NewsLifestyle

5 Cara Tepat Membersihkan Sofa Kulit yang Terkena Noda

Hobring.com – Sofa merupakan salah satu furnitur yang sering digunakan di rumah, oleh sebab itu penting untuk menjaga sofa agar tetap terlihat bersih dan nyaman. Simak cara membersihkan sofa kulit berikut ini!

Sofa berbahan kulit memang memiliki tampilan yang elegan dan cenderung cocok untuk berbagai karakter ruangan.

Beberapa furnitur dengan material kulit juga memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kualitas kulit, sehingga meminimalisir warna menjadi usang dan rusak.

Pada sofa atau bangku dengan material kulit, Anda tidak bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan lap basah. Nah, berikut cara membersihkan sofa kulit yang dapat Anda terapkan di rumah.

Baca Juga:

cara membersihkan sofa kulit

Cara membersihkan sofa kulit dengan membersihkan permukaannya

Menurut Homes and Gardens, membersihkan sofa dimulai dengan melepaskan bagian-bagian pada sofa, termasuk memindahkan bantal-bantal di atasnya.

Anda bisa gunakan sikat lembut untuk membersihkan permukaan kulit tanpa menggoresnya. Sikat sampai ke celah-celah sofa dan bantal ya.

Gunakan kain lembab

Gunakan kain lembut yang lembab (bukan basah) untuk membersihkan debu yang menempel, lalu biarkan hingga mengering dengan sendirinya.

Penting diketahui, jangan pernah keringkan sofa kulit menggunakan hair dryer atau dijemur di bawah matahari langsung.

Pasalnya, hair dryer dan sinar matahari dapat menghilangkan kelembaban material kulit dan menjadikan permukaan pecah-pecah.

cara membersihkan sofa kulit dengan vacuum cleaner

Gunakan vacuum cleaner

Selanjutnya, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sofa kulit, agar bisa menghisap kotoran dan debu pada permukaan sofa hingga ke bagian-bagian dalam.

Gunakan pipa dengan ujung mungil untuk menjangkau bagian dalam dan lipatan sofa. Lakukan pembersihan dengan halus dan berhati-hati agar tidak menggores permukaan kulit.

Gunakan pembersih khusus material kulit

Untuk membersihkan kotoran atau noda pada sofa dengan material kulit, Anda memerlukan pembersih khusus material kulit.

Di pasaran sendiri, ada banyak merek pembersih khusus material kulit, di antaranya berbentuk cair, gel maupun lotion.

Selanjutnya Anda aplikasikan pembersih ini menggunakan spons atau kain lap yang lembut. Hindari penggunaan kain lap berwarna untuk menghindari transfer warna kain ke sofa kulit.

Tambahkan pelembab atau kondisioner kulit

Pelembab atau conditioner berfungsi untuk mengembalikan dan menjaga kelembaban material kulit agar tidak pecah-pecah dan mengering. Selain itu pelembab ini dapat juga mengembalikan aroma alami kulit.

Jika noda sulit hilang, biarkan dan jangan tergoda untuk menggosoknya lebih keras. Lebih baik gunakan jasa profesional demi menjaga kondisi sofa kulit tetap dalam kondisi baik.

Dengan perawatan dan produk yang tepat, sofa, tas, jaket maupun sepatu kulit Anda akan bertahan lebih lama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button