NewsLifestyle

5 Manfaat Vaksin Covid-19 yang Perlu Diketahui

Hobring.com – Pandemi Covid-19 masih belum usai. Beberapa negara di dunia yang terinfeksi virus korona dalam jumlah penderita yang cukup banyak mengambil kebijakan untuk mengatasinya yakni dengan cara melakukan vaksin Covid-19.

Dengan semakin banyak orang yang memenuhi syarat untuk menerima vaksin Covid-19, maka tak sedikit yang mulai bertanya kira-kira apa saja manfaat yang didapatkan jika mendapatkan vaksin selain terhindar dari virus korona.

Berikut ini adalah manfaat melakukan vaksin Covid-19 seperti yang dilansir dari laman MU Health Care.

Mengurangi risiko infeksi

Dalam pemberian vaksin ada beberapa tahan yang perlu Anda lalui. Pada tahapan pertama, tubuh Anda akan mulai memproduksi antibodi terhadap virus korona.

Anti bodi ini kemudian yang akan membantu sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan virus. Sehingga diharapkan hal itu dapat mengurangi kemungkinan terpapar virus korona.

Meski demikian dalam beberapa kasus masih ditemukannya penderita yang terinfeksi virus korona walaupun telah menerima vaksin Covid-19.


Baca Juga:


Hal itu bisa terjadi jika penerima vaksin memiliki sistem imun yang lemah dan berada dilingkungan yang mendukungnya untuk terinfeksi virus korona. Oleh karena itu pentingnya herd immunity agar membentuk kekebalan kelompok.

Sehingga, pada dasarnya vaksinasi tidak hanya mengurangi terjadinya infeksi atau penularan tapi juga mampu membantu mengurangi penderita Covid-19 dan melindungi masyarakat dari penularan.

Melindungi bayi dalam kandungan

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa ibu hamil yang menerima vaksin Covid-19 dapat membentuk suatu antibodi terhadap virus dan hal itu sangat baik untuk bayinya yang berada di dalam kandungan.

Vaksin Freepik
Foto: Freepik/Rawpixel

Sementara bagi ibu yang baru melahirkan dan telah mendapatkan vaksin Covid-19 dapat membantu bayi mendapatkan kekebalan antibodi melalui ASI yang diberikan oleh ibunya.

Karena vaksin Covid-19 memiliki efek samping seperti akan mengalami demam dan lainnya. Maka sebaiknya ibu hamil dan ibu menyusui berkonsultasi kepada dokter apakah diperbolehkan untuk melakukan vaksin atau tidak.

Melindungi diri dari penyakit lainnya

Sebuah uji klinis untuk vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna menunjukkan bahwa vaksin tersebut telah 100% efektif dalam mencegah penyakit lainnya yang mungkin masuk ke dalam kategori penyakit parah.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang telah mendapatkan vaksin ketika terinfeksi Covid-19, ia akan berada dalam risiko rendah hingga sedang. Sehingga hal itu dapat membantu mengurangi penyumbang ruang rawat inap atau ICU.

vaksin
Foto: Freepik/Tirachardz

Membantu terbebas dari masker

Beberapa negara di dunia sudah mulai melepaskan masker dan menjadikan wilayahnya sebagai negara dengan zona risiko rendah.

Pada akhirnya vaksin membuat kita kembali ke cara hidup yang lebih normal. Persyaratan seperti penggunaan masker, jaga jarak , hindari kerumunan dan mencuci tangan atau handsanitizer sudah tidak lagi kita lakukan semenjak terbentuknya herd immunity karena telah divaksinasi.

Menghubungkan kembali dengan keluarga dan teman

vaksin
Foto: Freepik/vgstockstudio

Setelah menerima vaksin dan terbangunnya herd immunity, tidak menutup kemungkinan kita akan kembali terhubung dengan keluarga dan teman-teman terdekat.

Jika selama pandemi Covid-19 segala aktivitas menjadi serba terbatas. Namun setelah kita mencapai herd immunity karena telah divaksinasi. Maka segala aktivitas yang kita inginkan dapat kita lakukan kembali.

Selain itu, jika kita berada di sekitar seseorang yang dinyatakan positif Covud-19, kita tidak perlu dikarantina lagi karena sudah melaksanakan vaksinasi dengan baik dan benar.

Pada dasarnya vaksin Covid-19 mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama saling membantu agar terciptanya herd immunity melalui cara vaksinasi sesuai anjuran dari otoritas setempat.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button