NewsTech

4 Aplikasi Religi Pilihan Penunjang Ibadah di Puasa Ramadhan

Hobring.com – Pada bulan suci Ramadhan ini, seluruh umat muslim di dunia tengah berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah mereka. Pasalnya setiap amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan, dipercaya akan dilipatgandakan. Berikut ini empat aplikasi religi pilihan untuk Anda.

Di situasi pandemi Covid-19 ini, masyarakat memang tengah dibatasi untuk melakukan kegiatan beribadah di masjid demi mencegah risiko penularan virus corona.

Salah satu jenis aplikasi yang banyak dicari selama Ramadhan ialah aplikasi yang menyediakan jadwal sholat. Mulai dari checklist ibadah, hingga kumpulan artikel islami yang bisa menginspirasi.

Tidak perlu khawatir terlewat melakukan ibadah tepat waktu sehari-hari. Simak empat aplikasi religi pilihan yang bisa mendukung ibadah yang Anda lakukan selama Ramadhan kali ini.

Muslim Pro

Di PlayStore, pengguna Android dapat menemukan berbagai aplikasi religi, salah satunya Muslim Pro. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali dan menerima rata-rata 4,1 bintang dari sekitar 1,6 juta penilai.

Aplikasi Muslim Pro menyediakan 30 juz Al-Quran lengkap dengan tulisan Arab, terjemahan, dan pelafalan audio yang bisa dibaca usai melaksanakan sholat wajib, dan sholat sunnah di waktu senggang.

Selain itu, aplikasi ini juga melengkapi fitur yang dapat mempermudah ibadah Anda, seperti fitur petunjuk kiblat, kalender Hijriah hingga peta restoran halal dan masjid terdekat dengan lokasi Anda.

Aplikasi Muslim Pro dibesut oleh Bitsmedia Pte Ltd. Dalam deskripsi di Play Store, aplikasi ini mengklaim diakui oleh lebih dari 80 juta Muslim di seluruh dunia, sebagai aplikasi pengingat waktu salat dan azan terakurat.

Muslim Go

Aplikasi ibadah, Muslim Go merupakan aplikasi buatan anak bangsa yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna.

Aplikasi ini menyajikan jadwal sholat, pengingat waktu berbuka, sahur, dan imsak, hingga kumpulan doa yang bisa dibaca setiap hari.

Keunggulan lainnya, yaitu tersedia fitur yang menyediakan kartu ucapan yang bisa dipakai pengguna saat merayakan hari besar Islam.

Fitur islami lainnya dalam aplikasi ini antara lain buku, musik, video, hingga komik. Muslim Go tersedia di Android dan iOS.

Umma

Aplikasi rekomendasi lainnya, yakni Umma yang telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Google PlayStore.

Umma menyajikan beberapa fitur unggulan, mulai dari Al-Quran digital, jadwal adzan, arah kiblat, kumpulan doa-doa, serta podcast yang membahas konten islami.

Uniknya, aplikasi ini juga menyediakan absen sesuai dengan jadwal sholat yang telah Anda kerjakan sehingga Anda bisa mengontrol perolehan ibadah selama bulan Ramdhan nanti.

Pengguna juga bisa menikmati video live streaming siraman rohani dari para ustaz. Bagi pengguna yang ingin belajar Al-Quran, aplikasi Umma akan membantu dengan fitur baca Al Quran.

Yaumi

Aplikasi selanjutnya, yakni Yaumi yang menyasar pasar anak muda dengan banyaknya fitur bermanfaat yang akan membantu melakukan evaluasi ibadah harian.

Tidak cuma itu, dengan aplikasi Yaumi bisa meningkatkan produktivitas dan kapasitas diri berkat adanya fitur Jurnal. Pengguna pun dapat menambah wawasan dengan konten-konten Islami.

Selain itu, ada pula fitur zakat yang bisa digunakan untuk membayar zakat secara praktis melalui smartphone.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button