News

5 Tanaman Hias yang Mudah di Rawat, Cocok Bagi Pemula

Hobring.com – Beraktifitas kini tidak perlu keluar rumah, kalian bisa melakukannya di dalam rumah. Apalagi disaat situasi seperti sekarang ini, keluar rumah tanpa ada kepentingan sangat tidak dianjurkan.

Salah satu aktifitas yang bisa kalian lakukan didalam rumah ialah berkebun. Kegiatan satu ini akan mengurangi rasa bosan anda ketika berdiam diri dirumah. Bahkan, berkebun dinilai memiliki banyak manfaat yaitu, melatih fokus, sabar dan membakar kalori.

Sebagaimana diketahui, ketika memulai berkebun, kalian harus menggali tanah, memotong bunga atau tanaman, memberikan pupuk dan tak ketinggalan untuk menyiramnya. Semua ini tentu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, untuk memastikan tanaman akan bertumbuh sempurna.

Nah, buat kalian yang ingin memulai berkebun, Hobring akan memberikan beberapa opsi tanaman yang cocok bagi pemula. Simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Monstera
5 Tanaman Hias yang Mudah di Rawat, Cocok Bagi Pemula
Sumber foto: Istimewa

Jenis tanaman satu ini sangat cocok bagi kalian yang ingin memulai berkebun dirumah. Pasalnya, merawat Monstera terbilang tidak terlalu sulit, kalian hanya perlu menjauhi tanaman ini dari sinar matahari dan cukup sesekali untuk menyiramnya.

Monstera sendiri merupakan tanaman khas daerah tropis. Biasanya tanaman ini sangat cocok ditanam di dalam ruangan.

Tumbuhan ini memiliki khas daun yang berlubang-lubang. Monstera juga bisa bertumbuh hingga ketinggian 20 meter.

  1. Kaktus
5 Tanaman Hias yang Mudah di Rawat, Cocok Bagi Pemula
Sumber foto: Istimewa

Tanaman kaktus memiliki ciri khas berupa batang dan daun yang berduri. Kendati demikian, tanaman satu ini menjadi favorit bagi para pemula yang ingin berkebun.

Kaktus sendiri masuk dalam kriteria tanaman yang mudah di rawat. Pasalnya tanaman ini hanya perlu disiram satu minggu sekali, atau ketika batangnya mulai terlihat mengkerut.

Untuk penempatannya, kalian cukup meletakkan kaktus di tempat teduh yang terkena sedikit sinar matahari.

Selain itu, kaktus juga memiliki banyak manfaat. Buah dari tanaman ini bisa diolah menjadi selai, sedangkan batang muda kaktus bisa digoreng, dikukus dan diolah menjadi acar.

  1. Aloe Vera
5 Tanaman Hias yang Mudah di Rawat, Cocok Bagi Pemula
Sumber foto: Istimewa

Aloe Vera atau Lidah Buaya masuk ke dalam kategori tanaman yang cocok bagi pemula. Hampir seperti kaktus, Lidah Buaya memiliki tekstur yang berduri di sisi daun.

Ciri Lidah Buaya lainnya adalah memiliki daun berdaging yang cukup tebal.  Nantinya, daging dari tanaman ini bisa di olah menjadi beberapa pilihan seperti, produk minuman hingga olesan untuk kulit.

Perawatan lidah buaya juga mudah, kalian hanya perlu menyiram tanaman ini saat tanah yang ada dipot mulai kering. Selain itu, untuk pupuknya kalian cukup memberinya satu tahun sekali.

Untuk masalah ukuran , kalian bisa sesuaikan dengan keinginan sendiri mau yang ukuran kecil atau besar. Untuk kaktus mini, biasanya cocok untuk kalian yang ingin menghiasi bagian dalam ruangan.

Sementara untuk ukuran yang lebih besar, biasanya lebih cocok jika diletakkan di halaman luar rumah.

Selain itu, kalian yang ingin merawat kaktus harus memindahkan tanaman ini secara berkala. Fungsinya agar si kaktus mendapatkan sinar matahari yang merata. Kalian tentu gak mau kan kaktusnya mati akibat kurang mendapatkan cahaya matahari?

  1. Lidah Mertua
5 Tanaman Hias yang Mudah di Rawat, Cocok Bagi Pemula
Sumber foto: Istimewabun

Jenis tanaman satu ini cukup populer dikalangan pegiat berkebun. Pasalnya Lidah Mertua atau Sansevieria (nama latin) sangat cocok ditanam di bagian dalam ruangan karena tanaman ini bisa tumbuh sempurna dengan hanya sedikit cahaya matahari dan air.

Lidah Mertua mempunyai warna hijau tua dan memiliki motif pada daunnya. Selain itu, tanaman ini memiliki daun keras dan ujungnya lancip.

Lidah Mertua memiliki keunggulan ketimbang tanaman hias lainnya yaitu, mampu menyerap racun sehingga membuat udara disekitarannya menjadi bersih.

  1. Aglaonema
5 Tanaman Hias yang Mudah di Rawat, Cocok Bagi Pemula
Sumber foto: Istimewa

Tanaman hias lainnya bagi pemula adalah Aglaonema. Tanaman satu ini memiliki tekstur daun yang lebar dan berwarna merah dengan bintik hijau.

Untuk perawatannya, Aglaonema bisa ditempatkan di dalam maupun ruangan. Tanaman ini juga tidak perlu disiram sering-sering, cukup sesekali saja. Selain itu, keuntungan lain menanam tanaman satu ini kalian tidak perlu memindahkannya. Sebab Aglaonema bisa bertumbuh meski minim cahaya matahari.

Bahkan, dikutip dari berbagai sumber, Aglaonema diyakini bisa bertumbuh dengan baik jika tidak terkena sinar matahari langsung. Karena cahaya dari sinar matahari bisa membuat daun tanaman ini jadi menguning dan layu.

Nah itulah rekomendasi tanaman hias bagi pemula yang ingin memulai menghiasi ruangan dalam maupun luar rumah. Semoga informasi dari Hobring ini bermanfaat untuk kalian, ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button