NewsLifestyle

5 Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh Secara Alami

Hobring.com – Pandemi Covid-19 kini telah memengaruhi aspek kehidupan. Tidak jarang banyak di antara kita yang berjuang agar dapat terus meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19.

Jika kamu ingin meningkatkan kekebalan tubuhmu, kamu perlu mengubah pola makan dan gaya hidupmu dengan menjadi lebih sehat. Selain itu juga kamu perlu mengetahui apa saja yang dapat meningkatkan kekebalan tubuhmu di masa pandemi Covid-19 seperti yang dikutip dari Healthline.

Berikut ini adalah 5 cara sederhana untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19 secara alamiah.

1. Istirahat yang cukup

Istirahat memiliki kaitan erat dengan kekebalan pada tubuh. Salah satu istirahat yang paling direkomendasikan adalah dengan cara tidur yang baik dan benar. Faktanya, kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kondisi tubuh. Hal ini akan berdampak pada tubuh yang rentan terhadap penyakit.

Meskipun istirahat sangat dibutuhkan, namun jika waktu istirahatmu berlebihan itu juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk istirahat dengan waktu yang cukup.

Bila orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 7 jam untuk istirahat. Sementara remaja membutuhkan waktu 8 sampai 10 jam dan anak-anak bahkan bayi membutuhkan waktu 14 jam untuk istirahat.


Baca Juga:


2. Konsumsi lebih banyak lemak sehat

Lemak yang sehat dapat kamu temukan di minyak zaitun dan ikan salmon. Dua hal itu dapat meningkatkan respon pada kekebalan tubuhmu terhadap patogen dengan mengurangi setres.

Minyak zaitun memiliki kandungan anti-inflamasi yang memiliki kaitan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Sifat anti-inflamasi inilah yang dapat membantu tubuhmu melawan bakteri jahat dan virus penyebab penyakit berbahaya.

Sementara ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dapat membantu kamu meningkatkan kekebalan pada tubuh.

3. Batasi gula tambahan

Dalam beberapa hal gula yang digunakan dengan takaran yang cukup dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuhmu. Namun tambahan gula dan karbohidrat olahan yang berlebihan dapat memengaruhi kesehatanmu yakni kelebihan berat badan atau obesitas.

Jika kamu mengalami obesitas hal itu tentu berdampak buruk pada kekebalan tubuhmu.

Selain itu, membatasi asupan gula berlebihan dapat membantumu dalam penurunan berat badan. Sehingga, hal itu dianggap langkah yang tepat untuk mengurangi risiko kesehatan kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

4. Olahraga ringan

5 Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh Secara Alami
Ilustrasi Berolahraga. Sumber: Freepik

Tidak ada yang bisa menjamin olahraga secara intens dalam waktu lama dapat meningkatkan kekebalan dalam tubuh. Oleh karena itu, meskipun kamu melakukan olahraga ringan, kamu tetap bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu secara alami.

Sebuah studi menunjukkan bahwa dalam satu sesi olahraga ringan ternyata dapat meningkatkan efektivitas vaksin kepada seorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Beberapa contoh olahraga ringan yang dapat kamu lakukan adalah jalan cepat, bersepeda secara teratur, joging, dan berenang. Dengan menargetkan setidaknya 150 menit olahraga ringan per minggu tentu dapat membantu kamu memiliki kekebalan tubuh yang baik.

5. Terhidrasi

Terhidrasi memang tidak akan melindungi kamu dari virus dan kuman. Namun dengan tubuh yang terhidrasi baik dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari dehidrasi.

Dehidrasi dapat menyebabkan beberapa bagian pada tubuhmu merasa sakit seperti di bagian kepada. Hal ini tentu dapat memengaruhi segala aspek seperti menghambat kinerja, kesulitan dalam fokus, menganggu pencernaan dan fungsi jantung sampai ginjal.

Oleh karena itu, hindarilah dehidrasi dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Dibandingkan mengonsumsi kopi atau teh, air putih adalah minuman terbaik agar tubuhmu tetap terhidrasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button