News

24 Juni, Inilah Sejarah Singkat Hari Bidan Nasional

Hobring.com – Hari Bidan Nasional diperingati setiap tanggal 24 Juni sejak dikukuhkannya pada tahun 1951 berdasarkan hasil konferensi bidan pertama di Jakarta.

Berdasarkan catatan sejarah dari website resmi Ikatan Bidan Indonesia pada awalnya diprakarsai oleh bidan-bidan senior yang berdomisili di Jakarta.

Konferensi bidan pertama bersamaan dengan berdirinya Ikatan Bidan Indonesia sebagai organisasi profesi tertua yang menaungi para tenaga medis khususnya berprofesi bidan di Indonesia.

Adapun beberapa tokoh yang menjadi pelopor dalam Ikatan Bidan Indonesia adalah Ibu Fatimah Muin sebagai Ketua I, Ibu Sukarno sebagai Ketua II, Ibu Salikun sebagai Bendahara, Ibu Selo Soemardjan sebagai Penulis I, Ibu Rupingatun sebagai Penulis II, Ibu Sukaesih, Ibu Ipah dan Ibu S. Margua.


Baca Juga:


Ditangan mereka IBI memiliki tujuan yang lebih terarah. Adapun tujuan IBI yang telah disepakati berdasarkan konferensi IBI 1951 di antaranya:

  • Menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya, dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa.
  • Membina pengetahuan dan keterampilan anggota dalam profesi kebidanan, khususnya dalam pelayanan -Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) serta kesejahteraan keluarga.
  • Membantu pemerintah dalam pembangunan nasional, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  • Meningkatkan martabat dan kedudukan bidan dalam masyarakat.

Landasan itu kemudian dijadikan pedoman bagi Ikatan Bidan Indonesia. Adapun hasil-hasil terpenting dari konferensi pertama di tahun 1951 adalah:

  • Sepakat membentuk organisasi Ikatan Bidan Indonesia, sebagai satu-satunya organisasi yang merupakan wadah persatuan & kesatuan Bidan Indonesia.
  • Pengurus Besar IBI berkedudukan di Jakarta.
  • Di daerah-daerah dibentuk cabang dan ranting. Dengan demikian organisasi/perkumpulan yang bersifat lokal yang ada sebelum konferensi ini semuanya membaurkan diri dan selanjutnya bidan-bidan yang berada di daerah-daerah menjadi anggota cabang-cabang dan ranting dari IBI.
  • Musyawarah menetapkan Pengurus Besar IBI

Tiga tahun setelah konferensi, IBI diakui sebagai organisasi yang sah berbadan hukum oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pada 15 Oktober 1954.

Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1956, IBI telah diterima sebagai anggota International Confederation of Midwives atau Konfederasi Bidan Internasional. Sebuah lembaga bergengsi di dunia.

Keaktifan IBI terbukti melalui kontribusinya dalam Kongres Wanita Indonesia atau KOWANI untuk turut mendukung program-program yang dapat meningkatkan derajat wanita di Indonesia.

Pada kongres IBI kedelapan yang diselenggarakan di Bandung pada 1982, IBI mengalami perubahan Pengurus Besar. Kala itu, IBI semakin melebarkan sayapnya dengan memiliki 249 cabang di seluruh wilayah provinsi Indonesia.

Hal itu yang kemudian diperlukannya perubahan Pengurus Besar IBI menjadi Pengurus Pusat IBI. Selain kongres, IBI juga mengukuhkan pengurus Yayasan Buah Delima pada 27 Juli ditahun yang sama.


Baca Juga:


Keterlibatan IBI dalam dunia internasional membuat organisasi ini kemudian dipilih menjadi tuan rumah dalam kongres International Confederation of Midwives ke 32 di Bali pada tahun 2020.

IBI bukan hanya berupaya untuk meningkatan kepeduliaan dan kesadaran mengenai kesehatan tapi juga mengambil peran penting dalam setiap perkembangan.

Kini kehadiran IBI terutama pada bidan-bidan di Indonesia menjadi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu IBI juga turut berupaya melindungi sesama bidan agar mendapatkan hak yang layak.

IBI berusaha memaksimalkan gerak langkah pada semua lini baik para pelaku profesi bidan dan para pasien. Sampai saat ini, IBI memiliki peran yang begitu besar bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Bidan Nasional berikut ini adalah beberapa twibbon yang bisa Anda gunakan.

Caranya sangat sederhana, Anda tinggal pilih salah satu link twibbon Hari Bidan Nasional kemudian masukan foto terbaik Anda. Pilih ‘OK’, atur posisi foto, selanjutnya jika sudah tepat Anda tinggal mengunduh atau download foto.

  • Hari Bidan Nasional 2021 Klik di sini 
  • Hari Bidan Nasional Ke-70 Klik di sini 
  • Hari Bidan Nasional 2021 Klik di sini 
  • Selamat Hari Bidan Nasional 24 Juni 2021 #MidWivesDay Klik di sini 
  • Hari Bidan Nasional 2021 Klik di sini 

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button