WorldNews

5 Kota Tertua di Dunia, Mana Saja?

Hobring.com Semakin bertambahnya tahun tentu semakin membuat semua menjadi lebih berumur dan tua termasuk negara. Namun inilah 5 kota tertua di dunia yang perlu kamu ketahui.

Dengan bertambahnya usia dalam sebuah negara tentu menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pelancong karena banyak hal bersejarah yang dapat menjadi kepuasan batin dari seorang traveler.

Beberapa menjadi incaran seorang wisatawan dalam suatu negara biasanya bangunan bersejarah, destinasi wisata, cinderamata, dan tentu saja makanan khas negara tersebut. Dilansir The Culture Trip, menyatakan terdapat lima kota tertua.

Berikut ini 5 kota tertua di dunia yang sudah berusia ribuan tahun:

  1. Luoyang, China
Louyang China
Sumber: Shanghai Daily

Kota tertua di dunia adalah Luoyang, China. Diketahui Luoyang sudah berdiri sejak 4000 Sebelum Masehi (SM). Kota Luoyang sendiri dikelilingi benteng-benteng kekaisaran China.

Menjadi kota tertua di dunia Luoyang menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik perhatian, misal Longmen Grottoes yang menjadi salah satu daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2000.

Baca juga:

Cerita lain yang dimiliki Luoyang yakni kota ini adalah pusat besar bagi para pedagang di era kerajaan China dalam kurun waktu ratusan tahun, serta masuk dalam salah satu dari tujuh kota kuno di China.

  1. Gaziantep, Turki
Gazianterp Turki
Sumber: Curiosity Magazine

Kota tertua selanjutnya adalah Gaziantep yang berada di Turki. Sebelum dikenal dengan nama Gaziantep, kota ini bernama Antep dan diperkirakan sudah berdiri sejak 3650 SM. Kota ini terletak di sekitar 185 km timur laut dari Kota Andana.

Hadir dalam salah satu kota tertua, Gaziantep pun memiliki destinasi wisata yang memang menggugah selera wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang paling populer di Gaziantep sendiri adalah Benteng Gaziantep dan Benteng Rafanda. Kedua benteng itu dikabarkan kembali dipulihkan pada abad keenam.

  1. Sidon, Lebanon
Sidon Lebanon
Sumber: The National

Sidon merupakan kota tertua yang berada sekitar 40 kilometer dari ibu kota Lebanon, Beirut. Sidon sendiri dalam bahasa Yunani memiliki arti “perikanan” karena letak kota ini berada di pesisir pantai dan berfungsi sebagai pelabuhan.

Kota Sidon diklaim sudah berdiri sejak lebih dari 6000 SM saat perang saudara Lebanon. Sidon pun diyakini memiliki banyak keturunan Romawi, Ottoman, dan Helenistik.

  1. Athena, Yunani
Athena Yunani
Sumber: Personality Journeys

Athena merupakan ibu kota dan merangkap menjadi kota terbesar yang berada di Yunani. Athena juga dikenal sebagai lahirnya peradaban dan demokrasi barat.

Di Kota Athena dilaporkan sudah dihuni oleh manusia sejak 7000 SM. Athena merupakan kota yang kuat dan tempat lahirnya demokrasi, dan tak hanya itu, Athena juga kaya akan sejara karena kota tersebut dipenuhi dengan jejak zaman Romawi, Ottoman, dan Bizantium.

Bahkan era keemasan Athena dan dilabeli sebagai tempat lahirnya para pemikir kelas dunia adalah karena lahirnya Socrates, Aristoteles, serta Hippocrates di kota tersebut.

  1. Damaskus, Suriah
Damaskus Suriah
Sumber: Republika

Damaskus yang terletak di Suriah diyakini sebagai kota tertua di dunia dan masih dipadati oleh penduduk. Damaskus sendiri berdiri sekitar periode Millenium ke-3 SM dan berdekatan dengan kota tua lain, yakni Beirut, Lebanon.

Meski demikian, para arkeolog yakin Kota Damaskus dihuni sejak 8000 hingga 10000 SM. Damaskus pun memiliki gelar sebagai Ibu Kota Kebudayaan Arab mulai tahun 2008 dan menjadi Ibu Kota Republik Arab Suriah.

Saat ini Damaskus dihuni oleh lebih dari 2,5 juta jiwa. Kota ini pun memiliki bangunan yang menjadi saksi kebudayaan Islam pada masa lalu. Berdasarkan sejarah, Islam memulai pengaruh di Damaskus pada zaman kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab yang secara resmi berada dalam kekuasaan Islam pada bulan September tahun 635 SM.

Dan itulah daftar 5 kota tertua di dunia yang dapat menjadi destinasi wisata kamu saat berlibur untuk menikmati kekayaan bangunan, budaya, serta sejarah yang dimiliki setiap negara.

Namun dengan masihnya masa pandemi seperti saat ini, kita tetap harus menjaga kesehatan dan keselamatan baik diri sendiri ataupun lingkungan sekitar kita.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button