OtomotifNews

5 Mobil Teraman Dengan Nilai Keselamatan Tinggi di Indonesia

Hobring.com – Salah satu kendaraan untuk mengurangi kontak dengan orang lain adalah mobil. Mobil teraman juga harus safety untuk kesehatan serta keselamatan.

Namun sebelum kamu membeli mobil ada baiknya fitur keselamatan juga harus diperhatikan, dan tidak hanya berfokus pada harga serta modelnya saja. Sebab kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan diri kita di kemudian hari.

Maka dari itu untuk memperkecil hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan entah karena menabrak atau hal lainnya, dan perlu kamu ketahui setiap mobil memiliki rating tersendiri perihal keselamatan penumpang atau pengemudinya.

Berikut inilah lima mobil yang teraman di Indonesia berdasarkan pengujian dari ASEAN New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (NCAP):

5. Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander PHEV berada di posisi kelima dalam lima besar mobil teraman di Indonesia. Rating mobil ini adalah 83,54 dari nilai 100. Bila melihat nilainya sebenarnya Honda City berada di atas PHEV, namun sayangnya model terbaru City belum masuk Indonesia.

Baca juga:

Outlander PHEV sendiri memiliki harga senilai Rp 1.311 juta dan dilengkapi dengan tujuh airbags serta beberapa fitur lainnya seperti: 

  • Blind Spot Warning
  • Kontrol stabilitas
  • Rem ABS, EBD, BA
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Lane Change Assist
  • Forward Mitigation Collision System
  • Ultrasonic Misacceleration Mitigation System
  • Hill Start Assist

4. Isuzu MU-X

Posisi keempat dihuni oleh SUV Isuzu MU-X. Model Mu-X pun serupa dengan Toyota Fortuner, namun pengujiannya menggunakan model D-MAX dengan skor 86,81 dari 100.

Nilai yang hampir sempurna didapat model ini tidak lain karena fitur keselamatan yang sangat apik, yaitu Forward Collision Warning atau Lane Departure Warning. Mobil ini pun dibanderol seharga Rp 459 juta hingga Rp  490 juta untuk model 4×4.

3. Nissan Kicks e-Power

Kali ini adalah salah satu seri Nissan, yakni Kicks e-Power. Kicks mendapatkan bintang lima dengan skor 86,93.

Fitur keselamatan pada Kicks terdapat enam SRS airbags, ABS, BA, EBD, rem, dan kontrol pencegah ban selip. Mobil hybrid ini pun berkisar pada harga Rp 451 juta.

2. Toyota Fortuner

Mobil dengan penilaian keselamatan yang berikutnya adalah Toyota Fortuner dengan nilai 87,46  dari 100. Pengetesannya menggunakan Toyota Hilux dengan rangka serupa karena bermodelkan facelift pada 2020 lalu.

Dengan nilai seperti itu bukan tanpa alasan. Sebab Fortuner didukung dengan tujuh airbags dan struktur rangka yang melindungi penumpang serta pengemudi saat terjadi kecelakaan atau tabrakan dari sisi samping.

Sayangnya semua fitur keselamatan tersebut hanya terdapat pada Fortuner model 4×4 , sisanya hanya berisikan tiga airbags saja. Mobil ini pun dijual seharga Rp 509,9 hingga Rp 709,5 juta.

1. Toyota Corolla Cross

Di posisi pertama masih dihuni oleh Toyota. Toyota yang menduduki posisi ini adalah Toyota Corolla Cross dengan nilai tertinggi, yaitu 88,61 dari 100 usai hasil tes tabrak ASEAN NCAP Oktober 2020 kemarin.

Rating itu merupakan hasil total penilain dari beberapa tes, semisal tabrak depan, sebagian, maupun samping. Di Indonesia Corolla Cross terbagi menjadi dua, yaitu bensin dan hybrid. Model ini pun dilengkapi dengan tujuh airbags, rem Anti-lock Bracking System, Brake Assist, dan lainnya. Toyota Corolla Cross pun dibanderol mulai Rp 460,610 juta hingga Rp 510,580 juta untuk versi hybrid.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button