OlahragaNews

2 Langkah Sederhana Main Catur untuk Kecoh Lawan

Hobring.com – Kecoh lawan ketika bermain catur bukan hal yang tidak mungkin atau sulit untuk dilakukan. Perhatikan 2 langkah sederhana ini dan menangkan permainan kalian.

Mengingat permainan catur membutuhkan kesabaran, konsentrasi, dan keterampilan strategi tinggi, titik baliknya biasa datang saat salah satu pemain terlalu terfokus dalam merencanakan langkah berikutnya sehingga meninggalkan celah yang menguntungkan lawan.

Itulah kenapa penting mempelajarai cara memancing lawan dengan benar, atau mengecohnya demi membuka peluang supaya bisa memenangkan permainan.

Dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini, semoga dapat meningkatkan kerumitan permainan kalian dan memastikan lawan kecolongan.

Baca juga:

Pancing Lawan dengan Tinggalkan Bidak yang Tidak Terlindungi

Biarkan saja salah satu bidak tidak terlindungi, atau setidaknya buat bidak seakan tidak terlindungi supaya lawan terburu-buru melangkah. Mengumpan merupakan salah satu taktik dasar dalam permainan catur yang paling ampuh.

Sebagian besar strategi dan rangkaian langkah rumit di catur merupakan bentuk pengumpanan yang canggih. Pastikan kaluan memikirkan semua langkah tindak lanjut di kepala sebelum mengambil risiko untuk membiarkan salah satu bidak tidak terlindungi.

“Anda bisa mencoba mengecoh lawan dengan ‘mengorbankan semuanya’ seperti dalam permainan poker. Cobalah mengorbankan salah satu bidak untuk menyerang. Lawan mungkin akan terkecoh, atau Anda akan kehilangan bidak. Namun, terkadang, lawan tidak akan mengambil bidak tersebut karena takut. Ia mengira Anda mengetahui sesuatu yang tidak diketahuinya,” kata Vitaly Neimer, Master Catur Internasional, dilansir dari wikiHow.

Gertak Lawan dengan Posisi yang Baik

Meski lawan punya lebih banyak bidak di papan, kalian dapat menangkal keuntungannya dengan meletakkan bidak terkuat ke posisi yang strategis dan terlindung dengan baik.

Misalnya, mengatur salah satu benteng menempati posisi bagus sehingga bidak raja lawan tidak kabur, sembari memakan bidak kecil lawan dan kabur jika diperlukan.

Kemudian, terapkan blockade dengan menghalangi jalur lawan sehingga tidak bisa melanjutkan langkah.

Kalian bisa bikin lawan mengorbankan bidak berharga untuk menembus blokade kalian, atau memanfaatkan posisi dominan kalian untuk memancing lawan.

Jadi, pemosisian yang lebih baik bisa membuat lawan urung melanjutkan rencana dan memaksanya mengikuti permainan yang telah kalian siapkan.

Kalau kalian bermain dengan cermat tanpa meninggalkan celah, kalian dapat menjatuhkan semangat lawan dan memaksanya bermain bertahan.

Mengontrol permainan sering kali lebih bagus daripada sekadar memiliki lebih banyak bidak.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button