NewsHiburan

5 Daftar Film Terbaik yang Diangkat dari Kisah Nyata

Hobring.com – Para pembuat film atau sineas seakan tak kehabisan ide untuk berkarya. Pasalnya, tak cuma fiksi yang diadaptasi dari buku, film yang baik juga seringkali diangkat dari kisah nyata hidup seseorang.

Sudah ada puluhan bahkan ratusan film dari berbagai belahan dunia yang diadaptasi dari kisah nyata yang tak sekadar menjadi film terbaik sepanjang masa, namun mengandung pesan yang bisa diambil.

Saking apik pengemasan narasi film dan sinematografinya, tidak sedikit juga yang berhasil memenangkan penghargaan bergengsi. Berikut ini daftar film terbaik yang diangkat dari kisah nyata!

Catch Me If You Can

Film ini berkisah tentang Frank W. Abagnale yang dipekerjakan sebagai dokter, pengacara, dan sebagai Co-pilot. Semua pekerjaannya diraih sebelum ia mencapai ulang tahunnya yang ke-21.

Bahkan saat masih berusia 17 tahun, Dia sudah menjadi perampok bank yang sukses dalam sejarah Amerika Serikat. Karena kecerdasannya, agen FBI bernama Carl Hanratty pun menjadikan dia target utama buruan.

Namun, Frank selalu satu langkah lebih maju dari Carl, kecerdasannya selalu berhasil membuat Carl tertipu. Film ini dirilis perdana di Paman Sam pada 25 Desember 2002 dan sukses secara finansial.

Tak hanya itu, para kritikus film pun memberikan penilaian yang sempurna untuk film ini. Adapun karakter diperankan oleh aktor kenamaan Leonardo Di Caprio, sementara Carl diperankan oleh Tom Hanks.

Deepwater Horizon

Film yang dibintangi oleh Mark Wahlberg, Kate Hudson, Kurt Russel, hingga Dylan O’Brien tayang pertama kali pada 2006 lalu.

Deepwater Horizon diangkat dari kisah nyata tentang ledakan yang pernah terjadi pada poyek pengeboran minyak di Teluk Meksiko, Amerika Serikat.

Dikisahkan, proyek pengeboran yang dilakukan perusahaan minyak British Petroleum (BP) mengalami sejumlah permasalahan teknis dan menimbulkan persoalan.

Pengeboran itu pun mengalami keterlambatan 43 hari dari jadwal pengangkutan minyak. Singkat cerita tetap dijalankan pengeboran minyak.

Menurut Eksekutif BP, Donald Vidrine yang diperankan oleh John Malkovich tetap ingin melanjutkan poyek di tengah berbagai kesulitan teknis yang dialami.

Dari kegagalan inilah yang memicu terjadinya ledakan dahsyat dan menewaskan banyak pekerja.

Film ini berdasarkan kisah nyata yang serupa terjadi pada 20 April 2010. Setelah terbakar kapal tersebut tenggelam ke dalam lautan.

The Blind Side

Film The Blind Side sangatlah menarik untuk diikuti, pasalnya film yang diadaptasi dari buku berjudul The Blind Side: Evolution of a Game karya Michael Lewis.

Film yang rilis pada 2009 ini, menceritakan biografi dari Michael Oher semasa muda hingga menjadi seorang pemain football terkenal yang bergabung dengan tim Carolina Panthers.

Melalui The Blind Side, Anda akan mengikuti perjuangan Michael Oher yang berasal dari keluarga broken home hingga sukses bermain di National Football League (NFL) Amerika.

Sejak kecil, Michael Oher (Quinton Aaron) berada dalam sistem perlindungan anak milik negara melalui program orang tua asuh.

Ibunya dipenjara karena kasus obat-obatan terlarang, sedangkan keberadaan ayahnya tidak diketahui. Setiap kali ditempatkan di rumah orang tua asuh yang baru, biasanya Michael akan kabur.

Saat sedang menginap di rumah temannya, ayah temannya tersebut membujuk Burt Cotton (Ray McKinnon), seorang coach olahraga di Wingate Christian School, untuk memasukkan Oher di sekolahnya.

Di sekolah inilah Michael berteman dengan seorang murid yang lebih muda darinya, SJ (Jae Head). SJ berasal dari keluarga mapan.

Ibunya, Leigh Anne (Sandra Bullock), adalah seorang desainer interior, sedangkan ayahnya yang bernama Sean Tuohy (Tim McGraw) adalah pebisnis sukses.

Suatu malam, saat dalam perjalanan pulang dari pertandingan voli yang diikuti kakak SJ, Collins (Lily Colins), keluarga Tuohy berpapasan dengan Michael yang berjalan sendirian dan terlihat kedinginan. Di sinilah cerita hidup Oher dimulai.

Bohemian Rhapsody

Film drama biography yang satu ini mengangkat kisah mendiang Freddie Mercury yang sukses bersama band rock alternatifnya, Queen.

Kisah panjang Queen selama 15 tahun dibuat menjadi 2 jam 13 menit. Kisah berawal saat Freddie berkunjung ke sebuah bar, di sana dia melihat penampilan sebuah band Smile.

Pada satu waktu, vokalis tersebut memutuskan keluar, dan msingkat cerita Freddie menawarkan diri untuk menjadi vokali band tersebut.

Perjalanan pun dimulai, Freddie yang memang punya karakter gila kerap membuat lagu untuk band tersebut hingga akhirnya terkenal.

Selain kisah perjuangan Freddie di band itu, penonton juga melihat kisah percintaan Freddie dengan seorang wanita yang berujung pahit.

Film diangkat dari kisah nyata ini akan menampilkan satu konser terakhir Freddie sebelum jatuh sakit karena HIV Aids.

Menariknya konser tersebut diadakan untuk mengumpulkan dana bantuan untuk para penyintas penyakit tersebut.

Hidden Figures

Selanjutnya adalah Hidden Figures yang merupakan film biografi yang diadaptasi dari buku non fiksi berjudul sama karangan Margit Lee Shetterly.

Tak hanya itu, film ini juga berhasil masuk daftar sepuluh besar film terbaik 2016 dan memenangkan beberapa penghargaan bergengsi.

Hidden Figures mengisahkan tentang perjuangan tiga wanita kulit hitam dalam melawan diskriminasi di Amerika Serikat.

Berlatar pada tahun 1961, film ini menceritakan kisah dari Katherine Johnson, wanita keturunan Afrika-Amerika yang bekerja di Area Barat Pusat Penelitian Langley, Virginia.

Katherine yang jenius juga dijuluki sebagai manusia komputer, bekerja dengan dua rekan sesama keturunan Afrika-Amerika, yaitu Mary Jackson (Janelle Monáe) dan Dorothy Vaughan (Octavia Spencer) yang berperan sebagai pengawas di Area Barat.

Berkat keahliannya dalam geometri analitik, Katherine kemudian ditugaskan membantu Tim Tugas Luar Angkasa yang dipimpin Al Harrison (Kevin Costner).

Menjadi wanita kulit hitam pertama dalam tim, Katherine tak jarang diremehkan dan direndahkan rekan kerjanya. Meski tekanan selalu datang, mereka berhasil membuktikan kemampuannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button