NewsOlahraga

5 Tips Bersepeda Agar Aman dan Nyaman di Jalan Raya

Hobring.com – Tren bersepeda masih digandrungi masyarakat kota-kota besar di Indonesia, salah satunya Jakarta. Namun, tahukah kalian cara bersepeda yang nyaman dan tetap aman? simak selengkapnya di bawah ini, ya.

Saat ini bersepeda menjadi olahraga pilihan masyarakat untuk menghilangkan rasa bosan di masa pandemi covid-19. Biasanya mereka bersepeda mulai dari jarak dekat seperti memutar sekitaran rumah hingga jarak jauh yang harus melintasi jalan raya.

Olahraga tersebut mereka lakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Dimana menjaga kesehatan tubuh merupakan kunci utama agar terhindar dari virus covid-19. Namun tetap diingat, kalian juga harus menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sepeda yang dipakai masyarakat pun beragam seperti Road Bike, Moutain Bike, Sepeda Lipat, Commuter Bike dan Sepeda Custom. Soal mau gunakan sepeda jenis apa, semua itu tergantung selera, kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Baca Juga:

Dan ternyata, mengendarai sepeda itu tidak bisa sembarangan lho, kalian harus memperhatikan sepeda yang digunakan dan rambu lalu lintas agar tetap nyaman dan aman.

Kali ini Hobring merangkum 5 tips cara bersepeda yang nyaman dan aman saat melintasi jalan raya. Berikut daftarnya;

1. Pilih jenis sepeda yang sesuai

sepeda lipat
dok. Foto: noDokter

Tips pertama yaitu pilihlah jenis sepeda yang sesuai dengan postur tubuh dan kebutuhan kalian. Kenapa? supaya kalian bisa mendapatkan kenyamanan saat menaikinya.

Sebagaimana diketahui, di Indonesia banyak sekali jenis sepeda mulai dari Road Bike, Moutain Bike, Sepeda Lipat dll. So, tentukan kalian mau bersepeda dimana? jalan raya atau jalan off-road seperti gunung?

2. Gunakan aksesoris keselamatan

helm sepeda
dok. Foto: Pinterest

Bukan hanya soal menggowes saja, namun ada beberapa aksesoris penting yang harus kalian pakai saat bersepeda untuk keselamatan diri.

Gunakanlah helm sepeda setiap kalian ingin melakukan perjalanan, selain itu kalian juga di anjurkan untuk memakai pelindung lutut dan siku sebagai langkah antisipasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diingkan.

Menggunakan sarung tangan dan kacamata juga sama pentingnya seperti aksesoris sebelumnya. Dan jangan lupa lengkapi sepeda kalian dengan lampu, terutama bagi kalian yang suka bersepeda di malam hari.

3. Cek kondisi sepeda sebelum dipakai

rantai sepeda
dok. Foto: Pinterest

Setelah memakai aksesoris keselamatan, kalian wajib memeriksa kondisi sepeda secara menyeluruh. Mulai dari tekanan angin, ketinggian sadel, rantai sepeda, pedal dan rem.

Kalian harus pastikan semuanya itu sudah dalam kondisi terbaik dan sepeda siap di gowes. Apabila ada bagian yang rusak, bergegaslah ke bengkel terdekat untuk dibetulkan.

4. Patuhi rambu lalu lintas

rambu lalu lintas
dok. Foto: Suara

Ketika bersepeda bukan berarti tidak ada aturan yang harus dipatuhi. Sama halnya dengan kendaraan roda dua atau roda empat, ada beberapa rambu lalu lintas yang harus wajib kalian patuhi.

Tentu saja, rambu tersebut untuk kepentingan dan keamanan semua kendaraan yang melintas di jalan raya. So, jangan sekali-kali melanggar rambu lalu lintas, ya!

5. Tetap jaga jarak dan hindari kerumunan

kerumunan
dok Foto: JawaPos

Di masa pandemi seperti saat ini, kalian bukan tidak boleh bersepeda bersama-sama dengan keluarga atau teman. Hanya saja kalian harus menjaga jaga agar tidak terlalu dekat sehingga protokol kesehatan tetap bisa dipatuhi.

Selain untuk menghindari penularan virus covid-19, menjaga jarak dengan kendaraan lainnya juga untuk mengantisipasi terjadinya crash, karena masih ada jarak untuk melakukan rem atau menghentikan laju sepeda.

Dan ingat, bersepeda juga membutuhkan konsentrasi tinggi atau fokus supaya tidak membahakan diri sendiri ataupun pengguna jalan lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button