LifestyleNews

4 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Kita Menurut para Ahli

Hobring.com – Jangan ragu untuk bersepeda, sebab ada banyak manfaat bagi kesehatan yang bersemayam di dalam aktivitas ini, para ahli pun mengakuinya.

Menunggangi sepeda bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, baik bersepeda ke atas gunung atau untuk pergu ke toko yang dituju. Kendati termasuk ke dalam olahraga yang berdampak rendah, menghabiskan waktu dengannya bisa meningkatkan kekuatan fisik hingga mengurangi risiko terkena kanker.

Menyusul dampak pandemi Covid-19, secara tidak langsung telah membangkitkan fenomena tren bersepeda, bahkan harganya sempat melambung tinggi karena permintaan konsumen meningkat di Indonesia. Dan sekarang, ketahuilah 4 manfaat bersepeda bagi kesehatan kita menurut para ahli, seperti disadur dari Harper’s BAZAAR, selengkapnya di bawah ini.

Baca juga:

Perkuat Otot Kaki

“Sebagai olahraga dengan dampak yang rendah, bersepeda memungkinkan Anda memperkuat otok-otot kaki tanpa tekanan untuk pergi ke gym atau membeli peralatan olahraga untuk di rumah,” menurut fisioterapis Bianca Broadbent dari rumah sakit Spire Parkway.

Dalam prosesnya, kalian bisa saja menjadi sekuat orang-orang yang rutin mengikuti kelas olahraga atau mereka yang lari. Tetapi, tidak seperti aktivitas aerobik, contohnya lari, bersepeda merupakan olahraga yang lebih ramah untuk persendian.

Stres, Depresi, dan Rasa Cemas Berkurang

“Bersepeda dapat memberikan dampak-dampak tersebut (menurunkan tingkat stres, gejala dari depresi, dan kecemasan) dengan menurunkan tingkat hormon, adrenalin, dan kortisol yang terkait dengan stres,” kata Leanne Simoncelli, seorang fisioterapis spesialis klinis di Institute of Sport, Exercise, & Health (ISEH).

Sementara itu, The Charity Mind berpendapat bahwa sisi sosial dari bersepeda bisa menjadi alasan lain mengapa olahraga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Mengingat, pesepeda sering bertemu dengan orang lain.

“Efek positif dari bersepeda pada gangguan kesehatan mental sangatlah mengesankan, dokter pun mulai meresepkan sepeda sebagai bagian dari skema percontohan,” terang  dr. Lebora Lee dari Dr Fox Online Pharmacy.

Tingkatkan Sistem Imun

Bersepada juga berdampak pada peningkatan sistem imun tubuh selain memakan sayuran. Menurut Leanne, melakukannya dengan intensitas sedang (60 menit per hari) terbukti mampu meningkatkan fungsi imun dan aktivitas metabolisme.

“Hal tersebut pun telah didukung oleh pedoman milik NICE yang merekomendasikan setidaknya melakukan aktivitas fisik selama 30 menit, minimal lima hari dalam seminggu, untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan,” ungkapnya.

Kurangi Risiko Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bersepeda secara rutin mampu menurunkan risiko kanker secara keseluruhan, hal itu disebutkan oleh Leanne. Sebuah studi yang fokus pada pria dewasa menemukan, bersepeda selama 60 menit per minggu berefek pada penurunan risiko kanker sebesar 20%, sementara bersepeda selama 90-100 menit per minggunya bisa menurunkan risiko kanker sebesar 40-45%.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button