LifestyleNews

Kenali 3 Kebiasaan Minum Yang Buruk Dapat Merusak Liver

Hobring.comLiver adalah organ penting yang berfungsi untuk menyaring darah sebelum disalurkan ke seluruh tubuh. Maka dari itu peran vital liver pada tubuh ada baiknya kita jaga, salah satunya dengan menjaga pola makan dan minum.

Dikabarkan di Amerika Serikat pada tahun 2020 mengalami lonjakan, hal tersebut tidak lain karena orang banyak menghabiskan waktu dirumah dampak dari virus Corona. Namun dengan mengkonsumsi alkohol sejatinya dapat membuat kerusakan pada liver kita.

Rumah Sakit asal Los Angeles, Rumah Sakit Keck melaporkan hepatitis alkoholik dan gagal hati mengalami peningkatan sekitar 30 persen dibanding tahun 2019 lalu dan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga:

Lonjakan kasus itu pun disebabkan karena penyalahgunaan atau terlalu sering mengkonsumsi alkohol. Selain itu dilansir Eat This Not That, menjelaskan kebiasaan buruk yang dapat merusak hati.

Berikut adalah kebiasaan minum yang dapat menyebabkan liver rusak:

1. Pria mengkonsumsi lebih dari dua gelas alkohol

Pedoman Diet USDA menyarankan agar pria membatasi minum minuman beralkohol, dan tidak lebih dari dua gelas setiap harinya demi menjaga kesehatan dirinya atau menerapkan standar minum alkohol di AS dengan tidak direkomendasikan mengkonsumsi alkohol lebih dari 14 gram alkohol.

Dan dalam studi lainnya dijelaskan pria dan wanita yang berumur di atas 50 tahun berisiko lebih tinggi mengalami sirosis atau kondisi dimana organ hati rusak akibat terbentuknya jaringan parut dan non-sirosis.

2. Wanita mengkonsumsi lebih dari satu gelas alkohol

Masih dalam laman yang sama, yakni pedoman diet USDA menjelaskan bahwa perempuan yang meminum minuman beralkohol setiap hari tidak mengganggu kesehatannya secara menyeluruh.

Tapi dalam sebuah penelitian dalam jurnal Lancet Public Health tahun 2018 silam, dijelaskan perempuan yang minum alkohol setiap harinya akan mengembangkan penyakit sirosis.

Maka dari itu disarankan para wanita tidak mengkonsumsi lebih dari satu gelas alkohol atau kurang pada setiap harinya demi kondisi hati yang sehat.

3. Meminum soda diet 

Memang tampak sebuah keuntungan saat kita mengkonsumsi soda diet daripada soda biasa karena soda biasa memiliki kadar gula yang lebih banyak dibanding soda diet. Namun terdapat penelitian yang menjelaskan kesulitan besar untuk menempuh rute bebas gula.

Menurut The Canadian Journal of Gastroenterology, pada 2018 lalu dijelaskan bahwa orang yang meminum soda diet lebih berpotensi mengalami penyakit hati berlemak non alkohol (NAFLD) menengah hingga parah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button