NewsLifestyle

20 Jenis Ikan Cupang Hias Termahal Hingga Termurah, Apa Saja?

Hobring.com – Bagi Anda yang sedang mencari hewan peliharaan, mungkin ikan cupang bisa menjadi solusinya. Pasalnya, Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang dapat dengan mudah menemui ikan cupang. Namun nggak semua ikan cupang menjadi favorit banyak orang. Simak jenis-jenis ikan cupang termahal berikut ini!

Selama masa pandemi, memelihara ikan merupakan salah satu cara untuk membunuh kebosanan karena tidak bebasnya beraktivitas di luar rumah. Selain itu, ikan cupang termasuk hewan peliharaan yang mudah dirawat ketimbang banyak jenis ikan lainnya.

Mulai dari orang tua hingga anak muda mulai tertarik untuk memelihara ikan cupang di rumah. Tentunya dari masing-masing mereka memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, memelihara ikan cupang termahal tidak hanya menjadi hobi, tapi juga dapat dimanfaatkan sebagai penghias ruangan dan dimanfaatkan untuk berbisnis.

Jenis Ikan Cupang Hias termahal

Ciri-ciri ikan cupang

Secara teknis, ikan cupang berasal dari spesies yang sama, tapi ada banyak variasi dalam bentuk ikan cupang, baik itu dari bentuk dan ukuran ekor, sirip, warna serta pola sisik di tubuh, dan lainnya.

Meski jenis atau nama ikan cupang cukup beragam, namun mereka memiliki satu sifat dasar, yakni agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Sedikit saja ada gangguan atau makhluk asing di wilayahnya, cupang langsung bereaksi.

Karena sifat alaminya tersebut, disarankan untuk tidak mencampurkan ikan cupang, sekalipun cupang jantan dan betina kecuali untuk kawin. Lantas bagaimana membedakan ikan cupang jantan dan betina?

Ada hal mudah untuk membedakan ikan cupang jantan dan betina, di antaranya ikan cupang jantan cenderung lebih agresif daripada betina. Jika mereka disatukan, biasanya sang jantan yang akan mencari keributan terlebih dahulu, lalu betina beraksi.

Meski terkenal garang, ikan cupang juga memiliki keindahan lho! Sirip dan warna tubuh yang mereka miliki warna-warni, oleh sebab itu dikategorikan sebagai salah satu ikan hias populer untuk dipelihara.

Cara merawat ikan cupang

Merawat ikan cupang juga terbilang mudah. Ikan ini hanya membutuhkan lebih sedikit ruang daripada ikan lainnya serta ikan cupang memiliki daya tahan yang lebih kuat. Bahkan ikan ini tidak memerlukan alat sirkulasi udara (aerator) untuk hidup.

Ikan cupang memiliki organ labirin yang memungkinkan mereka menghirup udara dari permukaan, sehingga mereka dapat bertahan hidup di air dengan kadar okesigen lebih rendah.

Ikan cupang yang hidup di air tawar biasanya lebih mudah dirawat dan dipelihara daripada ikan laut.

Macam-macam ikan cupang hias

Para penggemar ikan cupang biasanya mengkategorikan ikan cupang dalam tiga kriteria, yaitu ikan cupang hias, ada ikan cupang aduan dan ada juga ikan cupang liar. Seperti dibahas sebelumnya, ikan cupang memiliki jenis yang beragam, salah satunya ikan cupang hias.

Ikan cupang hias memiliki bentuk serta warna yang cantik. Nah, jika kalian penasaran, Hobring.com akan membahas jenis-jenis ikan cupang hias berikut ini!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by GALERI CUPANG BAGUS (@cupang.bagus)

Ikan Cupang Half moon

Half moon atau yang sering disebut setengah bulan. Pasalnya, ikan ini memiliki sirip dan ekor yang lebar serta simetris menyerupai bentuk bulan setengah. Ikan ini dibudidaya pertama kali di Amerika Serikat oleh Peter Goettner tahun 1982.

Jenis ikan cupang hias ini dibagi dalam dua kategori berdasarkan lebar siripnya. Pertama, ada The caudal fin of a half moon betta fish.

Biasanya orang-orang juga mengenalinya dengan setengh lingkaran atau 180 derajat penuh, mirip huruf D kapital. Pada sirip punggung dan sirip dubur juga lebih besar rata-rata dalam ikan cupang jenis half moon.

Selanjutnya Ikan cupang the over Half Moon yang merupakan versi ekstrem dari ikan jenis ini. Jika ekor the caudal memiliki ekor 180 derajat maka the over punya ekor yang melingkar lebih dari 180 derajat.

Ikan Cupang termahal Crowntail

Ikan Cupang Crowntail

Crowntail yakni jenis ikan cupang yang memiliki ekor, seperti mahkota atau serit. Ikan ini pertama kali diperkenalkan tahun 1997 di Slipi, Jakarta Barat.

Jenis ini yang paling mudah dikenali, sebab ekor yang dimiliki sangat berbeda dari ikan cupang lainnya, yakni terdapat ujung ekorya berbentuk runcing bak mahkota.

Jenis ini diperkirakan hasil dari silang kawin antara cupang yang sudah dilakukan persilangan sebelumnya dengan ikan cupang lain.

Crown Tail memiliki penyebaran sirip 180 derajat penuh. Untuk ikan jenis ini biasa disingkat juga menjadi CT oleh orang-orang penggemar cupang.

Ikan Cupang HMPK

Nama ikan cupang ini sendiri berasal dari singkatan hasil perkembangbiakan antara cupang Halfmoon dan Plakat. Ikan ini termasuk dalam jenis ikan cupang aduan dan hias.

Ikan Cupang Paradise (Marcopodus opercularis)

Cupang Paradise banyak ditemukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan, dan juga Sulawesi. Ciri khas dari ikan ini adalah ekornya yang bercabang.

jenis Ikan Cupang hias termahal Plakat
Dok/Foto: Kompas.com

Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang plakat atau biasa disebut PK merupakan varietas berekor pendek yang lebih terkait dengan betta splenders. Bagi orang awam akan mengalami kesulitan untuk membedakan pejantan dan betina, sebab umunya ikan cupang betina memiliki ekor yang lebih pendek dari pejantan.

Namun, berbeda dengan cupang plakat, perbedaan jenis kelamin itu terletak pada sirip bagian perut. Untuk pejantan memiliki sirip pada bagian perut lebih panjang dari betina. Dalam perkembangannya, ada dua jenis plakat lain akibat pembiakan, yakni plakat half moon, dan plakat crown tail.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BETTAZEN (@bettazen)

Ikan Cupang Double Tail

Seperti namanya, ikan cupang ini memiliki sirip ekor ganda, bukan hanya sirip ekor tunggal yang terbelah dua lho! Beberapa dari double tail bahkan tidak memiliki sirip ekor. S

elain itu, jenisnya cenderung memiliki tubuh yang lebih pendek, sirip punggung, dan sirip dubur lebih luas yang biasanya mirip satu sama lain.

Ikan Cupang Hias Giant

Jenis Ikan cupang giant (raksasa) merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam. Ikan Cupang ini tergolong ikan yang beda dibandingkan yang lain, karena ukurannya yang lebih besar dibanding Ikan Cupang pada umumnya.

Dinamakan Giant Betta, artinya ikan ini seperti raksasa dalam golongan percupangan. Namun ikan ini bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Negara Thailand yang ukurannya bisa mencapai 12 cm.

Ikan Cupang Hias Sarawak

Cupang Sarawak adalah jenis yang mudah beradaptasi degan alam. Bahkan, ia dapat hidup pada air bertekanan tinggi. Keren, ya!

Ikan Cupang Hias Surga

Jenis Cupang Surga banyak terdapat di Asia Tenggara seperti beberapa daerah di Indonesia yaitu Sumatra, Jawa, dan Bali. Ikan ini termasuk cupang liar yang saat ini sudah semakin sulit ditemukan sehingga harganya tergolong mahal.

Ikan Cupang Hias Sawah

Ikan yang satu ini termasuk dalam jenis ikan liar. Karena jauh dari jangkauan manusia itulah, harga Cupang Sawah tergolong mahal. Jika semakin bagus dan besar, harganya juga semakin mahal.

Ikan Cupang Hias Spade Tail

Dari melihat gambarnya saja, pasti Anda bisa melihat keunikan dari ikan cupang Spade Tail. Ya! Ekornya melancip, berbeda dengan jenis lainnya. Namun sayangnya, ikan ini tergolong langka.

Ikan Cupang termahal Fancy
Dok/Foto: Gdm.id

Ikan Cupang Hias Fancy

Cupang Fancy terkenal memiliki warna yang cantik. Anda lihat saja kombinasi warna pada tubuh, sirip, dan ekornya. Cocok nih sebagai jenis ikan cupang hias. Gradasi warna dan bentuk ekor yang sangat ciamik menjadikannya ikan hias yang sangat cantik jika diletakkan di dalam akuarium rumah.

Ikan Cupang Hias Emas

Ikan Cupang Hias Emas

Seperti namanya, cupang Emas yang memiliki nama lain Betta unimaculata ini memiliki warna kuning keemas-emasan. Ikan ini banyak ditemukan di sawah, sungai, dan rawa.

Ikan Cupang Hias termahal Veil Tail
Dok/Foto: nippyfish.net

Ikan Cupang Hias Veil Tail

Coba Anda perhatikan ekor ikan cupang yang satu ini. Menarik, bukan? Ekor cupang Veil Tail memang terkenal menawan.

Coccina atau Ikan Cupang Belgi Bangkok

Cupang Coccina atau yang memiliki nama lain cupang Belgi Bangkok ini memiliki bentuk tubuh yang khas dan warna yang menarik.

Ikan Cupang Hias Slayer

Cupang yang satu ini sering menjadi favorit banyak orang. Bagaimana tidak? Bentuk ekor dan sirip dari cupang Slayer sangat indah. Warna terang pada tubuhnya juga membuatnya semakin menarik.

Ikan Cupang Hias Halfsun

Cupang Halfsun merupakan hasil perkawinan silang antara cupang Halfmoon dan Crown Tail. Disebut Halfsun karena sirip dan ekornya mirip dengan bentuk matahari.

Ikan Cupang Hias Over Halfmoon

Jika Cupang Halfmoon dapat membentangkan ekornya menjadi bentuk setengah lingkaran, Jenis Over Halfmoon ini dapat membentangkan ekornya melebihi setengah lingkaran

jenis Ikan Cupang Hias Dumbo atau Big Ear
Dok/Foto: Indonesiabettafish

Ikan Cupang Hias Dumbo atau Big Ear

Ikan cupang Dumbo ini sering disebut cupang Big Ear karena sirip telinganya yang sangat lebar seperti sayap. Persis seperti karakter kartun Dumbo.

Ikan Cupang Hias Snakehead (Betta channoides)

Siapa sangka, ikan cupang liar yang satu ini ternyata asli Indonesia, lho. Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, cupang Snakehead adalah ikan cupang endemik yang hanya ada di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Ikan Cupang Hias Snakehead (Betta channoides)

Harga ikan cupang termahal di Indonesia

Melansir dari Fish Base, hingga saat ini setidaknya ada 52 jenis ikan cupang yang dimiliki perairan Indonesia. Namun tak semua jenis ikan cupang bernilai tinggi. Hanya sekitar 5 jenis ikan cupang termahal, yang umumnya berdasarkan karakteristik unik yang dimilikinya.

Faktor penentuan harganya pun beragam. Bisa karena warnanya yang eksotis, bentuk tubuh yang unik, keahliannya dalam bertarung, bobot, dan lainnya. Berikut ini 5 jenis ikan cupang termahal di Indonesia, di antaranya:

Ikan cupang termahal Half Moon

Jenis ini mempunyai varian warna yang beragam mulai dan merah menyala, kuning dan warna lainnya. Sesuai namanya, ikan cupang ini mirip dengan bentuk bulan separuh (half moon) yang berasal dari Thailand.

Di berbagai marketplace yang dijual di Indonesia, harga ikan cupang half moon dibanderol sekitar Rp3 juta. Sedangkan dalam sebuah lelang online di Thailand, ikan ini berhasil dijual dengan harga Rp8 juta.

Ikan cupang hias termahal Double Tail

Ikan cupang termahal yang memiliki bentuk ekor terbelah dua ini, tak mudah didapatkan meski peminatnya banyak. Faktor langka ini pula yang membuat harga ikan cupang double trail menjadi mahal. Tak tanggung-tanggung harga satu ekor cupang double tail berwarna gold dipatok harga Rp2 juta.

Ikan cupang termahal plakat

Ikan cupang termahal yang satu ini memiliki warna yang indah sekaligus ekor yang menawan. Penamaannya sendiri verasal dari istilah di Thailand, “Plakat” yang berarti pertarungan atau laga, sebab ikan ini difungsikan sebagai ikan aduan. Untuk satu ekornya dijual Rp1 juta.

Ikan cupang hias giant

Ikan ini diklaim memiliki ukuran terbesar hingga mencapai 12 cm yang dikembangkan dari perkawinan silang antara cupang plakat dan cupang jenis lainnya. Cupang Giant  yang terkenl dipasaran , yakni cupang jenis halfmoon giant, double tail giant, dan crown tail giant yang dipatok harga mencapai Rp400 ribu per ekornya.

Ikan cupang hias fancy

Ikan ini sangat ikonik dengan garis warna tunggal di tubuh bagian depannya, yang bisa mencapai harga Rp10 juta pada sebuah acara lelang daring di Thailand. Sedangkan dalam sebuah marketplace di Indonesia, harga ikan cupang fancy dipatok Rp300 ribu per ekornya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button