TravelingNews

10 Tempat Wisata di Pangelangan yang Penuh Panorama Alam

Hobring.com – Mengunjungi tempat wisata di Pangelangan tentu bakal bikin kalian berpikir betapa hijau dan asrinya kawasan tersebut. Kalau menyukai panorama alam, datang ke sana bukanlah sebuah kekeliruan.

Patut disayangkan jika kalian termasuk orang yang sering mondar-mandir ke Bandung, tetapi, absen untuk mampir ke kawawan Pangelangan. Ketahuilah, kalian akan berpikir betapa hijau dan asrinya kawasan tersebut, terlebih kalau kalian menyukai perihal panorama alam.

Artikel kali ini, Hobring merangkum 10 tempat wisata di Pangelangan yang bisa jadi pilihan kalian untuk melupakan sesaat hiruk pikuk kehidupan perkotaan, agar isi kepala tidak melulu penuh dengan gedung-gedung bertingkat, sampai kebisingan suara kendaraan bermotor. Selengkapnya di bawah ini.

Baca juga:

Kampung Singkur

Tempat-Wisata-di-Pangelangan-Kampung-Singkur-Hobring
Foto: Instagram/kampung_singkur

Tempat wisata di Pangalengan yang pertama adalah Kampung Singkur, berlokasi di Desa Warnasari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Destinasi berupa kampung wisata ini sangat ideal sebagai tempat untuk melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

Wisatawan bakal dimanjakan dengan beragam wahana liburan di sana, contohnya arung jeram, paint ball, flying fox, hingga river tubing. Bukan cuma bervariasi, harga yang harus dibayar oleh pengunjung terbilang sangat ramah di kantong, para pelancong hanya perlu menebus tiket masuk kisaran Rp10 ribu saja.

Perkebunan Teh Malabar

Tempat-Wisata-di-Pangalengan-Perkebunan-Teh-Malabar-Hobring
Foto: ngaderes.com

Tempat wisata di Pangalengan yang kedua ialah Perkebunan Teh Malabar, berlokasi di Desa Banjarsari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung.Perkebunan teh ini berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut. Oleh sebabnya, wisatawan akan merasakan keindahan khas puncak di tengah hijaunya kebun teh.

Sebaiknya, datanglah pada pagi hari untuk dapat menyaksikan fenomena matahari terbit, karena di sana merupakan salah satu spot terbaik di Jawa Barat. Bicara mengenai produksi tehnya, perkebunan dengan lahan seluas sekitar 2.000 hektar ini mampu mengolah 60 kg pucuk teh per harinya.

Perkebunan Teh Cukul

Tempat-Wisata-di-Pangalengan-Perkebunan-Teh-Cukul-Hobring
Foto: destinasibandung.co.id

Tempat wisata di Pangalengan ketiga, yaitu Perkebunan Teh Cukul yang terletak di Desa Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung ini bisa jadi pilihan lain ketika para pelancong sudah bosan dengan Perkebunan Teh Malabar, jadi jangan ragu untuk mencobanya.

Perkebunan Teh Cukul memiliki sejumlah spot menarik untuk berfoto ria bagi wisatawan, mungkin hal itu yang menjadi alasan kenapa kebanyakan kalangan muda-mudi yang bertandang ke sana. Salah satu di antaranya danau yang berada tidak jauh dari perkebunan.

Curug Panganten

Tempat-Wisata-di-Pangalengan-Curug-Penganten-Hobring
Foto: jejakpiknik.com

Tempat wisata di Pangalengan keempat, yakni Curug Penganten, beralamat di Desa Padaasih, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat. Air terjunnya memiliki keunikan karena terdapat dua aliran yang saling berdampingan layaknya kedua mempelai di atas pelaminan.

Atas dasar itulah, ia diberi sebutan sebagai Curug Panganten yang dalam bahasa Sunda berarti air terjun pengantin. Curug ini sendiri, punya air sungai yang bersih dan jernih sehingga dapat menjadi tempat untuk menceburkan diri sambil menikmati kesegaran udaranya karena dikelilingi pepohonan.

Curug Ceret

Tempat-Wisata-di-Pangalengan-Curug-Ceret-Hobring
Foto: Istimewa

Tempat wisata di Pangalengan yang kelima, Curug Ceret, merupakan sebuah air terjun yang posisinya ada di tepi jalan, alhasil ia selalu mencipratkan air hingga membasahi jalanan didekatnya. Lokasinya sendiri, berada di Desa Plengan, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, dekat kawasan PLTA Indonesia Power.

Ketiinggain Curug Ceret cuma mencapati 5 meter di mana air terjunnya bersumber dari mata air yang melalui celah batu dan akar pohon. Andai wisatawan ingin menyaksikan keindahan darinya, cobalah datang saat matahari sedang cerah karena akan memantulkan cahaya di atas aliran air sehingga menciptakan pelangi mini, sebuah perpaduan kejernihan air dan warna-warna pelangi yang menawan.

Situ Cileunca

Tempat-Wisata-di-Pangalengan-Situ-Cileunca-Hobring
Foto: Istimewa

Tempat wisata di Pangalengan keenam adalah Situ Cileunca di mana berlokasi di Desa Wanasari, Kec. Pangelangan, Kab. Bandung. Destinasi wisata ini merupakan danau buatan seluas 1400 hektar dengan panorama yang sungguh memikat.

Disarankan, jika ingin berkunjung ke sana, datanglah sewaktu pagi untuk melihat matahari terbit atau sore hari agar bisa menyaksikan fenomena matahari tenggelam. Situ Cileunca, juga  memiliki area perkebunan arbei dan jeruk.

Wahana lainnya, seperti naik perahu mesin untuk menjelajahi Situ Cileunca dan spot menarik untuk mengambil foto Jembatan Cinta. Kemudian, terdapat pula Sungai Palayangan bagi pencinta aktivitas arung jeram. Area rafting di sungai yang mengalir dari Situ Cileunca ke Hutan Pinus Rahong ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam.

Posisi sungai yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini ideal untuk kalangan pemula ataupun yang telah mahir dalam arung jeram. Ia terbilang istimewa karena tepi sungainya merupakan kawasan hutan dan kebun. Mulai dari hutan pinus, kebun teh, dan kebun sayur-sayuran akan menemani sepanjang perjalanan.

Hutan Pinus Rahong

Tempat-Wisata-di-Pangalengan-Hutan-Pinus-Rahong-Hobring
Foto: brisik.id

Tempat wisata di Pangalengan ketujuh ialah Hutan Pinus Rahong yang terletak di Desa Pulosari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Hutan wisata berupa pepohonan pinus ini telah menjadi destinasi wisata populer khusnya warga sekitar. Karena Suasananya yang sejuk dengan panorama alam yang memukau, bikin para wisataman betah untuk berlama-lama di sana.

Sebagai informasi, pepohonan di daerah resapan air ini, getaha dan batang kayunya dimanfaatkan untuk pembuatan tripleks. Kalau beruntung, pengunjung dapat melihat-lihat aktivitas petani pinus sambil menikmati keindahan atmosfer hijaunya.

Penangkaran Rusa Kertamanah

Tempat-Wisata-di-Pangalengan-Penangkaran-Rusa-Kertamanah-Hobring
Foto: Istimewa

Tempat wisata di Pangalengan kedelapan, yaitu Penangkaran Rusa Kertamanah yang beralamat di Jln. PTPN VIII, Desa Kertamanah, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung ini jangan sampai dilewatkan ketika ingin berekreasi daerah Pangalengan.

Penangkaran ini menjadi habitat bagi sekumpulan populasi rusa, dan para pengunjung memilki kesempatan untuk melihat langsung dan berbaur dengan rusa-rusa di sana. Selain itu, ia juga menghadirkan pemandangan hijau yang menyegarkan mata

Menariknya, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, misalnya saja bermain futsal, arung jeram, flying fox, ATV circuit, hingga berkemah. Tentu, ia cocok menjadi tempat liburan bagi sanak keluarga.

Gunung Artapela

Tempat-Wisata-di-Pangalengan-Gunung-Artapela-Hobring
Foto: backpackerjakarta.com

Tempat wisata di Pangalengan kesembilan, yakni Gunung Artapela yang berlokasi di Desa Sukapura, Kec. Kertasari, Kab. Bandung. Gunung yang telah berstatus tidak aktif ini memiliki ketinggian 2.194 meter di atas permukaan air laut. Ia senidiri sudah menjadi pilihan favorit di kalangan pendaki pemula.

Kendati tidak begitu tinggi untuk didaki, namun, Gunung Artapela menawarkan pemandangan yang begitu indah. Terdapat kawasan padang rumput dan Danau Aul yang menjadi spot favorit di gunung ini. Momen matahari terbit dan matahari senja juga menjadi hal yang selalu ditunggu-tunggu para pelancong.

Gunung Wayang

Tempat-Wisata-di-Pangalengan-Gunung-Wayang-Hobring
Foto: radarjember.id

Tempat wisata di Pangalengan kesepuluh, Gunung Wayang, terletak di Desa Banjarsari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Gunung ini, punya ketinggian lebih pendek dari Gunung Artapela, yaitu kira-kira 2.182 meter di atas permukaan laut.

Sebelum mendaki ke gunung, para pendakai bakal melewati area perkebunan teh milik warga sekitar. Dan untuk mencapai punyaknya, estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih dua jam. Ingat, tetaplah hati-hati ketika melakukan pendakian, sebab medannya sangat menanjak.

Demikan rangkuman tempat wisata di Pangalengan dari Hobring yang bisa kalian coba untuk menambah keseruan berwisata. Semoga artikel ini dapat memperkaya referensi para wisatawan sehingga memperoleh pengalaman baru saat liburan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button