TravelingNews

5 Kota Aman di Indonesia Yang Dapat Dikunjungi Wanita Solo Traveler

Hobring.comBackpacker lebih familiar dilakukan oleh laki-laki. Meski demikian, kaum hawa juga bisa lho. Bahkan ada lima kota yang recomended untuk wanita solo traveler.

Dilansir Kumparan, backpacker menjadi salah satu cara untuk melakukan wisata dengan low budget. Pada umumnya traveler solo juga didominasi dengan laki-laki karena faktor keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan yang dilakukannya.

Sejatinya memang lebih baik kita bepergian dengan ditemani oleh teman atau keluarga, selain faktor keamanan, kita juga dapat saling bertukar cerita dan menciptakan momen berharga. Namun bila terpaksa melakukan solo trip maka harus ada beberapa yang diperhatikan.

Untuk persiapan, pastikan kamu melengkapi dokumen, seperti KTP dan lainnya. Setelah dokumen kamu sudah siap, selanjutnya adalah mempersiapkan pakaian ganti serta bahan makanan. Baik kamu traveler bersama beberapa orang atau solo traveler harusnya wajib memperhatikan hal tersebut. 

Dan inilah beberapa kota yang aman untuk wanita solo traveler:

  1. Pulau Bangka, Bangka Belitung
Pulau Bangka Bangka Belitung
Sumber: Wisata Edukasi

Kota pertama yang direkomendasikan adalah Bangka Belitung. Bagaimana tidak, di kota ini terkenal memiliki kehangatan yang sangat luar biasa terhadap para pelancong.

Bahkan karena sangat ramah warga lokal tidak sungkan untuk mengajak wisatawan untuk makan siang di rumah mereka. Luar biasa banget ya Bhineka Tunggal Ika nya.

Baca juga:

Setelah kehangatan dan keramahan dari warga asli Bangka kamu juga dapat menikmati wisata alam yang berada di pulau yang terkenal dengan pulau penghasil timah tersebut. Tercatat terdapat sekitar 470 pulau yang berada di sana.

Dengan kata lain, Bangka menjadi salah satu kota yang tampaknya akan menghabiskan banyak waktu untuk mengeksplor semua destinasi wisata. Untuk transportasi di Bangka sendiri terbilang cukup lengkap.

Pasalnya solo trip kalian akan terasa lebih mudah karena telah tersedia mobil dan motor yang siap mengantarkan kalian berkeliling Bangka Belitung.

  1. Lombok, Nusa Tenggara Barat
5 Kota Aman di Indonesia Yang Dapat Dikunjungi Wanita Solo Traveler
Sumber: Travel with the Smile

Lokasi yang dekat dengan Bali membuat Lombok memiliki wisata yang tidak kalah dengan Pulau Dewata itu. Lombok sendiri menjadi destinasi wisata yang cocok untuk wanita solo traveler.

Seperti yang sudah diketahui, Lombok terkenal dengan tiga destinasi wisata gili, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan pastinya Gili Trawangan. Meski demikian, beberapa destinasi wisata di Lombok tidak kalah menarik dengan trio gili.

Selain itu, untuk kamu yang muslim juga tidak perlu khawatir untuk makanan yang berada di Lombok. Perlu diketahui, Lombok dinobatkan oleh pemerintah Indonesia sebagai kota yang memiliki wisata dengan label halal terbaik di Indonesia.

Hampir sama dengan Bangka, di Lombok pun memiliki warga lokal yang sangat amat ramah terhadap para wisatawan. Kamu mungkin akan merasa bukan solo traveler, namun lebih ke pulang kampung.

  1. Malang, Jawa Timur
5 Kota Aman di Indonesia Yang Dapat Dikunjungi Wanita Solo Traveler
Sumber: taverna travels

Kota ketiga adala Malang, Jawa Timur. Kota yang dijuluki sebagai Kota Apel ini menyajikan banyak destinasi wisata nan instagramable banget untuk wanita solo traveler.

Akses untuk mencapai tempat wisata di Malang juga sangat mudah. Tak hanya itu, tidak kalah dengan Bangka dan Lombok, penduduk Malang juga sangat ramah terhadap para pendatang termasuk wanita solo traveler.

  1. Bandung, Jawa Barat
5 Kota Aman di Indonesia Yang Dapat Dikunjungi Wanita Solo Traveler
Sumber: iStock

Bandung memiliki julukan kota yang diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum. Memiliki julukan tersebut menjadikan Bandung memiliki suasana yang nyaman untuk para wisatawan termasuk wanita solo traveler.

Akses transportasi, tempat menginap, dan keramahan penduduk lokal diyakini membuat backpacker kamu, khususnya wanita akan merasa aman dan nyaman. Di Bandung juga kalian dapat menikmati kuliner yang terkenal memiliki cita rasa yang enak.

  1. Yogyakarta, Jawa Tengah
5 Kota Aman di Indonesia Yang Dapat Dikunjungi Wanita Solo Traveler
Sumber: Pinterest

Yogyakarta yang dijuluki sebagai Kota Pelajar tentu dipenuhi oleh para mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. 

Dengan banyaknya mahasiswa yang berada di kota itu menunjukkan bahwa Yogyakarta memang salah satu kota yang aman dan nyaman untuk melakukan solo trip bagi kaum hawa.

Destinasi wisata di Yogyakarta juga sudah mulai beragam, selain Malioboro, Candi Prambanan, dan Candi Borobudur, kini Yogyakarta memiliki destinasi wisata baru, yakni Heha Ocean View.

Sebuah bukit yang berada di Gunungkidul, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini menampilkan pemandangan hamparan lautan yang luas. Tidak hanya itu, kalian juga dapat menikmati wisata kuliner yang dijamin bikin nagih.

Itulah beberapa kota yang dapat dikunjungi bagi wanita solo traveler. Meski aman dan nyaman, jangan lupa tetap waspada dan berhati-hati ya girls, serta selalu patuhi protokol kesehatan selama berada di luar penginapan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button