NewsLifestyle

15 Jenis Tanaman Hias Gantung yang Tahan Panas

Tanaman hias gantung yang tahan panas dan cocok untuk pemula

Hobring.com – Tanaman hias gantung adalah media tanam yang tak hanya membuat lingkungan Anda tampak asri tapi juga membuatnya menjadi lebih estetik. Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis, beberapa jenis tanaman hias gantung yang tahan panas adalah pilihan yang tepat sebelum Anda membudidayakannya.

Hobi budidaya tanaman hias kini semakin diminati oleh banyak orang khususnya tanaman hias gantung. Namun sayangnya, tak semua tanaman hias dapat tumbuh dengan baik khususnya dalam cuaca ekstrem seperti panas.

Jika Anda ingin budidaya tanaman hias gantung, pastikan Anda memiliki referensi yang tepat dan terpercaya. Hobring.com akan merekomendasikan jenis-jenis tanaman hias gantung yang tahan panas dan cocok untuk para pemula.

1.Boxwoods

Tanaman hias gantung yang tahan panas dan cocok untuk pemula adalah Boxwoods. Sejak pertama kali dibawa dari Eropa ke Amerika Utara di tahun 1600 an, Boxwoods adalah tanaman yang dapat tumbuh subur diberbagai cuaca termasuk di bawah teriknya sinar matahari.

tanaman hias gantung tahan panas
Boxwood. Foto Pinterest

Sebagai tanaman hias gantung yang tahan panas, Boxwoods merupakan tanaman dengan 90 spesies berbeda dan ada lebih dari 300 kultivar. Hal itu membuat tanaman yang satu ini memiliki banyak pilihan untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.


Baca Juga:


2.SunPatiens

Menanam tanaman hias seperti sunpatiens, sangatlah mudah dalam perawatannya. Sunpatiens lebih menyukai tanah yang memiliki drainase baik dan kaya bahan organik.

tanaman hias gantung tahan panas
SunPatiens. Foto: Pinterest

Adapun jenis tanaman hias gantung yang tahan panas ini dapat tumbuh dengan sangat baik di wadah dan tempat tidur taman. Mereka bahkan menyukai sinar matahari langsung atau area yang teduh.

3.English Ivy

Jenis tanaman hias gantung yang tahan panas berikutnya adalah English Ivy atau dengan nama ilmiahnya Hedera Helix. Sebagai tanaman merambat, English Ivy dapat menjadi bagian dari penutup tanah.

Tak hanya itu saja, English Ivy juga dapat menyebar secara horizontal dengan mencapai ketinggian sekitar 8 inci. Waktu terbaik untuk menanam ivy Inggris adalah musim semi. Sehingga, English Ivy sangat cocok untuk daerah tropis dengan cuaca yang panas.

4.Lantana

Lantana adalah jenis tanaman hias gantung yang bunganya mirip verbena dan telah lama dikagumi karena waktu mekarnya yang panjang.

Sebagai tanaman yang dapat hidup di wilayah tropis, Lantana memiliki ciri-ciri yang luar biasa. Adapun karakteristik dari Lantana adalah setiap kepala bunga Lantana sering kali menampilkan banyak warna.

tanaman hias gantung tahan panas
Lantana. Foto: The Spruce

Selain itu, ciri lain dari jenis tanaman hias gantung yang tahan panas ini adalah menciptakan sebuah kaleidoskop warna yang artinya ada berbagai warna cantik pada Lantana.

Lantana memiliki ukuran sekitar 1 hingga 2 inci dan terdiri dari banyak bunga kecil yang diatur dalam bentuk bola. Nuansa bunga bervariasi yang dimiliki Lantana adalah lavender, oranye, merah, mawar, merah muda, emas dan putih.

5.Succulent

Succulent adalah tanaman hias yang hampir serupa dengan kaktus. Kebanyakan succulents lebih menyukai suhu tetap antara 60 dan 90 derajat. Umumnya, succulents ditempatkan di dalam wadah. Kebanyakan dari tanaman hias ini berada di pot kecil.

tanaman hias gantung tahan panas
Succulent. Foto: Country Living Magazine

Hampir setiap hari, air dalam pot mengering dengan cepat dan terkadang dalam satu atau dua hari saja succulents yang dibiarkan akan kering.

Meskipun tergolong sebagai jenis tanaman hias gantung yang tahan panas, tapi bukan berarti succulent tidak membutuhkan air. Anda tetap bisa memberikan air secara berkala agar tetap lembap.

6.Mandevilla

Mandevilla adalah jenis tanaman hias gantung yang tahan panas dan bagian dari tanaman merambat.

Sebagai tanaman yang populer, Mandevilla dapat tumbuh dalam kondisi wilayah yang tropis dan membutuhkan cahaya matahari secara langsung.

Oleh karena itu, tanaman merambat ini dapat tumbuh subur dan mekar dengan cara yang paling baik yakni ketika berada di bawah sinar matahari secara penuh.

7.Sun Impatiens

Umumnya Sun Impatiens dapat tumbuh dengan subur pada kondisi cuaca yang panas. Sehingga, jenis tanaman hias gantung yang satu ini merupakan tanaman yang dapat hidup di daerah tropis.

tanaman hias gantung tahan panas
Sun Impatiens. Foto: The San Diego Union

Meskipun bisa bertahan pada cahaya sinar matahari langsung, Sun Impatiens tetaplah tanaman hias yang cenderung membutuhkan kondisi tanah yang lembap.

Oleh karena itu, memerhatikan drainase Sun Impatiens menjadi begitu penting jika Anda ingin jenis tanaman hias gantung yang tahan panas ini dapat tumbuh dengan baik.

8.Zinnia

Jenis tanaman hias gantung yang tahan panas selanjutnya adalah Zinnia. Tanaman yang satu ini dapat tumbuh dan berbunga ketika berada di bawah sinar matahari langsung.

Mereka juga dapat berbunga di tempat teduh, terutama di daerah beriklim hangat seperti pada waktu sore hari. Namun Zinnias mungkin lebih rentan terhadap penyakit dan berbunga lebih sedikit.

Bagi para pemula yang ingin membudidayakan tanaman hias yang satu ini, Anda perlu mengetahui bahwa Zinnias akan tumbuh di tanah subur dan memiliki drainase baik yang kaya bahan organik.

Selain itu, tanah yang dikeringkan dengan baik sangatlah penting karena bibit Zinnia rentan membusuk di tanah yang sejuk dan basah.

9.Euphorbia

Umumnya, Euphorbia adalah jenis tanaman hias gantung yang tahan panas meskipun beberapa tanaman tetap akan tumbuh jika ditempatkan di tempat yang sejuk.

tanaman hias gantung tahan panas
Euphorbia. Foto: Pinterest

Tanaman dengan dedaunan ungu tua atau kemerahan ini akan memiliki warna yang lebih pekat jika ditanam di bawah sinar matahari.

Oleh karena itu, Euphorbia akan dapat tumbuh subur jika diletakan di bawah sinar matahari yang cerah. Bagi Anda yang ingin memulai budidaya Euphorbia, tanaman hias yang satu ini sangat cocok untuk pemula.

10.Citronella

Citronella yang memiliki nama ilmiah Pelargonium citronellum dikenal sebagai tanaman serai yang wangi sekaligus jenis tanaman hias gantung yang tahan panas.

Tanaman Citronella lebih menyukai suhu hangat dan tanah yang dikeringkan dengan baik serta diletakan di lokasi dengan sirkulasi udara yang baik.

Tanaman hias yang satu ini dapat menerima sinar matahari penuh selama enam hingga delapan jam setiap hari.

Bagi Anda yang baru mulai membudidayakannya, Anda perlu memberikan jarak pada setiap tanaman sekitar 12 hingga 24 inci agar Citronella dapat tumbuh dengan baik.

Meskipun dapat tahan terhadap panasnya sinar matahari, Citronella tetap membutuhkan air yang cukup agar menjaga kelembapan tanahnya.

11.Persian Shield

Persian Shield merupakan jenis tanaman hias gantung yang tahan panas dengan memiliki dedaunan ungu yang menakjubkan karena kilauannya yang berwarna-warni.

Warnanya yang unik membuat Persian Shield menjadi tanaman pilihan teratas untuk kombinasi berbagai tanaman hias.

Sebab ukurannya yang tidak terlalu besar yakni sekitar 3 kaki, maka Persian Shield cocok menjadi tanaman hias yang ditanam di mana saja.

12.Coleus

Umumnya, Coleus lebih menyukai sinar matahari pagi secara penuh dan cahaya matahari yang teduh ketika di sore hari.

Namun beberapa tanaman jenis Coleus dapat bertahan pada sinar matahari penuh sepanjang hari dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

tanaman hias gantung tahan panas
Coleus. Foto: Homer’s Travels

Pada musim kemarau, biasanya coleus masih dapat menunjukkan dedaunan yang cerah saat ditempatkan di tempat yang teduh.

Namun ketika diletakan di dalam ruangan, jenis tanaman hias gantung yang tahan panas ini justru membutuhkan cahaya yang terang untuk dapat menghasilkan daun yang berwarna-warni.

13.Agave

Agave adalah salah satu jenis tanaman seperti Succulents yang sangat cocok diletakan pada wilayah tropis. Lokasi dengan sinar matahari langsung, sangat ideal untuk sebuah jenis tanaman hias gantung yang tahan panas.

Sehingga, bagi Anda mulai budidaya agave, sebaiknya tanaman hias ini ditempatkan di daerah yang sangat panas dan kering.

Tanaman hias agave juga dapat hidup dan tumbuh di daerah yang sejuk dan teduh. Oleh karena itu, dianjurkan juga agar diletakan di tempat yang sudah tersedia perlindungan dari sinar matahari langsung.

14.Angelonia

Salah satu tanaman hias yang cocok untuk tempat yang panas dan cerah adalah angelonia dengan menghasilkan bunga berwarna ungu muda, ungu, merah muda, biru, atau putih yang indah sepanjang musim panas.

Karena angelonia adalah jenis tanaman hias gantung yang tahan pas. Maka angelonia dapat tanam di lokasi yang menerima setidaknya 6 hingga 8 jam sinar matahari secara langsung setiap hari.

tanaman hias gantung tahan panas
Angelonia. Foto: Cosra Farms

Meskipun lebih tahan kekeringan, angelonia juga suka jika disiram saat tanah terasa kering ketika Anda menyentuhnya.

Supaya angelonia tetap dalam bentuk terbaik, Anda bisa memberikan pupuk cair setiap beberapa minggu sekali.

15.Plumbago

Plumbago dengan nama ilmiahnya Plumbago Auriculata adalah sebuah tanaman hias asal Afrika Selatan yang dikenal sebagai bunga langit.

Umumnya Plumbago adalah semak yang ada di alam sekitarnya dengan tumbuh setinggi 6 hingga 10 kaki (1-3 m) dan penyebaran 8 hingga 10 kaki (2-3 m).

tanaman hias gantung tahan panas
Plumbago. Foto: Pinterest

Karena berasal dari wilayah tropis, maka Plumbago tak hanya tumbuh subur di Afrika Selatan tapi juga di Amerika Serikat khususnya di bagian paling selatan Texas dan Florida.

Sebagai jenis tanaman hias gantung yang tahan panas, maka Plumbago sangat cocok jika diletakan di bawah sinar matahari langsung dan akan tumbuh dengan baik jika disirami dengan air yang cukup.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button