NewsTraveling

5 Referensi Hammock Tent Terbaik Untuk Camping

Hobring.com – Camping atau berkemah adalah sebuah kegiatan di luar ruangan yang umumnya dilakukan untuk menikmati pemandangan alam dan mencari ketenangan di alam bebas. Tak hanya menggunakan tenda konvensional, ternyata ada alternatif lain untuk menikmati camping agar semakin menyenangkan yaitu dengan menggunakan hammock tent terbaik sebagai fasilitasnya.

Hammock tent mungkin masih belum terlalu popular di Indonesia. Hanya kalangan tertentu seperti pecinta alam atau seorang yang hobi melakukan penjelajahan di hutan ataupun alam bebas lainnya. Lalu seperti apa sebenarnya hammock tent itu?

Hammock tent atau yang bisa juga disebut hammock camping adalah sebuah tempat tidur yang dibuat secara gantung daripada tenda konvesional di tanah.

Tidak adanya tiang dan berkurangnya jumlah bahan yang digunakan, hammock tent cenderung jauh lebih ringan daripada tenda yang biasa kita lihat. Beratnya yang berkurang seringkali menghasilkan lebih sedikit ruang di dalam daripada tenda hunian pada umumnya.

Hammock tent sendiri pertama kali dikembangkan di wilayah Amerika Latin Pra-Columbus dan terus diproduksi secara luas di beberapa wilayah misalnya di Amazon Peru bagian Urarina, Ghana, dan saat ini di seluruh Amerika Utara, Eropa, dan Australia.


Baca Juga:


Selain memiliki daya tarik yaitu kenyamanan dan tempat tidur yang lebih baik daripada tenda konvensional di tanah. Hammock tent dianggap tidak merusak lingkungan seperti yang dilakukan tenda sebelumnya.

Rata-rata hammock tent menempel pada pohon melalui tali anyaman yang dapat dilepas dan tentu saja tidak merusak kulit kayu dan meninggalkan bekas setelahnya.

Bagi Anda yang tertarik dan mulai beralih dari tenda konvensional tanah menuju hammock tent, berikut ini adalah lima hammock tent terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk petualangan Anda selanjutnya.

1. Tentsile Stingray

hammock tent terbaik
Tentsile Stingray. Foto: Tentsile

Hammock Tentsile Stingray adalah salah satu hammock tent terbaik yang menggunakan sistem penahan 3 titik yang unik untuk menciptakan ketegangan dan alas kain yang kencang untuk tidur.

Lantai tenda Tentsile Stingray memiliki jumlah yang sempurna untuk digunakan sebagai bantal yang akan memberikan kenyamanan saat tidur di malam hari.

Didesain untuk 3 orang dewasa atau bisa juga diisi oleh 2 orang dewasa dan 2 anak-anak dengan seperangkat perlengkapan di dalamnya.

hammock tent terbaik
Foto: Tentsile

Tentsile Stingray dapat menampung beban maksimal 440kg. Sangat aman untuk Anda yang ingin berpetualang dengan hammock tent yang satu ini.

Kelebihan lainnya dari tenda gantung yang satu ini adalah pada bagian dasar tenda telah teruji bahwa Tentsile Stingray tahan terhadap paparan sinar UV selama 2.500 jam.

Untuk satu hammock tent, Tentsile memberikan harga $ 699.00 atau setara dengan Rp 10 juta dalam kurs Rp 14.400 pada Maret 2021. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membangun Tentsile Stingray, silakan klik di bawah ini.

2. Kammok Sunda 2.0 Tent-Hammock

hammock tent terbaik
Kammok Sunda 2.0 Tent-Hammock. Foto: Kammok

Hammock tent terbaik berikutnya adalah produksi dari Kammok dengan seri Sunda 2.0 yang sangat cocok untuk tenda backpacking dengan fungsi tempat tidur gantung all-in-one.

Selain sangat serbaguna dan mudah digunakan, hammock tent yang satu ini bisa digunakan untuk camping baik di darat maupun di udara. Adapun kapasitas orang untuk Kammok Sunda 2.0 Tent-Hammock adalah 1 – 2 orang.

hammock tent terbaik
Foto: Kammok

Sunda 2.0 Tent-Hammock memasangkan material yang ringan dan tahan cuaca dengan arsitektur tiang yang memperkuat volume untuk menciptakan tempat tidur yang andal dan luas meskipun berada di jalan setapak maupun di area yang melintasi medan apa pun.

Kammok sendiri memberi harga $ 420.00 atau setara dengan Rp 6 juta dengan kurs Rp 14.400 pada bulan Maret 2021. Bagaimana? Anda tertarik memilikinya?

3. Haven Tent hammock

hammock tent terbaik
Haven Tent hammock. Foto: Haven Tent

Haven Tent adalah produsen spesialis hammock tent asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Derek Tillotson sejak tahun 2019.

Sebagai seorang fotografer dan penjelajah alam bebas, Derek ingin merasakan kenyamanan dari tempat tidur yang berkualias. Maka ia mulai mencari berbagai macam hammock tent dengan harapan akan memberikan kenyamanan saat ia tertidur.

Setelah mencoba berbagai macam merk ternyata Derek merasa belum menemukan sesuai dengan harapannya.

Hingga pada akhirnya Haven Tent lahir dari halaman belakang rumah Derek di mana tempat tersebut merupakan tempatnya untuk meneliti, merancang, dan bereksperimen dengan cara membuat tenda yang sempurna.

Adapun beberapa produksi yang dibuat oleh Haven Tent adalah hammock tent dengan berbagai ukuran dengan maksimal ukuran XL.

Dengan kisaran harga mulai $ 315.00 sampai 365.00 atau sekitar Rp 4,5 juta sampai 5,2 juta dengan kurs Rp 14.400 pada bulan Maret 2021. Haven Tent karya Derek Tillotson diharapkan dapat menjadi teman petualangan Anda ketika mejelajah alam bebas.

4. Crua Hybrid MK2 Camping Hammock Tent

hammock tent terbaik
Crua Hybrid MK2 Camping Hammock Tent. Foto: Crua Outdoors

Crua Hybrid MK 2 adalah tenda yang diperuntukan bagi satu orang dengan kegunaan yang sangat serbaguna dan ringan yang dapat digunakan di tanah maupun digantung di pohon dan digunakan sebagai hammock tent.

Desain yang inovatif memungkinkan 2 Hibrida untuk dihubungkan bersama dan telah direkayasa agar cukup ringan saat sedang melakukan trekking.

Hammock tent terbaik ini diproduksi oleh Crua Outdoors dengan Derek O’Sullivan sebagai pendirinya.

Sementara itu, Crua Hybrid MK2 Camping Hammock Tent memiliki interior yang luas termasuk kasur tiup yang dipasang khusus Crua dan kantong tidur yang dipasang khusus Crua.

Untuk harga, Crua Outdoors mematok harga kisaran $ 399.00 atau setara dengan Rp 5,7 juta pada kurs Rp 14.400 pada bulan Maret 2021. Jika Anda tertarik, Anda bisa menyaksikan video di bawah ini.

5. The Blackbird XLC

hammock tent terbaik
Blackbird XLC. Foto: Warbonnet Outdoors

Hammock tent terbaik yang satu ini tidak hanya terbaik tapi juga memiliki harga yang bersahabat untuk kantong Anda. Namanya The Blackbird XLC produksi oleh Warbonnet Outdoors.

The Blackbird XLC adalah tempat tidur gantung yang paling popular di Amerika Serikat. Anda bisa mendapatkan dengan harga $ 180.00 atau setara dengan Rp 2,5 juta dengan kurs Rp 14.400 pada bulan Maret 2021.

Keunggulan dari hammock tent yang satu ini adalah lebih panjang sekitarc30cm jika dibandingkan dengan model Blackbird sebelumnya. Sebab The Blackbird XLC adalah hammock tent generasi kedua dari Warbonnet Outdoors.

Selain itu, terdapat kelambu yang dapat dilepas dan diganti dengan penutup atas agar lebih insulasi pada panas. Tak lupa terdapat rak penyimpanan 2 kaki persegi & garis punggungan.

Jika Anda ingin melihatnya secara detail Anda dapat melihat video di bawah ini. Sebelum Anda memulai petualangan, pastikan Anda mengetahui hammock tent terbaik apa yang akan menemani penjelajahan Anda di alam bebas.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button