NewsHiburan

5 Daftar Lukisan Termahal di Dunia, Harganya Capai Triliunan

Hobring.com – Salah satu barang termahal di dunia ini bukanlah rumah, mobil, ataupun emas, melainkan sebuah karya seni. Dari semua bentuk karya seni yang ada, lukisan menjadi karya seni yang menarik perhatian banyak orang.

Lukisan merupakan sebuah ungkapan jiwa seseorang yang dituangkan ke dalam media kanvas. Meskipun kadang kala sulit dimengerti, namun harusnya karya seni hanya cukup dinikmati saja.

Selain untuk menghias sebuah rumah atau gedung, lukisan juga bisa menjadi penanda gambaran kondisi masyarakat sekaligus menjadi dokumentasi.

Baik lukisan modern maupun kontemporer kerap dilirik kolektor dunia untuk dikoleksi. Tak hanya itu, nilai sebuah lukisan biasanya juga dilihat dari tahun berapa dibuat hingga sejarahnya.

Baca Juga:

Sebagai pencinta seni pasti akan berlomba-lomba untuk mengeluarkan biaya yang fantastis demi memiliki lukisan-lukisan indah karya para maestro. Berikut ini daftar lukisan termahal di dunia tahun 2021!

Lukisan termahal di dunia
Dok/Foto: Shopify.com

Number 17A

Lukisan abstrak termahal jatuh dari milik Jackson Pollock. Lukisan berjudul Number 17A ini berisi beragam warna dari permukaan yang dasarnya hitam menjadi aneka abstrak yang memukau.

Lukisan tersebut saat ini tidak dipajang untuk umum tetapi karyanya yang lain bisa dinikmati di berbagai museum, termasuk Museum Seni Modern (MOMA) New York. Lukisan ini memiliki harga US$ 200 juta atau setara dengan Rp2,8 triliun.

When Will You Marry
Dok/Foto: Wikipedia

When Will You Marry

Pada tahun 2014 seseorang dari Negara Qatar membayar $210 juta atau senilai dengan Rp2,9 triliun untuk sebuah lukisan Paul Gauguin yang dibuat pada tahun 1892 bertajuk When Will You Marry?

Lukisan tersebut menggambarkan seorang ibu yang sedang menanyakan pertanyaan yang dianggap paling menyebalkan sedunia kepada putrinya sesuai dengan judul lukisan tersebut.

Untuk mendapatkan harga yang cocok, pembeli harus menunggu lukisan karya Paul Guguni ini selama dua tahun negosiasi.

2
Dok/Foto: Fineartamerica.com

The Card Players

Lukisan The Card Players yang dibuat pada tahun 1893 oleh Paul Cezanne berhasil dibeli oleh keluarga kerajaan Qatar pada tahun 2011 lalu.

Lukisan yang menggambarkan dua orang pria tengah bermain kartu ini terjual dengan harga $250 juta atau senilai dengan Rp3,5 triliun dalam penjualan pribadi.

Lukisan itu telah menginspirasi banyak foto dan adegan film terkenal. Lima versi lukisan ini ada di dunia, semuanya dalam berbagai ukuran.

Mahakarya ini dianggap sebagai karya terbaik dari Paul Cézanne dibandingkan dengan karya-karyanya yang lain di tahun-tahun terakhir hidupnya.

Interchange

Interchange

Lukisan Willem de Kooning, Interchange, terjual hampir $300 juta atau senilai dengan Rp4,2 triliun pada tahun 2015 dalam penjualan pribadi.

Saat ini lukisan tersebut berada di di Institut Seni Chicago, Amerika Serikat. Lukisan yang bergaya abstrak-ekspresionis ini selesai dilukis pada tahun 1955, dan menjadi lukisan dengan pemandangan abstrak termahal di dunia.

Salvator Mundi

Salvator Mundi

Pelukis Leonardo Da Vinci menjadi pelukis dengan karya termahal di dunia. Bahkan, karya-karya sang maestro sendiri kerap kali dijuluki sebagai karya yang tak ternilai, seperti lukisannya yang paling terkenal, yakni Mona Lisa, bahkan lukisan ini tidak akan pernah dijual.

Lukisan Da Vinci terakhir yang dijual bertajuk Salvator Mundi adalah istilah dalam Bahasa Latin yang berarti “Penyelamat Dunia” dibuat pada tahun 1605 berdasarkan permintaan dari Raja Louis XII dari Prancis.

Lukisan tersebut dijual pada tahun 2017 di rumah lelang Christie, New York dengan harga $450 Juta atau senilai dengan Rp6,7 triliun dan menjadi lukisan termahal sepanjang sejarah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button