News

5 Tanaman Hias yang Cocok di Kantor dan Meja Kerja

Hobring.com – Terkadang rutinitas bekerja di kantor bisa menimbulkan rasa jenuh dan membosankan. Apalagi bagi Anda yang sangat mencintai kegiatan di luar ruangan atau alam bebas. Salah satu cara untuk mensiasatinya adalah dengan cara meletakan tanaman hias baik di kantor maupun di meja kerja.

Selain tanaman hias, menggunakan lampu terapi atau sekotak cahaya dengan penerangan yang cukup ternyata dapat membantu untuk melawan rasa bosan dan jenuh Anda.

Tahukah Anda? sentuhan tanaman hias di dekat Anda ternyata dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Tamanan hias di kantor juga dapat meningkatkan kelembapan di sekitar meja, membuang racun dari udara, dan menambahkan kesan estetika di ruang kerja Anda.

Lalu, tanaman hias seperti apa saja yang cocok untuk di kantor dan meja kerja Anda? Berikut ini adalah macam-macam tanaman hias yang bisa Anda letakan di sekitar Anda.

1. Dracaena Sanderiana

tanaman hias
Dracaena Sanderiana. Foto: Liptakrobi

Dracaena sanderiana merupakan spesies tanaman berbunga dari keluarga Asparagaceae asli Afrika Tengah. Seorang tukang kebun asak Jerman-Inggris bernama Henry Frederick Conrad Sander menyebut tanaman hias ini dengan sebutan Dracaena Sanderiana.


Baca Juga:


Tanaman hias ini telah menjadi tanaman yang cocok diletakan di dalam ruangan dan paling populer di beberapa negara salah satunya adalah India.

Tanaman yang didatangkan dari Tiongkok dan Taiwan umumnya disebut dengan nama Lucky Bamboo atau Bambu Keberuntungan. Dengan daun yang sedikit bengkok disertai warna abu-abu-hijau, Lucky Bamboo memiliki tinggi sekitar 100 sentimeter.

Untuk seukuran tanaman hias, Dracaena sanderiana sangat cocok diletakan di sudut ruangan kantor atau jika ukurannya masih mini, Anda bisa meletakannya di meja kerja Anda.

2. Tillandsia

tanaman hias
Tillandsia. Foto: baramyou0708

Tanaman hias berikutnya adalah Tillandsia yakni sebuah tanaman yang masuk ke dalam keluarga Bromeliaceae. Pada umumnya, Bromeliaceae dapat Anda temukan pada buah nanas atau sejenisnya.

Berasal dari hutan, Anda dapat menemukan tanaman yang satu ini di beberapa tempat seperti pegunungan dan gurun Meksiko utara, selatan-timur Amerika Serikat, Mesoamerika dan Karibia hingga pertengahan Argentina.

Kebanyakan spesies Tillandsia adalah epifit yang mana cara hidup tanaman ini adalah tidak akan tumbuh di tanah, tetapi hidup di dahan pohon, di gurun, dan di substrat lain yang tidak membutuhkan air untuk waktu yang lama.

Sehingga, tanaman Tillandsia bisa dijadikan salah satu referensi Anda yang ingin menjadikan ruang kerja Anda menjadi lebih hidup dan berwarna dengan hadirnya tamanan hias.

3. Zamioculcas

tanaman hias
Zamioculcas. Foto: mariiaboiko

Disebut dengan Pohon Dolar, Zamioculcas merupakan tanaman yang masuk ke dalam keluarga Araceae yakni berisi spesies tunggal Zamioculcas zamiifolia.

Zamioculcas ditanam sebagai tanaman hias, terutama karena dedaunan mengkilapnya yang menarik dan perawatan yang mudah. Tanaman yang satu ini berasal dari Afrika Timur yaitu Kenya hingga Afrika Selatan bagian timur laut.

Dengan tinggi sekitar 45–60 sentimeter, Zamioculcas memiliki daun yang hijau. Akan tetapi, daun itu bisa menjadi gugur selama terjadinya masa kekeringan. Tanaman hias ini akan tahan dari kekeringan karena siraman hujan yang dilakukan secara rutin.

4. English Ivy

tanaman hias
English Ivy. Foto: myimagine2018

Tanaman hias berikutnya adalah English Ivy atau dengan nama ilmiahnya Hedera helix. English Ivy adalah spesies tanaman merabat keluarga Araliaceae yang berasal dari Eropa dan Asia Barat.

Pada umumnya, English Ivy tumbuh setinggi 20–30 meter dengan permukaan yang sesuai untuk tumbuhnya tamanan ini yaitu pohon, tebing dan dinding. Bahkan English Ivy juga dapat tersedia dan tumbuh sebagai penutup tanah atau dibiarkan menggantung pada permukaan yang vertikal.

Tanaman ini sangat cocok diletakan di kantor karena akan membuat kesan yang sejuk dan nyaman karena warnanya hijau.

5. African Violet

tanaman hias
African Violets. Foto: ipolly

Tanaman hias yang tidak kalah cantiknya adalah Streptocarpus sect. Saintpaulia atau dengan nama popularnya African Violet.

Berasal dari Tanzania dan Kenya Tenggara yang berdekatan dengan wilayah Afrika tropis bagian timur, tanaman hias ini sangat cocok diletakan di dalam ruangan. Tak hanya di indoor, ternyata tanaman ini juga dapat disimpan sebagai tanaman luar ruangan pada iklim tertentu.

Memiliki karakteristik setinggi 6–15 cm dengan lebarnya antara 6–30 cm membuat tanaman hias African Violet menjadi salah satu tanaman yang paling banyak dicari dan sangat cocok diletakan di kantor bahkan di ruang meja kerja Anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button