudah terlihat. Hadirkan daftar tugas yang terperinci dan tersusun rapih berdasarkan skala prioritas.

5. Pilihlah makanan yang sehat

Meskipun bekerja dari rumah, bukan berarti Anda makan sembarangan ya. Pilihlah makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Anda agar tetap fokus menyelesaikan pekerjaan Anda dari rumah.

Jangan sampai bekerja dari rumah membuat Anda makan sembarangan bahkan sampai lupa mengonsumsi makanan yang sehat. Ketika Anda bekerja dari rumah, sudah sepatutnya Anda lebih banyak makan makanan yang dapat menunjang kesehatan Anda.

Nah itu dia tips menghadapi work from home bagi Anda yang baru saja memulainya di hari ini. Tetap jaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button