Lifestyle

5 Hal yang Dapat Membantu Anda Untuk Menemukan Karier yang Tepat

Hobring.com – Beberapa orang merasa cukup beruntung karena sudah mengetahui apa yang akan mereka lakukan dengan hidup mereka dan karier apa yang akan mereka pilih. Sementara yang lainnya sedang berada di masa struggling atau berjuang dan memikirkan tentang bagaimana caranya agar dapat menemukan karier yang tepat.

Untuk menjawab hal tersebut ada lima hal yang bisa Anda lakukan agar dapat menemukan karier yang tepat seperti yang dikutip dari careersoutthere.com. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Menggali Informasi

Untuk dapat memahami tentang pekerjaan yang tepat, maka diperlukan saran dan masukan dari orang-orang yang memiliki pengalaman di suatu bidang pekerjaan. Galilah informasi sebanyak-banyaknya kepada orang-orang yang Anda pilih untuk dimintai saran dan masukan tentang bagaimana terjun di dalam pekerjaan itu, bagaimana cara kerjanya dan lain sebagainya.

Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan, Anda akan bisa membayangkan pekerjaan apa yang cocok untuk Anda. Selain mengembangkan relasi hubungan dengan kolega Anda. Hal tersebut dapat membantu Anda belajar hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum memutuskan untuk bekerja.

Bekerja di Masa Libur Panjang

Bagi sebagian orang masa libur panjang adalah waktu yang tepat untuk bersantai di rumah atau menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan. Sebelum memutuskan untuk melakukannya, ada baiknya Anda pikirkan kembali apa yang bisa Anda lakukan di masa libur panjang.


Baca Juga:


Bekerja di masa libur panjang bukanlah pilihan yang buruk. Hal ini justru merupakan peluang dan kesempatan Anda untuk meningkatkan keterampilan dan menemukan pekerjaan apa yang tepat untuk Anda.

Pekerjaan di masa libur panjang juga dapat memberikan Anda pengalaman langsung yang memungkinkan Anda untuk dapat melihat lingkungan yang Anda inginkan di masa depan. Jadi mulai sekarang, jangan sia-siakan waktu di masa libur panjang karena Anda memiliki kesempatan untuk mengetahui karier apa yang tepat untuk Anda.

Magang

Entah Anda dibayar atau bekerja secara sukarela, magang adalah cara yang tepat untuk dapat menguji jalur karier Anda di sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Seringkali, sebelum Anda benar-benar dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan. Anda akan merasakan jenis pekerjaan apa yang Anda kuasai dan Anda sukai.

Menjalani program magang adalah kesempatan yang besar untuk Anda agar dapat mengalami dunia kerja sesungguhnya sesuai dengan jalur yang Anda minati.

Tes Karier

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengetahui karier apa yang tepat untuk Anda adalah dengan melakukan tes karier. Tes ini adalah cara yang tepat agar Anda dapat memahami apa potensi dan minat Anda.

Ada beberapa tes karir yang bisa Anda coba seperti Myers-Briggs® MBTI® personality type assessment, StrengthsFinder 2.0 , dan iStartStrongTM inventory. Untuk mengikuti tes ini, Anda dapat mengunjungi kantor pusat karir atau bahkan pergi ke konselor karir swasta. Mengikuti tes karier dapat membantu Anda menemukan karier yang tepat untuk Anda.

Kerja Relawan

Banyak orang yang mungkin enggan untuk melakukan kerja relawan karena dianggap hanya membuang-buang waktu saja. Padahal kerja sukarela dapat memberikan Anda kesempatan untuk melakukan perbuatan baik sambil mendapatkan keterampilan dan minat yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak melakukan pekerjaan sukarela. Sebab, menjadi pekerja sukarela dapat memberikan Anda kesempatan untuk dapat mengenal dengan banyak orang dan memperluas jaringan pertemanan Anda.

Nah itu dia hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk dapat mengetahui karier apa yang tepat bagi Anda. Bagaimana? Apakah Anda sudah siap menemukan pekerjaan yang cocok untuk Anda? Komen di kolom komentar ya!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button