LifestyleNews

5 Manfaat Olahraga dan Jalan Kaki Bagi Tubuh

Olahraga rutin dalam setiap hari tampaknya memang agak sulit bila tidak memiliki kesungguhan, terlebih jika berolahraga tanpa ada teman.

Sedangkan bila hanya berfokus pada permasalahan di atas, maka untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan olahraga rutin akan terasa sedikit berat.

Kalau kamu adalah tipe orang yang sibuk karena dipenuhi dengan urusan pekerjaan, kegiatan kampus, hingga aktivitas di rumah dan tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga, maka jalan kaki memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kamu.

Jalan kaki memang terlihat seperti hal yang sepele, namun bila dikerjakan 20-30 menit dengan rutin maka akan ada perubahan kesehatan dalam diri kamu. Jalan kaki sendiri menjadi salah satu olahraga yang hemat karena kamu tidak perlu merogoh kocek dalam.

Inilah 5 manfaat jalan kaki bila kamu melakukannya secara rutin:

  1. Mencegah penyakit jantung

Berdasarkan Asosiasi Jantung Amerika, berjalan sama efektif dengan berlari untuk mencegah penyakit seperti stroke atau jantung.

Jalan kaki sendiri membantu mencegah masalah jantung dengan menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah tinggi, hingga memperlancar peredaran darah.

  1. Bermanfaat untuk pankreas

Mungkin sedikit yang percaya bahwa jalan kaki lebih efektif mencegah diabetes ketimbang lari, tapi hal ini nyata adanya.

Sebuah jurnal penelitian di Springer menjelaskan bahwa kelompok pejalan kaki partisipan menunjukkan toleransi atau seberapa baik gula diserap oleh tubuh pada peningkatan glukosa dengan catatan hampir enam kali lebih besar dari kelompok pelari. 

  1. Memperlancar pencernaan

Berjalan selama 30 menit tidak hanya dapat mengurangi risiko terkena kanker pada usus atau kanker kolon saja, melainkan dapat mengatasi konstipasi untuk meregulasi buang air besar atau BAB.

  1. Meredakan sakit punggung

Meski tampak sepele, namun jalan kaki dapat menjadi salah satu faktor penyelamat hidup yang nyata bagi orang yang terkena sakit punggung sebab olahraga high impact. 

Berbeda dengan lari yang memiliki intensitas tinggi, jalan kaki merupakan gerakan low impact yang tidak menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.

  1. Menguatkan tulang sendi

Dengan olahraga santai seperti jalan kaki membuat mobilitas sendi meningkat, bahkan mengurangi risiko patah tulang.

Arthritis Foundation sendiri menganjurkan orang-orang untuk berjalan kaki dengan durasi minimal 30 menit setiap hari dan dilakukan secara teratur.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button