NewsTraveling

5 Tempat Wisata di Kathmandu yang Paling Instagrammable!

Hobring.com – Kathmandu adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Nepal. Dikelilingi oleh deretan pegunungan tinggi, tempat wisata di Kathmandu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang ingin mengunjunginya.

Sebagai kota terbesar di Nepal, Kathmandu mempunyai populasi penduduk yang lebih banyak dari kota-kota lainnya. Oleh karena itu, Kathmandu juga merupakan kota metropolis terbesar di wilayah Pegunungan Himalaya.

Selain popular dengan wisata alamnya yang menakjubkan. Kota Kathmandu juga memiliki destinasi wisata instagrammable dan sayang sekali jika dilewatkan.

Berikut ini Hobring.com rangkum untuk Anda lima tempat wisata di Kathmandu yang paling instagrammable.

1. Durbar Square

Saat berkunjung ke Kathmandu, tempat yang paling instagrammable dan kaya akan sejarah dari negara Nepal adalah Durbar Square atau Alun-alun Durbar.


Baca Juga:


Durbar Square dikelilingi dengan arsitektur bangunan yang menakjubkan dan secara jelas menunjukkan sebuah keahlian dari para seniman dan pengrajin Newar selama beberapa abad.

Ada sebuah istana kerajaan yang semula berada di alun-alun Dattaraya kemudian dipindahkan ke alun-alun Durbar. Sehingga, tempat tersebut lebih terlihat seperti komplek istana kerajaan.

Sebagai bagian dari situs bersejarah paling penting di negara Nepal, maka UNESCO menetapkan Durbar Square sebagai situs warisan budaya dunia.

Pada tahun 2015, Nepal menghadapi bencana alam gempa bumi yang menyebabkan sebagian bangunan di Durbar Square mengalami kerusakan.

Meski demikian, Durbar Square masih tetap layak dijadikan destinasi wisata yang paling instagrammable untuk dikunjung.

2. Itum Bahal

Nepal terkenal dengan banyaknya kuil dan bangunan bersejarah lainnya. Salah satu kuil yang terkenal adalah Itum Bahal.

Bagi penganut kepercayaan Buddha, Itum Bahal merupakan tempat yang suci dan sakral untuk kegiatan keagamaan.

Itum Bahal terletak di kota tua Kathmandu yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Durbar Square.

Dibangun sejak abad ke 13, Itum Bahal diakui sebagai komplek kuil terbesar di kota Kathmandu. Bahkan diperkirakan komplek utama Itum Bahal adalah komplek terbesar di Kota Kathmandu.

3. Langtang National Park

Tempat wisata di Kathmandu yang paling instagrammable berikutnya adalah Taman Nasional Langtang atau Langtang National Park.

Didirikan pada tahun 1976 sebagai taman nasional pertama dan kawasan hutan lindung di Nepal. Langtang National Park berada diketinggian 6.450 Mdpl yang mencakup area seluas 660 mil persegi yang melewati Distrik Nuwakot, Rasuwa dan Sindhulpalchok.

Salah satu tempat menarik di taman nasional ini adalah Danau Gosainkunda yang berada pada ketinggian 4.300 Mdpl.

Selain memiliki pemandangan yang memesona, Langtang National Park juga mempunyai keanekaragaman vegetasi dan berbagai ekosistem yang masih terjaga kelestariannya.

4. Garden of Dreams

Tempat Wisata di Kathmandu
Garden of Dreams Kathmandu. Sumber: Lonely Planet

Taman impian adalah tempat paling instagrammable selanjutnya yang terletak di Kaisar Mahal yaitu istana Marsekal Kaiser Rana di Kathmandu dan bagian dari kawasan wisata Thamel.

Garden of Dreams dibangun pada tahun 1920 yang dirancang oleh Kishore Narshingh. Pada masa itu, Taman Impian dianggap sebagai taman yang sangat modern karena didesain dengan arsitektur yang canggih.

Taman ini menjadi popular di masanya sebagai Taman Enam Musim yang dibuat untuk Marsekal Kaiser Sumsher Jang Bahadur Rana pada tahun 1892 sampai 1964.

Beberapa kali Garden of Dreams mengalami pemugaran akibat kerusakan entah karena faktor alam dan lain sebagainya.

5. Hanuman Dhoka

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh A S H E E M (@asheemfotography)

Apa yang Anda pikirkan pertama kali saat mendengar kata Hanuman? Kalau di Indonesia Hanuman layaknya seorang kera bertubuh manusia, bukan?

Karena Indonesia memiliki kaitan erat kepercayaan Buddha, maka istilah Hanuman bukan hanya ada di tanah air saja tetapi juga ada di negara Nepal.

Sebuah bangunan kompleks bersejarah didirikan pada periode Dinasti Licchavi pada abad ke-4 hingga ke-8 Masehi.

Kemudian, kompleks tersebut diperluas secara signifikan oleh Raja Pratap Malla pada abad ke-17 yang kini dikenal dengan nama Hanuman Dhoka.

Jika dahulu Hanuman Dhoka adalah istana kerajaan, kini bangunan tersebut dijadikan sebagai museum yang kaya akan cerita sejarah di dalamnya.

Hanuman dalam bahasa sanskerta artinya dewa kera. Ia adalah salah satu dewa dalam kepercayaan agama Hindu yang juga tokoh protagonis dalam kisah Ramayana.

Sementara Dhoka artinya adalah pintu masuk. Saat Anda memasuki Hunuman Dhoka, Anda akan menemukan sebuah patung Hanuman yang dianggap sebagai bagian yang menjaga istana.

Selain itu ada beberapa tempat dan bangunan yang bisa Anda kunjungi saat berada di kawasan Hanuman Dhoka seperti Nasal Chok, Mul Chok, Mohan Chok dan beberapa museum lainnya.

 

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button