Life StyleNews

3 Kejelekan Yang Akan Menimpa Kamu Andai Sering Mengkonsumsi Oatmeal

Oatmeal atau Havermut adalah makanan sejenis tepung kasar yang terbuat dari butiran oat yang sudah dikupas yang telah digiling atau dipotong dengan baja.

Makanan ini pun menjadi salah satu alternatif sarapan yang sehat untuk dapat dinikmati. Terlebih kamu menambahkan kacang, madu, dan buah beri. Oat sendiri tidak hanya berfungsi untuk mengenyangkan perut saja.

Dilansir Eat This, menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi oat terbaik dapat memperpanjang umur kalian, hal ini akan tercapai apabila kita mengkonsumsinya dengan sesuai anjuran dan tidak berlebihan.

Sebab pada umumnya manusia memang tidak baik bila mengkonsumsi satu jenis makanan saja, termasuk oat meski oat dipenuhi dengan serat sekalipun. 

Berikut efek samping yang dijelaskan oleh dokter dan dapat menimpa kamu apabila terlalu sering mengkonsumsi makanan ini:

1. Membatasi nutrisi

Oatmeal memang dapat memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk dapat mengawali hari, namun bila dikonsumsi setiap hari ini akan membatasi nutrisi untuk tubuh kita.

“Dengan kamu memakan oatmeal secara rutin maka kamu telah merenggut tubuh dari makanan sehat lainnya dan membatasi selera diri, sedangkan makanan lain dapat memberikan nutrisi dan energi juga,” cao Dr. Eng Cern.

2. Menyebabkan kembung

Apabila kamu belum terbiasa dengan mengkonsumsi havermut atau oatmeal ini secara teratur, maka serat yang ada dalam oat akan mempengaruhi proses pencernaan dan menimbulkan rasa kembung.

“Kalau baru mengenal gandum, maka dengan memakan oat akan menyebabkan kembung, sebaiknya makan dengan porsi kecil terlebih dahulu,” ujar Lisa Young, PhD, RDN.

3. Meningkatkan gula darah

Yang dapat mengurangi manfaatnya oatmeal adalah apabila havermut atau oat ditambahkan dengan makanan lain yang manis.

“Biasanya orang menikmati Havermut karena oat lebih manis dan berbeda dari makanan lainnya. Makanan manis seperti kepingan coklat, gula, dan lainnya. Hal itu pada akhirnya akan menurunkan  gizi yang terkandung  dalam oatmeal,” jelas Dr. Gan Eng Cern.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button