NewsMusik

5 Alat Musik Indonesia yang Terkenal di Dunia

Hobring.com – Indonesia memiliki keberagaman suku dan budaya sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Keanekaragaman tersebut juga dijelaskan dengan banyaknya alat musik tradisional asli Indonesia yang ikut mendunia.

Sebagai negara yang terkenal dengan kearifan lokal dan seni budayanya. Hal tersebut membuat berbagai kesenian Indonesia semakin diminati oleh masyarakat Internasional. Bahkan UNESCO telah menobatkan beberapa kesenian termasuk alat musik tradisional sebagai bagain dari warisan dunia.

Selain alat musik angklung ternyata ada beberapa alat musik tradisional Indonesia yang terkenal di dunia. Kira-kira apa saja alat musiknya? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Angklung

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa angklung adalah alat musik tradisional paling popular di dunia. Angklung sendiri adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat.

Terbuat dari bilah bambu yang disusun sedemikian rupa, Angklung dapat menghasilkan suara yang begitu merdu dan khas dengan cara digetarkannya.


Baca Juga:


Untuk menghasilkan melodi yang indah, maka Angklung harus dimainkan oleh banyak orang karena satu angklung mewakili satu tangga nada.

Pada tahun 2011, alat musik angklung pernah meraih prestasi ditingkat internasional dalam acara Guinness Book of World Records dengan mencetak rekor dunia dalam harmoni instrumen angklung.

Pencapaian ini juga turut melibatkan kurang lebih lima ribu peserta dari berbagai negara di dunia untuk bermain angklung bersama di Washington, Amerika Serikat.

Hal yang paling tak terlupakan adalah pada saat pemain angklung membawakan lagu “We Are The World” milik mendiang Michael Jackson.

2.Sasando

Tak hanya angklung, alat musik tradisional Sasando merupakan alat musik yang juga terkenal di dunia dan berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Sebagai alat musik petik, Sasando menghasilkan melodi musik yang indah dan romantis saat sedang dimainkan.

Bentuknya yang unik layaknya cangkang dengan sebuah bambu di tengahnya, alat musik Sasando dapat menghasilkan suara yang mirip dengan alat musik gitar, biola, harpa, dan lain sebagainya.

Pada 2015, alat musik sasando pernah dibawakan oleh Djitron Koriyon Pah seorang pemain Sasando asal Indonesia pada saat acara Asia’s Got Talent 2015.

Hal yang membanggakan adalah bahwa Sasando berhasil membawa Djitron bersama keluarganya untuk berkeliling dunia dengan menjelajahi tiga benua.

Adapun beberapa negara yang ia singgahi pada saat itu adalah Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Belanda, Italia, Finlandia, Jerman dan Taiwan sambil menjelajah dan memperkenalkan Sasando kepada dunia.


3.Tifa

Alat musik tradisional Indonesia berikutnya yang terkenal dan mendunia adalah Tifa. Berasal dari Indonesia bagian timur yakni Papua dan Maluku, Tifa merupakan alat musik yang biasanya dimainkan pada saat ritual upacara adat sampai pertunjukkan musik dengan tarian tradisional.

Terbuat dari kayu, Tifa sendiri memiliki bentuk seperti tabung dan dimainkan dengan cara dipukul di bagian permukaan.

alat musik indonesia
Tifa. Foto: Indonesia kaya

Sebagai alat musik yang hanya memiliki satu suara, hal itu membuat Tifa hanya dapat menjadi suara utama dan pengatur ritme saat dimainkan dengan alat musik lain.

Tifa juga terbagi ke dalam beberapa jenis bagian di antaranya Jekir, Potong, Dasar dan Bass. Pembagian ini dapat kita ketahui berdasarkan warna bunyinya. Sehingga ketika dimainkan secara bersama-sama, kita perlu sesuaikan dengan warna bunyi dan fungsinya masing-masing.

4.Kolintang

Kolintang atau yang dikenal dengan nama kulintang adalah sebuah alat musik khas Minahasa, Sulawesi Utara.

Terbuat dari bahan kayu lokal yang ringan tapi kuat, Kolintang merupakan alat musik yang jika dipukul dapat mengeluarkan suara yang lumayan panjang serta bisa mencapai nada tinggi dan rendah.

alat musik indonesia
Kolintang. Foto: Indonesia Kaya

Sejak zaman dahulu, Kolintang digunakan oleh masyarakat untuk mengiringi ritual adat yang berhubungan dengan arwah leluhur warga setempat.

Kolintang tak hanya dikenal luas di masyarakat Minahasa tapi juga dikenal dunia. Sampai saat ini, Kolintang masih sering dimainkan dalam acara tari dan musik tradisional.

5.Gamelan

Alat musik tradisional yang tak kalah terkenal dan juga mendunia adalah Gamelan. Eksistensi Gamelan dibuktikan dengan masuknya gamelan Indonesia ke dalam kurikulum pendidikan pada beberapa perguruan tinggi di dunia.

Adapun perguruan tinggi ternama dunia yang menjadikan gamelan sebagai mata kuliah wajib adalah University of California Los Angeles, University of Minesota dan University of Michigan di Amerika Serikat.

Tak hanya Amerika saja, negara Inggris juga menjadikan Gamelan sebagai mata kuliah seperti di Cambridge University dan University of Manchester.

Sementara negara tetangga yakni Singapura menjadikan Gamelan sebagai mata pelajaran di tingkat sekolah dasar sampai menengah atas.

Seperti yang kita ketahui, Gamelan adalah alat musik yang dapat berkolaborasi dengan beberapa alat musik lainnya dan menghasilkan keharmonisan nada dan suara.

Mungkin hal ini juga yang kemudian menjadikan Gamelan sebagai salah satu alasan mengapa alat musik ini disebut alat musik Indonesia yang terkenal di dunia.

Gimana menurutmu? Kira-kira ada lagi tidak alat musik Indonesia yang juga ikut popular di dunia? Komen di kolom komentar ya!

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button