NewsTraveling

10 Tempat Wisata di Langkawi yang Wajib Dikunjungi Pelancong

Apa saja tempat wisata di Langkawi yang paling ingin Anda kunjungi?

Hobring.com – Langkawi merupakan salah satu distrik dan kepulauan yang berada di dekat Selat Malaka. Terkenal sebagai salah satu pulau terbesar di Malaysia. Ternyata ada ragam tempat wisata di Langkawi yang wajib dikunjungi oleh pelancong.

Berbatasan dengan pantai barat laut Malaysia, Pulau Langkawi memiliki beragam destinasi wisata yang menarik dan sayang sekali jika dilewatkan.

Sebagai wilayah yang dipimpin oleh Kerajaan Negeri Kedah, Pulau Langkawi tidak hanya terkenal dengan patung elang sebagai ikoniknya. Namun ada banyak pesona dan panorama alam yang memesona dan menakjubkan.

Sebelum berkunjung ke Pulau Langkawi, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa destinasi tempat wisata di Pulau Langkawi yang wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Cenang

Pantai Cenang adalah pantai dengan kota tersibuk di Pulau Langkawi, di mana Anda dapat menemukan beragam kafe dan restoran, serta beberapa toko suvenir, dan gerai di sepanjang jalur pantainya yang indah.


Baca Juga:


Hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk berkendara dari Bandara Internasional Langkawi menuju Pantai Cenang.

Tempat wisata di Langkawi yang satu ini adalah tujuan liburan yang populer bagi para pelancong dari berbagai negara di dunia.

Selain itu juga, Anda akan menemukan beberapa tempat wisata yang ramah bagi anak-anak seperti Underwater World Langkawi, Rice Garden Museum, dan masih banyak lagi.

Pantai Cenang sendiri memiliki pasir putih dan air yang jernih. Tempat tersebut juga cocok untuk untuk sekadar berjemur di bawah sinar mentari atau berolahraga air seperti jet ski dan parasailing.

Anda tidak perlu khawatir tentang penginapan karena Pantai Cenang memiliki banyak tempat penginapan mulai dari yang hemat untuk backpacker sampai liburan ala sultan dengan fasilitas wahid.

Pada malam hari, Pantai Cenang juga kalah mengasyikan tatkala menikmati desiran ombak tepi pantai sambil makan cemilan ringan, serta menyaksikan pertunjukan musik dan budaya secara langsung hingga larut malam.

2. Dataran Lang

Dikenal sebagai Eagle Square, Dataran Lang adalah salah satu tempat wisata di Langkawi yang juga terkenal dikalangan wisatawan.

Ketika Anda berada di Dataran Lang, Anda akan menemukan sebuah patung elang dengan ukuran besar sekitar 12 meter yang sedang bersiap untuk terbang.

Dari tempat tersebut, Anda akan melihat pemandangan yang menyambut pengunjung ke pulau Langkawi melalui kapal feri dan Eagle Square adalah salah satu monumen pulau yang paling langsung dikenali.

Terletak di sudut tenggara Pulau Langkawi, selain menawarkan pemandangan Teluk Kuah yang indah, Dataran Lang juga memiliki miniatur air mancur, teras, dan jembatan yang memesona.

Hal itu tentu saja menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk berswafoto dengan latar belakang ikon dari Pulau Langkawi tersebut.

Patung elang berwarna cokelat kemerahan di Dataran Lang dibangun sebagai bagian dari lambang pulau Langkawi.

Menurut cerita rakyat, nama Langkawi berasal dari dua kata Melayu yaitu ‘helang’ (elang) dan ‘kawi’ (cokelat kemerahan). Kemudian masyarakat sekitar pun menyebutnya dengan sebuatan Langkawi.

3. Kampung Air Hangat

Kampung Air Hangat atau lebih popular dengan sebutan Ayer Hangat adalah sebuah desa modern yang terletak 14 kilometer dari Kota Kuah yakni kota terbesar di Pulau Langkawi.

Sebagai desa budaya yang modern, Kampung Air Hangat merupakan tempat wisata di Langkawi yang wajib Anda kunjungi saat berpetualang.

Terdapat sumber mata air panas yang langka membuat Kampung Air Hangat menjadi destinasi wisata yang paling diburu oleh para pelancong.

Jika ada banyak tempat yang memiliki sumber mata air panas dengan rasa tawar. Beda cerita dengan mata air panas di Kampung Air Hangat yang memiliki rasa asin.

Hanya ada tiga di dunia termasuk sumber mata air panas di Kampung Air Hangat. Hal itu kemudian membuat tempat tersebut menjadi alasan mengapa banyak orang ingin sekali mengunjunginya.

4. Tasik Dayang Bunting

Mungkin pertama kali saat Anda mendengar kata Tasik yang terlintas dipikiran Anda adalah salah satu kota di Jawa Barat.

Namun ternyata Tasik Dayang Bunting di Pulau Langkawi merupakan tempat wisata berupa danau terbesar yang sangat memesona.

Terletak di Pulau Dayang Bunting, danau yang satu ini merupakan danau yang sekilas menyerupai bentuk wanita hamil sedang berbaring telentang.

Sebuah legenda masyarakat setempat menceritakan bahwa danau Tasik Dayang Bunting memiliki kekuatan magis karena ada seorang putri yang telah memberkati air danau tersebut.

Oleh karenanya, Tasik Dayang Bunting diyakini bahwa bagi setiap wanita yang belum dapat mengandung dan memiliki keturunan, mungkin akan memiliki buah hati setelah minum air dari danau ini.

Pulau Dayang Bunting sendiri adalah pulau tidak berpenghuni dan merupakan pulau terbesar kedua di Langkawi. Untuk menuju tempat tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan perahu yang telah disediakan dari Dermaga Kuah.

Dikelilingi oleh pohon bakau dan formasi batu kapur, danau air tawar ini adalah tempat yang sangat bagus untuk berenang atau sekadar menikmati suasana alam yang menakjubkan.

5. Pulau Payar Marine Park


Jika Anda memiliki hobi snorkeling, Pulau Payar Marine Park adalah tempat wisata di Langkawi yang paling popular untuk menyelam.

Kaya akan biota lautnya, Pulau Payar Marine Park memiliki satu pulau besar yakni Pulau Payar dan tiga pulau kecil yaitu Pulau Kaca, Pulau Lembu, dan Pulau Segantang.

Untuk mencapai tempat yang satu ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari dermaga Kota Kuah menggunakan speedboat yang telah disediakan.

Pulau tidak berpenghuni ini ternyata diatur ketat oleh Dinas Perikanan Kedah setempat. Tak heran, terdapat karang warna-warni yang dilindungi dan dilestarikan dengan baik karena perairannya pun juga terlindungi.

Agar Anda dapat menikmati panorama alam bawah launya, sebaiknya Anda harus mendapatkan izin dari pihak berwenang.

Anda juga dilarang keras memancing dilarang keras diperairan. Nah, sebagai alternatifnya, Anda dapat bergabung dengan grup wisata setempat.

6. Tanjung Rhu Beach

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh David Wu (@davidwu95)

Destinasi tempat wisata di Langkawi selanjutnya adalah Pantai Tanjung Rhu atau Tanjung Rhu Beach. Terletak tepat berada di luar Pantai Pasir Hitam, Tanjung Rhu memiliki salah satu garis pantai terbaik di Pulau Langkawi.

Saat Anda mengunjungi, air sebening kristal dan pasirnya yang halus seperti bubuk akan menyambut kedatangan Anda disertai deburan ombak yang saling bersahutan.

Untuk menuju pantai ini, Anda harus melewati koridor hutan yang begitu lebat. Daerah ini benar-benar terpencil dengan suasana yang sunyi dan damai.

Selain itu juga, dibatasi oleh tebing batu kapur yang berselang-seling, Pantai Tanjung Rhu sangat memesona dan memiliki kualitas udara yang segar, bersih dan sejuk.

7. Seven Wells Waterfall

Setelah puas bermain di kota dan pantai Langkawi yang mengagumkan. Sesekali Anda perlu menjelajah masuk ke dalam hutan untuk menemukan sebuah air terjun yang menakjubkan.

Air Terjun Telaga Tujuh atau Seven Wells Waterfall disebut sebagai objek tempat wisata alam paling indah di pulau Langkawi.

Terletak di tanjung barat Langkawi, nama air terjun tersebut mengacu pada serangkaian tujuh kolam alami yang saling terhubung satu sama lain dengan dialiri oleh tujuh air terjun secara terpisah di Gunung Mat Cincang.

Bagi Anda yang suka petualangan menantang, mendaki ke puncak air terjun dengan melewati bebatuan besar dan melalui tujuh kolam akan memicu serta meningkat adrenalin Anda.

Dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 45 menit, di sepanjang jalan nanti, Anda kemungkinan besar akan melihat kera, burung enggang dan tupai raksasa yang belum pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Bagaimana? Anda tertarik berpetualang ke Seven Wells Waterfall?

8. Laman Padi Langkawi

Dalam bahasa Melayu, Laman berarti ladang dan Padi artinya beras. Jadi, Laman Padi Langkawi pada dasarnya merupakan sawah yang berada di Pulau Langkawi.

Yang membedakan dengan dengan area pesawahan lainnya adalah Laman Padi Langkawi adalah kompleks terbuka yang luas dan terdiri dari sejumlah sawah, perkebunan herba, serta galeri atau museum sebagai tempat pameran pada proses dan evolusi budidaya panen padi di Langkawi.

Tempat wisata di Langkawi yang satu ini sangat cocok sekali bagi Anda yang tertarik dengan dunia agrikultur.

Lokasi Laman Padi Langkawi berdekatan dengan Pantai Cenang. Didirikan sejak tahun 1999, tempat wisata alam ini adalah tempat terbaik untuk menghabiskan waktu berjam-jam dan mencari ketenangan.

9. Datai Bay

Datai Bay atau Teluk Datai adalah hamparan pantai eksklusif yang hanya diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin merasakan kemewahan ala sultan di pesisir pantai Pulau Langkawi.

Tempat wisata di Langkawi ini memiliki pantai yang bersih dan airnya yang jernih. Dari kejauhan, Anda bisa melihat pulau-pulau kecil yang indah menghiasi perairan dan udaranya yang begitu segar serta sejuk.

Selain itu juga, pantai sepanjang 1,5 kilometer ini akan memberikan Anda sensasi yang menakjubkan. Anda akan serasa seperti memiliki pantai pribadi yang sangat jarang dikunjungi oleh banyak orang.

Karena banyak resor bintang lima yang menempati wilayah Datai Bay, tak heran jika teluk yang satu ini menjadi sangat eksklusif dan terkesan elit.

10. Langkawi UNESCO Global Geopark

Langkawi UNESCO Global Geopark adalah wilayah geografis tunggal dan terpadu yang diakui oleh UNESCO dan memiliki warisan arkeologi serta biologi yang kaya dengan dikelola sesuai konsep perlindungan secara internasional, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan.

Pada 2007, Langkawi dianugerahi oleh UNESCO sebagai Global Geopark di mana Global Geopark ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara dan satu dari hanya 147 di seluruh dunia hingga saat ini.

Taman Geopark Global UNESCO Langkawi terdiri dari Taman Geoforest Kambrium Machinchang, Taman Geoforest Kilim Karst, Taman Geoforest Marmer Dayang Bunting, dan Jalur BioGeo Kubang Badak.

Adapun, masing-masing taman geoforest ini menampilkan warisan geologis, biologis, dan budaya yang signifikan.

Dengan banyaknya keajaiban alam yang menakjubkan, mulai dari formasi batuan kuno dan puncak gunung yang tinggi hingga kekayaan flora dan fauna. Menjelajah Geopark di Langkawi adalah salah satu yang tidak boleh dilewatkan.

Nah itulah rekomendasi tempat wisata di Langkawi, Malaysia yang wajib Anda kunjungi saat sedang berpetualang di pulau yang ikonik dengan burung elang ini. Tak hanya menyajikan panorama alam yang memukau. Ada banyak perjalanan cerita sejarah di pulau Langkawi yang juga menarik dan sayang jika terlewatkan.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button