NewsHiburan

5 Karakter Kartun Tertua di Dunia, Kamu Suka yang Mana?

Hobring.com – Siapa sih yang nggak suka nonton film kartun? Baik anak-anak, bahkan orang dewasa pun banyak yang suka dengan tontonan ini. Tapi dari sekian banyak tokoh kartun di dunia, kamu tahu nggak siapa yang tertua di dunia?

Film kartun merupakan salah satu hiburan yang banyak disukai oleh semua kalangan. Bentuk gambar yang terkesan lucu dan menggemaskan, serta alur cerita yang dimilikinya juga sangat unik.

Ada banyak film kartun yang dibuat dari seluruh dunia, salah satunya yang populer karya Walt Disney dengan karakternya yang legendaris, seperti Mickey Mouse dan Donald Duck.

Baca Juga:

Mungkin di antara kamu belum banyak yang mengetahui kalau ada berbagai kartun yang sudah pernah dibuat dan dirilis sejak zaman dulu. Berikut ini deretan kartun yang dianggap sebagai kartun tertua di dunia. Apa saja ya?

kartun tertua di dunia

Felix the Cat

Mungkin banyak di era sekarang ini yang lebih mengenal karakter kartun Tom. Namun jauh sebelum Tom muncul, sudah ada kartun Felix the Cat.

Felix The Cat adalah kartun tertua yang diciptakan pada zaman film senyap (film bisu). Karakter ini diciptakan oleh kartunis Otto Messmer dan Pat pada tahun 1919.

Karakter ini diidentifikasi sebagai salah satu karakter yang paling populer, melalui senyumnya yang lebar, tubuh hitam, mata lebar dan membawa tas ajaib di mana dia dapat mengeluarkan benda apapun yang dibutuhkan.

Menjelang akhir tahun 1920, masa kegemilangan Felix The Cat mulai pudar. Hal itu disebabkan oleh bermunculannya film kartun yang sudah bisa bersuara.

Salah satunya adalah gebrakan dari kartun Mickey Mouse yang menyebabkan tokoh Felix The Cat mulai dilupakan.

Mickey Mouse 1

Mickey Mouse

Setelah Felix the Cat, muncul lah Mickey Mouse yang menjadi ikon kartun dunia hingga kini. Mickey Mouse muncul pada tahun 1928 lewat karya Walt Disney.

Awalnya, tokoh yang menyerupai tikus ini memiliki nama lengkap Mortimer Mouse. namun diganti menjadi Mickey Mouse oleh istri dari Walt Disney, Lilian Disney.

Pada debut pertamanya di film Plane Crazy, pesona Mickey Mouse gagal membuat para distributor terkesan.

Pada kesempatan kedua bertajuk Gallopin Gauchi juga tak mampu menggebrak pasar. Namun, pada kesempatan ketiga melalui film Steamboat Willie, barulah pesona Mickey Mouse mulai dirasa oleh orang banyak.

Fakta awal kemunculannya hingga 1929, Mickey Mouse tidak bersuara. Hanya ada satu kata yang terus Mickey ucapkan yaitu, Hot Dogs yang suaranya diisi oleh Walt Disney sendiri.

Donald Duck

Donald Duck

Masih dari keluarga Walt Disney, Donald Fauntleroy Duck, atau Donald Duck adalah salah satu tokoh kartun yang tertua dan sangat populer hingga kini.

Lahir pada tanggal 9 Juni 1934, kelucuan Donald Duck tentu dapat menggelitik kamu. Pesonanya kian semakin populer karena tampilan baju khas pelaut yang sering ia gunakan.

Donald selalu tampil dengan baju pelaut khasnya yang berwarna biru muda. Tokoh yang satu ini adalah karakter kartun yang sering mendapatkan nasib sial di filmnya.

Meksi begitu, pertengkaran konyol yang sering ia lakukn sangat menggelitik dan penuh dengan kejenakaan.

Donald, mendapatkan peran pertamanya lewat film The Wise Little Hen. Dia juga mempunyai pasangan yang bernama Daisy Duck.

Fred Flintstone

Fred Flintstone

Memasuki tahun 1960, muncul lah karakter kartun pra-sejarah, Fred Flintstone yang lahir lewat karya William Hanna dan Joseph Barbera.

Berbeda dengan karakter kartun lainnya, Fred Flintstone tampil sebagai tokoh prasejarah yang hidup dengan beragam gaya modern.

Fred memiliki penampilan layaknya manusia purba namun dengan dasi biru yang sering melekat di lehernya.

Dalam kehidupannya di layar kaca, Fred Flintstone menikah dengan Wilma Flintstone dan memiliki seorang putri bernama Pebbles. Fred dan Wilma berteman baik dengan tetangga mereka bernama Barney dan Betty Rubble.

Mereka tinggal di kota prasejarah dimana hewan purbakala seperti dinosaurus hidup, salah satu dinosaurus peliharaannya bernama Dina.

Scooby Doo

Scooby Doo

Selanjutnya, kartun yang sudah tak asing lagi ialah Scooby Doo. Scooby Doo, tokoh kartun seekor anjing yang memiliki sahabat manusia dengan bergam petualangan menyenangkan. Pertama kali diciptakan oleh William Hanna dan Joseph Barbera pada tahun 1969.

Scooby Doo yang digambarkan sebagai seekor anjing ini berteman baik dengan sekelompok manusia bernama Fred, Velma, Daphne dan Shaggy. Scooby Doo tak sepenuhnya dapat berbicara, biasanya ia berbicara dengan awalan kata “R”.

Meski begitu, keempat temannya mampu mengerti apa yang diinginkan Scooby Doo. Itulah kelima tokoh kartun tertua di dunia. Kalian suka yang mana? (Fid)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button