TravelingNews

4 Pilihan Tempat Wisata di Binjai Bersama Keluarga

Bingung mau ajak ke mana keluarga buat liburan? Jawabannya ada di sini

Hobring.com – Tidak tahu mesti dibawa ke mana keluarga ketika ingin liburan bersama? Rangkuman tempat wisata di Binjai berikut ini adalah jawabannya.

Sejumlah tempat wisata di Binjai merupakan pilihan lain ketika kalian sedang liburan ke Sumatera Utara, jika Berastagi adalah lokasi yang cocok untuk merasakan suasana udara sejuk, Binjai sangat tepat kalau ingin melakukan rekreasi bersama keluarga.

Atas dasar itulah dalam kesempatan kali ini Hobring merangkum sedikitnya 4 pilihan tempat wisata di Binjai yang pas dilakukan bersama sanak keluarga kalian. Andai kebetulan kalian sedang mencari informasi terkait hal tersebut, membaca tuntas artikel di bawah ini merupakan keputusan yang tepat.

Baca juga:

Taman Selfie Binjai

tempat-wisata-di-Binjai-Taman-Selfie-Hobring
Foto: Instagram/tamanselfie

Bermula dari sebuah kafe, tempat wisata di Binjai yang pertama ini akhirnya berubah menjadi area bagi warga sekitar yang ingin menghasilkan foto keren dengan beragam latar di satu tempat.

Menyusul peningkatan pengguna media sosial, yang acapkali melakukan swafoto untuk dipamerkan ke masing-masing akun, lahirlah Taman Selfie Binjai.

Terletak di jalan MT Haryono, Kebun Lada, Binjai Utara, sekarang Taman Selfie ini sudah menjadi lokasi incaran bagi para penggemar foto dari seluruh Sumatera Utara. Para pengunjung akan menemukan 25 spot berfoto yang ciamik.

Ketika mengunjungi Taman Selfie, kalian bakal merasakan suasana nan asri karena banyaknya pepohonan di sana, terdapat beberapa spot foto paling diincar, seperti Titi Jadian, Jembatan Kayu yang diujungnya ada tulisan “Happy Anniversary,” sampai Apartemen Merpati, yakni sarang bagi burung merpati yang dipelihara.

Selain itu, ada Hitzpark di mana wisatawan dapat menemukan 15 tempat mengambil foto yang tidak kalah menarik dari sebelumnya, misalnya Karpet Terbang, Teras Tebalik, hingga Rumah Belanda.

Namun, untuk memasuknya akan dikenakan biaya sekitar Rp.15 ribu, itu sudah termasuk kostum tambahan yang bisa dipakai agar hasil foto semakin menarik.

Pasca menghabiskan energy untuk berfoto ria, kalian pun dapat memesan makan yang tersedia di kafe Taman Selfie, berbalut pepohonan rimbun, pengunjung bisa menikmati sajian bersama keluarga seolah-olah lagi melakukan piknik.

Menganai santapannya, ada banyak sekali sajian yang ditawarkan, mulai dari Mie Terbang sampai Roti Kreak yang bisa dimakan bersama-sama.

Kampung Kuliner Binjai

tempat-wisata-di-Binjai-Kampung-Kuliner-Hobring
Foto: Istimewa

Menghadirkan konsep unik semacam food court dengan berbagai pilihan restoran baik di dalam atau luar ruangan, tempat wisata di Binjai kedua ini letaknya cukup strategis. Kampung kuliner beralamat di Jalan Soekarno – Hatta, cuma kira-kira 100 meter dari Stasiun Kereta Api Binjai, dan 50 meter dari Binjai Supermall.

Konsep yang ditawarkan Kampung Kuliner untuk menarik minat wisatawan supaya datang, salah satunya ialah mereka bikin sebuah meja bertajuk “Meja Jomblo” di arena outdoor­-nya. Maksud dari ide tersebut adalah supaya pengunjung yang belum memiliki pasangan bisa duduk di sana dan dapat berkenalan satu sama lain.

Tentu, di Kampung Kuliner tersemat banyak pilihan santapan bagi wisatawan, seperti dari Arabika Rooftop, yang menawarkan beragam kuliner dengan nama-nama unik misalnya saja Mie Ayam Jodoh, Temperamen, Andai Kau Tahu, dan Lilipop Steak.

Selain itu, ada juga Ayam Penyet Joko Solo, Mie Sop Kampung, dan RM Sri Langkat yang cukup legendaris. Kemudian, terdapat pula 6 foodstand, yaitu Sate Alfresco, Chicken Surprise, Mie Aceh Wak Abu, Dimsum KQ Lima, Pecal Bude Murni, dan Kampung Kelapa.

Taman Merdeka Binjai

Tempat-wisata-di-Binjai-Taman-Merdeka-Binjai-Hobring
Foto: Istimewa

Masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai Lapangan Merdeka Binjai, letaknya sendiri terbilang strategis yang berada di Jalan Veteran, Tangsi, Kota Binjai, dekat sekali dengan pusat kota dan berhadapan langsung dengan kantor Walikota.

Tempat wisata di Binjai yang ketiga ini, sering dimanfaatkan oleh warga sekitar dan mereka yang berasal dari Kota Medan untuk melakukan rekreasi bersama keluarga. Sebab, jarak tempuh dari Medan hanya sekitar 45 menit perjalanan.

Bernama resmi Taman Merdeka Binjai, sebagai ruang terbuka publik dengan luas 1,5 hektar, ia punya fasilitas lengkap. Contohnya, terdapat Pendopo Umar Baki yang sering dipakai untuk menyelengarakan acara resmi pemerintah setempat seperti peringatan hari-hari besar.

Kemudian, lapangan rumputnya yang luas sering dijadikan tempat berkumpul dan beraktivitas.

Taman Merdeka Binjai juga menjadi lokasi favorit untuk menggelar ajang berskala lokal dan nasional di Kota Binjai. Misalnya, untuk mengadakan konser musik yang menghadirkan artis ibu kota atau pun acara-acara komunitas anak muda.

Waktu kunjungan paling ramai di Taman Merdeka Binjai ketika akhir pekan. Setiap Sabtu dan Minggu pagi, tempat ini sering dijadikan area berolahraga, sebab ada beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan secara gratis, mulai dari trek lari atau jogging, lapangan basket, serta papan panjat tebing.

Memasuki sore hari di akhir pekan, pengunjung bakal semakin ramai. Sering kali mereka turut mengajak keluarga atau teman-temannya untuk sekadar berkumpul.

Khusunya setiap malam Sabtu dan Minggu, tersedia beragam wahana permainan di sekitar Taman Merdeka Binjai. Adapun beberapa wahana permainan untuk anak-anak, di antaranya motor cross mini, mobil-mobilan, odong-odong, mandi bola, dan istana balon.

Sementara kalangan dewasa bisa mencoba wahana permainan seperti ATV dan mobil gowes.

Kalau tertarik mengunjunginya, kalian dapat melakukan perjalanan dari Kota Medan dengan menggunakan Bus Trans Mebidang jurusan Medan-Binjai-Deli Serdang dan bisa turun tepat di halte Taman Merdeka Binjai. Adapun penginapan terdekat dengan biaya sekitar Rp200 ribu-an per malam.

Taman Edukasi Binjai

Pada awalnya, tempat wisata di Binjai yang terakhir ini merupakan lahan perkebunan sawit, lalu disulap menjadi sebuah Taman Edukasi. Konsepnya mengusung taman bermain yang dilengkapi segudang fasilitas untuk menarik para wisatawan.

Beberapa fasilitas dari Taman Edukasi Binjai di antaranya wahana outbond, panahan, penangkaran lebah madu, hingga pengolahan air nira menjadi gula aren, kesemuanya memposisikan lokasi rekreasi ini sebagai tempat wisata berbasiskan alam yang ramah anak.

Letaknya sendiri cukup strategis, di mana cuma memerlukan waktu sekitar 50 menit dari Bandara Internasional Kualanamu, dan hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 15 menit jika pengunjung melakukan perjalanan dari Stasiun Kereta Api Binjai.

Taman Edukasi Binjai sering didatangi oleh pengunjung yang membawa keluarganya masing-masing, begitu juga dengan para pelajar. Andai kalian berminat untuk memasukinya, itu bakal dikenakan biaya tiket Rp10 ribu per orang, sudah termasuk parker, toilet, dan area taman rumput beserta alas tikar.

Kendati demikian, kalau mau mencoba atraksi Flying Fox, wisatawan perlu merogoh kocek sebesar Rp30 ribu untuk sekali percobaan, kemudian untuk menikmati fasilitas panahan biayanya sama dengan Flying Fox, namun, ini berlaku selama setengah jam.

Sebagai informasi, Taman Edukasi Binjai memiliki paket lengkap bagi instansi atau pengunjung yang masuk dalam jumlah besar dengan akses keseluruhan wahana yang ada, termasuk belajar penangkaran lebah, dan mengolah aren menjadi gula merah, yang memakan biaya kisaran Rp150 ribu per orang dengan kuota minimal 50.

Memiliki luas kurang lebih 10 hektar, yang terbagi untuk area bermain (2 hektar) dan 8 hektar untuk kegiatan outbound, garden party, sampai acara yang sifatnya seremonial, artinya banyak kegiatan yang bisa diadakan di Taman Edukasi ini.

Begitulah laporan dari Hobring mengenai 4 pilihan tempat wisata di Binjai yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Sebelumnya, kami telah menerbitkan artikel lain seputar lokasi wisata yang ada di Sumatera Utara, tepatnya di Berastagi. Silakan klik tautan ini untuk mengetahuinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button