OtomotifNews

4 Penyakit Musiman Skutik, Pengguna Wajib Tahu!

HobringSkutik alias skuter matik di Indonesia saat ini sangat tinggi untuk jumlah para penggunanya, dan digunakan oleh laki-laki serta perempuan karena kemudahannya.

Namun beginilah hidup pasti terdapat kekurangan atau kelebihan dalam sesuatu. Di balik kelebihan untuk mengendarainya, skutik memiliki kelemahan tersendiri. Maka untuk kamu yang memiliki skutik harus paham beberapa penyakit yang kerap menimpa skutik.

Berikut inilah masalah yang sering dialami oleh para pengguna skutik:

  1. Tarikan gas tidak stabil

Adapun penyebab tarikan gas tidak stabil adalah karena lubang kecil yang terdapat pada tutup tangki sebagai ventilator kotor yang biasanya tersumbat. Tersumbatnya ventilator ini diklaim membuat bahan bakar tidak mengalir secara normal.

Baca Juga:

Untuk mengatasi hal ini, maka kamu dapat lubang ventilator tutup tangki bersih, dan kamu dapat membersihkan itu dengan udara dari kompresor.

  1. Tarikan gas berat

Skutik alias skuter matik sekitar 80 persen ketergantungan pada tarikan gas. Maka bila tidak teliti tarikan gas akan menjadi motor berat.

Hampir sama dengan dengan permasalahan diatas, tarikan motor akan bermasalah karena filter penyaring udara bercampur debu atau partikel kotoran.

Cara mengatasi permasalahan ini cukup mudah, yaitu rutin mengecek kondisi saringan udara. Sayangnya mayoritas skutik menggunakan filter basah yang mana kamu tidak dapat membersihkannya secara langsung. Jika kamu mengalami persoalan ini, maka jalan satu-satunya adalah mengganti filter tersebut.

  1. Mesin terlalu panas

Overheat atau terjadinya panas pada mesin disebabkan sirkulasi pada mesin tersumbat. Penyebab panas ini lantaran ring pada piston menjadi kering sehingga mati mendadak.

Adapun suhu panas yang muncul berasal dari sistem pembakaran antara liner boring dan piston. Sedangkan panas yang dihasilkan tidak mampu diredakan oleh pelumas dan mengakibatkan suhu panas menyebar.

Kamu dapat mengatasi permasalahan ini dengan menunggu mesin dingin dan lepaskan buso serta mengganti oli lama dengan oli yan baru.

  1. Mati mendadak

Permasalahan terakhir dapat berakibat fatal apabila kamu berada di jalur pengendara cepat. Faktor utama motor mati mendadak adalah rapatnya setelan klep yang menyebabkan mesin cepat panas dan berakhir dengan mati mendadak pada skutik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button